J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Dibuat Tanpa Script yang Jelas, Nyaris Chaos!

Kamis, 22 Okt 2020, 18:30 WIB
Sebuah proses produksi film dituntut memiliki perencanaan tingkat tinggi. Tapi apa yang terjadi kalau script nya saja belum jadi?

Dalam sebuah proses produksi film, dibutuhkan timeline alias perencanaan yang matang dan jelas. Kapan selesai pengambilan gambar pertama, kapan selesai screening, kapan selesai dubbing, dan sebagainya.

Ironisnya, entah karena dikejar waktu dan halangan lainnya, timeline proses produksi film jadi nggak beraturan. Bahkan, ada yang bahkan memulai proses pengambilan gambar biarpun script atau naskahnya masih belum selesai.

Apa nggak kacau banget tuh? Buat tahu lebih lengkapnya, Jaka sudah riset daftar film yang dibuat tanpa script yang jelas. Kacau parah, geng!

Film yang Dibuat Tanpa Script yang Jelas

Dalam deretan film Barat terbaik dan terbaru, proses produksi yang runtut dan matang diperlukan agar filmnya rapi serta teratur. Nah, apa yang terjadi jika yang terjadi sebaliknya? Yuk disimak daftarnya di bawah ini!

1. Casablanca (1942)

1 Custom 2efc5

Kamu penyuka film-film jadul? Ada baiknya kamu menonton film Casablanca. Dirilis tahun 1942, film ini berhasil menyajikan suasana Perang Dunia II dari negara Maroko.

Hanya saja, proses produksinya gak berjalan semulus yang dikira. Karena kehabisan budget dan terpengaruh kondisi perang saat itu, pengambilan gambar dilakukan dengan tidak memperhatikan urutan film.

Hal ini juga dipengaruhi dengan script film yang baru jadi setengah. Akhirnya, sang penulis naskah berpacu dengan waktu biar naskahnya bisa selesai cepat.

2. Sunset Boulevard (1950)

2 Custom Be0a9

Meskipun film ini cukup terkenal di zamannya, proses pembuatan film Sunset Boulevard sendiri cukup kontroversial.

Ceritanya, sang sutradara Billy Wilder ingin agar film ini bisa lolos sensor dan birokrasi Hollywood yang luar biasa ribet. Gimana caranya?

Pertama, ia sengaja nggak menyelesaikan script naskah film ini agar gak diketahui. Kedua, sementara sedang menyelesaikan proses syuting, ia mengelabui pihak studio dan manajemen dengan membuat proyek film lain berjudul A Can of Beans.

Cara ini berhasil, namun Wilder sendiri dihujat habis-habisan oleh para petinggi studio dan Hollywood.

3. Lawrence of Arabia (1962)

3 Custom D5ca1

Jaka sendiri nggak nyangka saat mengetahui bahwa film ini dihasilkan dari proses syuting yang cukup bermasalah. Padahal, Lawrence of Arabia merupakan salah satu film perang terbaik sepanjang masa.

Secara garis besar, David Lean memiliki perbedaan pendapat dengan sang penulis naskah. Ia merasa script yang sudah jadi kurang menggigit dan memintanya agar dirombak.

Dipacu dengan waktu, ia pun memutuskan untuk melanjutkan proses pengambilan gambar dengan kondisi script belum usai sepenuhnya. Ini pun diperparah dengan penangkapan salah satu krunya akibat terlibat dalam aktivitas anti politik. Waduh!

4. Jaws (1975)

4aa Custom 91e72

Salah satu film terbaik tentang hewan buas yang membawa teror ini ternyata juga memiliki masalahnya sendiri pada waktu proses produksi.

Bahkan, usut punya usut, film ini benar-benar dijalankan sang sutradara Steven Spielberg bermodal nekat. Nggak ada budget, nggak ada aktor, nggak ada script, bahkan nggak ada hiu.

Selain itu, ketika akhirnya proses produksi berjalan, timeline nya molor hingga 3 bulan lebih, membuat budget membengkak berkali-kali lipat. Proses pengerjaan naskah sendiri baru selesai beberapa hari sebelum pengambilan gambarnya selesai.

5. Alien 3 (1992)

5 Custom 189d7

Proses produksi sekuel lanjutan dari film Alien ini juga membawa cukup banyak masalah, terutama berkaitan dengan manajemen waktu.

Awalnya, tim produksi sudah dibentuk dari tahun 1987. Namun sebelum naskah selesai digarap, mereka sudah pede duluan membangun properti film yang mahal.

Alhasil, tim produksi kalang kabut dan berusaha merombak naskah film berkali-kali. Nggak mau kehabisan waktu, mereka memulai proses pengambilan gambar dalam kondisi script masih belum fix jadi.

6. Iron Man (2008)

6 Custom 8d73e

Semua berawal di bulan Maret 2007, saat Marvel Studio memutuskan hendak merilis film ini di bulan Mei 2008. Padahal saat itu script belum digarap dan aktor pun masih belum dicari.

Berpacu dengan waktu, proses produksi film mulai dibikin dengan nggak karu-karuan. Bayangin aja setiap hari, baik aktor dan kru datang dalam kondisi ngeblank, nggak tahu harus ngapain karena script nya saja masih belum jadi.

Nggak heran, ada cukup banyak adegan dalam film Iron Man yang dihapus, terutama karena dianggap nggak penting dan mengurangi esensi film. Nah loh!

7. Edge of Tomorrow (2014)

7 Custom 591e9

Proses produksi film ini dimulai pada tahun 2013, yang kocaknya, tanpa naskah film yang jelas. Mereka hanya berpatok pada novel best seller Jepang yang berjudul All You Need Is Kill.

Selama hampir setengah jalan proses pengambilan gambar, mereka melakukan syuting tanpa arah dan tujuan yang jelas.

Untunglah, di akhir, film ini bisa terselesaikan dengan baik, walau di akhir, para pengamat menganggap plot ceritanya kurang rapi.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan mengenai film yang dibuat tanpa script yang jelas. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f

Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal

Untitled 3 Ccb77

7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!

Untitled 1 7fa91

7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!

Page B7b12

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

Page B05d7

7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!

Page 9bad8

7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan|, Ngapain Dibuat Sih?

7 Film dengan Masa Produksi Terlama, Sampai Setengah Abad!

7 Film dengan Masa Produksi Terlama, Sampai Setengah Abad!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal