10 Film yang Dilarang Tayang di Bioskop Dunia, Alasannya Bikin Merinding!

Default

Sebuah film biasanya melalui proses yang sangat panjang supaya bisa tayang di bioskop. Oleh sebab itu, jangan heran kalau ada film yang dilarang tayang di bioskop dunia.

Alasannya beragam, geng. Entah karena film itu dianggap tidak lulus sensor karena terlalu vulgar, terlalu mengerikan, terlalu kontroversial, hingga bisa memicu perang.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang sering melarang masuknya film-film dewasa dan bergenre horor, triller, atau psikologikal yang dianggap tidak baik untuk masyarakat Indonesia.

Hanya saja, film-film yang dilarang tayang di bioskop ini ternyata juga dikecap oleh banyak negara, loh. Jadi dunia seolah sepakat kalau film ini tidak baik untuk ditonton.

Penasaran film apa saja yang dilarang tayang di dunia dan apa alasannya? Simak ulasannya berikut ini, geng!

1. "The Texas Chainsaw Massacre" (1974)

The Texas Chainsaw Massacre Film 6b4ed

Film horor yang mendapat predikat film slasher ini akan membuat kamu muntah, geng. Kamu nggak akan bisa lagi memandang alat-alat pertukangan seperti gergaji mesin dengan pandangan sama setelah nonton ini, sebab semuanya merupakan alat pembunuhan.

Bahkan, hampir semua yang sudah menonton pun setuju kalau film ini berhasil menyajikan teror berdarah tanpa henti.

Alhasil, setidaknya ada 10 negara yang menolak penayangan "The Texas Chainsaw Massacre" ketika dijadwalkan pada 1974 silam.

Meskipun mengerikan, karakter pembunuh berwajah aneh dengan gergaji mesinnya dalam film ini pun menjadi ikon untuk banyak kejahatan di dunia, geng.

2. "Cannibal Holocaust" (1980)

Cannibal Holocaust 63d33

Film dokumenter ini menampilkan berbagai adegan sadis yang akan membuat tubuhmu bergidik.

Sepanjang 96 menit film ini, kamu akan menyaksikan adegang organ tubuh yang dipotong, manusia yang ditusuk dari alat kelamin sampai mulut, dan berbagai adegan sadis lainnya.

Setelah tayang perdana, film ini dituntut dengan tuduhan kekerasan. Rumornya, sejumlah kru film pun ikut terbunuh saat proses pengambilan gambar.

"Cannibal Holocaust" yang disutradarai Ruggero Deodato ini pun mendapatkan pelarangan di lebih dari 50 negara, termasuk negara asalnya sendiri, Italia.

Namun, film ini ternyata menjadi ispirasi dari film tersadis yang pernah dibuat sepanjang sejarah, yakni "Cannibal Ferox" pada 1981.

3. "Cannibal Ferox" (1981)

Cannibal Ferox Film B3391

Film produksi Italia, "Cannibal Ferox" adalah film yang digadang-gadang sebagai The Most Violent Film Ever Made.

Cerita ini bermula ketiga tiga sekawan pergi ke Amazon untuk mematahkan teori tentang kanibalisme. Di sana, mereka bertemu dengan dua orang pengedar narkoba yang mengatakan kalau mereka baru saja diserang suku kanibal.

Ritual makan manusia dalam film "Cannibal Ferox" digambarkan secara gambang dan adegan sadis seperti pemotongan organ tubuh hingga memakan otak manusia akan membuatmu bergidik, geng.

Film ini pun mendapat kecaman dan dilarang tayang di 31 negara. Walaupun akhirnya Inggris menayangkan film ini setelah enam bulan tanggal penayangannya. Tentu saja hal ini baru bisa terjadi setelah mereka menyensor sekitar 6 menit adegan sadis yang ada dalam film.

4. "South Park: Bigger, Longer & Uncut" (1999)

South Park Bigger Longer Uncut Film F1984

Bukan karena sadis, film animasi ciptaan Matt Stone dan Trey Parker ini dilarang tayang karena mengangkat unsur komedi satir akan kebebasan berpendapat dan sensor.

Berawal dari serial televisi berjudul "South Park", film animasi ini secara keras menyindir Disney dengan segala cerita "Beauty and the Beast" dan "The Little Mermaid".

Film animasi ini juga mengangkat sisi politik, seperti menggambarkan Saddam Hussein sebagai setan homoseksual hingga memicu keributan antara Amerika Serikat dan Kanada.

Akhirnya, film animasi musikal "South Park: Bigger, Longer & Uncut" ini pun dilarang tayang di 16 negara, termasuk Indonesia dan Arab Saudi, geng.

5. "2012" (2012)

2012 8b259

Film fenomenal yang satu ini menceritakan tentang sebuah bencana alam yang akan membinasakan umat manusia, geng.

Ide cerita ini didapatkan dari tafsiran suku maya tentang akhir dunia, yang dikatakan akan berakhir pada tahun 2021.

Kabarnya, film ini dilarang tayang di Korea Utara. Alasannya, tahun 2012 merupakan tahun perayaan ulang tahun ke-100 Kim Il Sung, bapak pendiri Korea Utara.

Selain itu, Kim Jong-Il, pemimpin Korea Utara saat itu, pernah meramal bahwa pada 2012 negaranya akan mendapatkan suatu keberuntungan.

Maka dari itu, semua persoalan yang bertentangan dengan ramalan tersebut akan dibuang jauh-jauh, termasuk film ini.

Bahkan, sang pemimpin negara ini akan memenjarakan siapa saja yang ketahuan membeli bajakan dari film "2012".

6. "Noah" (2014)

Noah 2014 Film A8733

"Noah" bercerita tentang banjir bandang yang menyapu bersih dunia dan memaksa sebuah keluarga untuk membangun bahtera untuk menyelamatkan diri dan sepasang hewan yang ada di bumi.

Meskipun cerita ini diambil dari kisah Nabi Nuh dan banjir bandang yang ada dalam kitab suci, film yang disutradai oleh Darren Aronofsky dianggap menyimpang dari ajaran agama karena tidak sesuai dengan kitab penciptaan bagi agama Kristiani dan Katolik sekaligus menampilkan wajah nabi yang dilarang oleh agama Islam.

Akhirnya film yang dibintangi oleh Russell Crowe, Jennifer Connelly, Emma Watson, dan bintang terkenal lainnya dilarang tayang di Bahrain, Kuwait, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Indonesia.

7. "The Interview" (2014)

The Interview 2014 Film 1bc5d

Satu lagi cerita tentang Korea Utara yang ternyata termasuk ke dalam kategori film yang dilarang tayang di bioskop.

"The Interview" adalah film komedi politik yang berpusat pada rencana interview Kim Jong Un dengan dua orang pembawa acara favoritnya. Hanya saja CIA memiliki rencana lain, mereka ingin Kim Jong Un mati dalam interviewnya.

Tentu saja plot film ini menuai protes keras dari penduduk Korea Utara. Bahkan mereka sampai mengancam akan berperang dengan Amerika Serikat jika film ini tetap ditayangkan.

Sony Pictures Releasing selaku rumah produksi sampai terkena serangan hacker dan ancaman terorisme karena masalah ini. Selain itu film arahan Seth Rogen dan Evan Goldberg juga mendapatkan kecaman karena menggunakan lagu artis Korea, Yoon Mi-rae, tanpa izin.

Berkat kontroversinya, film ini dilarang tayang di bioskop dan akhirnya rilis secara online.

8. "Fifty Shades of Grey" (2015)

Fifty Shades Of Grey 40611

Film yang disutradarai oleh Sam Tylor-Jhonson ini bercerita tentang hubungan seorang pria sukses dan wanita muda yang terkait dalam hubungan BDSM, geng.

Meskipun akting Dakota Johnson serta Jamie Dorman sebagai peran utama banyak mendapatkan pujian, film yang diangkat dari novel berjudul sama ini banyak mengundang kritikan dari berbagai negara karena mengangkat sisi romantis dalam adengan seksual vulgar yang terkesan sadis.

Film yang dilarang tayang di dunia karena vulgar ini langsung mendapat tanggapan dari Lembaga Sensor Film Nasional yang melarang film barat ini untuk tayang di seluruh bioskop Indonesia.

9. "Annihilation" (2018)

Annihilation F5ec7

Film ini bercerita tentang seorang ilmuwan biologi yang memasuki sebuah teritori asing bernama X. Ia pun menemukan hal misterius dan sureal yang mengganggu akal sehat.

"Annihilation" sempat tayang di bioskop dan mendapatkan berbagai sambutan meriah sebagai film yang baik, geng.

Namun, karena dianggap terlalu pintar untuk orang awam, film sci-fi ini pun ditolak tayang di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Meski begitu, Paramount telah mengambil langkah tak biasa dengan menjual hak rilis internasional film "Annihilation" kepada Netflix.

10. "Suspiria" (2018)

Suspiria Film Ae6ba

"Suspiria" bercerita perjalanan seorang gadis, Dakota Jhonson, ketika bergabung bersama perusahaan menari aneh. Tak disangka, dari mulai koreografer, psikoterapis, hingga muridnya adalah penyihir.

Film supernatural horor ini terinspirasi dari film berjudul sama yang tayang tahun 1977. Tak jauh beda dengan pendahulunya, "Suspria" menyajikan kengerian dunia kultis dengan sentuhan estetika dunia penari.

Meskipun dilarang tayang di Indonesia dan dicekal di berbagai negara, tampaknya film ini dianggap cukup sukses sebagai film remake.

Apa aja film yang dilarang tayang di bioskop dunia?

  1. "The Texas Chainsaw Massacre"
  2. "Cannibal Holocaust"
  3. "Cannibal Ferox"
  4. "South Park: Bigger, Longer & Uncut"
  5. "2012"
  6. "Noah"
  7. "The Interview"
  8. "Fifty Shades of Grey"
  9. "Annihilation"
  10. "Suspiria"

Akhir Kata

Uniknya, film yang pernah tayang di bioskop dunia mendapat respons positif hingga penghargaan di ajang internasional.

Namun, ada juga beberapa film yang malah ditolak untuk ditayangkan di berbagai negara karena alasan tertentu.

Beberapa alasan itu pun memang dinilai wajar mengingat beberapa film yang dilarang tayang tersebut memang mengandung unsur negatif.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Yang Dicekal Banner
10 Film Sadis dan Kontroversial yang Dicekal Banyak Negara
Ridley Scott Alien Sequel Ai 88be1
10 Film Alien Terbaik Paling Seru & Menegangkan, Dari Kisah Nyata?
7 Film Kontroversial Yang Menghina Korea Utara Hampir Menyebabkan Perang Dunia Ke 3 52417
7 Film Kontroversial yang Menghina Korea Utara, Nyaris Membuat Perang Dunia ke-3!
Film Sci Fi Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa Box Office Main Img 4bc4c
10 Film Fiksi Terbaik yang Harus Kamu Tonton, Mindblowing!
Film Zombie Terbaru 14cec
20+ Film Zombie Terbaru & Terbaik Sepanjang Masa, Seram & Sadis!
Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20
10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!
Tags Terkait: film dilarang
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal