15 Film Detektif Terbaik & Terbaru 2021, Menguras Otak!

Default

Film detektif terbaik cocok untuk kamu yang baru pertama kali diperkenalkan ke dunia manga melalui manga legendaris Detektif Conan karya Aoyama Gosho.

Meskipun sudah lama nggak mengikuti kisahnya, sampai sekarang masih banyak orang yang tidak bisa melupakan karakter anime jenius yang satu ini.

Untuk mengobati rasa rindu, kamu bisa menonton film yang memiliki tema serupa, yakni mengenai seorang detektif yang memecahkan suatu kasus.

Nah, pada artikel kali ini Jaka bakal membahas rekomendasi film detektif terbaik dan terbaru 2021 yang wajib kamu tonton. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Detective Chinatown 3 (2021)

Dirilis pada Februari 2021, Detective Chinatown 3 merupakan sekuel ketiga dari franchise Detective Chinatown. Film ini berhasil mengantongi pendapatan sekitar 686,2 juta Dollar AS.

Selain meraup keuntungan melimpah, film detektif terbaru 2021 ini juga berhasil memecahkan rekor Avengers: Endgame sebagai box office terlaris dalam satu pekan di seluruh dunia.

Film ini berkisah tentang detektif Tang Ren dan Qin Feng yang diundang ke Tokyo. Mereka diminta untuk menyelidiki sebuah kejahatan besar yang terjadi di sana.

Ternyata, bukan hanya mereka yang menyelidiki kasus tersebut. Ada banyak detektif kuat lainnya yang juga ingin membongkar kasus kejahatan tersebut.

Keterangan Detective Chinatown 3
Tayang 24 Februari 2021
Durasi 2 jam 16 menit
Produksi Wanda Pictures
Sutradara Sicheng Chen
Cast Baoqiang Wang, Haoran Liu, Satoshi Tsumabuki
Genre Action, Adventure, Comedy
Rating 60% (RottenTomatoes.com)

5.7/10 (IMDb.com)

2. Enola Holmes (2020)

Enola Holmes adalah film tentang adik perempuan dari detektif ternama Sherlock Holmes. Kamu akan dibawa bertualang bersama Enola dalam mencari ibunya yang menghilang.

Sebelum menghilang, sang ibu meninggalkan berbagai hadiah aneh. Tapi, ia tidak memberikan petunjuk apapun mengenai tujuan ataupun alasan mengapa ia pergi.

Tentu saja sebagai adik dari detektif ternama, Enola juga mewarisi kemampuan detektif. Nonton film detektif terbaru 2020 ini pun dijamin bakal menguras otak!

Keterangan Film Enola Holmes
Tayang 23 September 2020
Durasi 2 jam 3 menit
Produksi Warner Bros. Pictures
Sutradara Harry Bradbeer
Cast Millie Bobby Brown, Sam Claflin, Henry Cavill, Helena Bonham Carter
Genre Action, Adventure, Crime
Rating 91% (RottenTomatoes.com)

6.6/10 (IMDb.com)

3. Bad Boys For Life (2020)

Film detektif terbaik Netflix berjudul Bad Boys For Life ini wajib kamu tonton karena menampilkan Will Smith sebagai seorang penembak jitu dan jagoan abis.

Secara garis besar, film ini mengisahkan Mike Lowery bersama rekannya, Mark Burnett yang ditugaskan untuk memecahkan kasus dan misteri yang menyelimutinya.

Memadukan komedi dan aksi, salah satu film Will Smith terbaik ini wajib kamu tonton apalagi kalau kamu memang sedang mencari film Will Smith penembak jitu.

Judul Bad Boys For Life
Tayang 17 Januari 2020
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi Columbia Pictures, 2.0 Entertainment
Sutradara Adil El Arbi, Bilall Fallah
Cast Will Smith, Martin Lawrence, Vanessa Hudgens, dkk
Genre Action, Comedy, Crime
Rating 77% (RottenTomatoes.com)

6.6/10 (IMDb.com)

4. Knives Out (2019)

Knives Out mungkin lebih tepat disebut sebagai film anti-detektif karena film arahan Rian Johnson ini memiliki twist yang sangat unik, geng.

Dalam film ini, kamu akan diperkenalkan dengan Marta, seorang pengasuh baik hati yang tanpa sengaja menyebabkan kematian majikannya, Harlan.

Sepanjang film, kamu akan diajak mengikuti usaha Marta dalam menghindari tuduhan detektif swasta bernama Blanc yang sedang menyelediki kematian Harlan.

Selain sederetan plot twist gila, penonton juga akan dimanjakan dengan sederetan bintang besar seperti Chris Evans dan Daniel Craig yang muncul di film ini!

Judul Knives Out
Tayang 27 November 2019
Durasi 2 jam 11 menit
Produksi Lionsgate, Media Rights Capital (MRC), T-Street
Sutradara Rian Johnson
Cast Daniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas, dkk
Genre Comedy, Crime, Drama
Rating 97% (RottenTomatoes.com)

8.0/10 (IMDb.com)

5. Nancy Drew and the Hidden Staircase (2019)

Waktu Jaka masih sekolah, Jaka banyak menghabiskan waktu main game Nancy Drew yang diadaptasi dari seri novel detektif remaja berjudul sama.

Nah, di tahun 2019, tokoh ini dibangkitkan melalui film Nancy Drew and the Hidden Staircase yang menceritakan awal mula Nancy sebagai detektif.

Di film misteri terbaik ini, Nancy mengambil mandat untuk menyelediki sebuah rumah berhantu sebelum akhirnya jatuh kedalam sebuah kasus konspirasi tanah.

Sebagai pendamping, Nancy Drew juga diadaptasi menjadi serial televisi berjudul sama yang banyak mengandung elemen supranatural, geng!

Judul Nancy Drew and the Hidden Staircase
Tayang 26 Maret 2019
Durasi 1 jam 29 menit
Produksi Red 56, A Very Good Production Inc.
Sutradara Katt Shea
Cast Sophia Lillis, Zoe Renee, Mackenzie Graham, dkk
Genre Comedy, Crime, Drama
Rating 67% (RottenTomatoes.com)

5.7/10 (IMDb.com)

6. Masquerade Hotel (2019)

Film sejenis Knives Out yang menyajikan kisah detektif yang sangat menghibur, yakni Masquerade Hotel juga nggak mau kalah, geng!

Ketika Tokyo dibuat gempar oleh sederetan kasus pembunuhan, sekumupulan detektif yang dipimpin oleh Kosuke Nitta menjalankan sebuah rencana gila untuk menangkap pembunuh tersebut.

Setelah berhasil menyimpulkan bahwa Hotel Cortesia akan menjadi lokasi pembunuhan berikutnya, Nitta memutuskan untuk menyamar menjadi staf di hotel tersebut.

Selain harus memutar otak, dalam film Jepang terbaik tentang detektif ini penonton juga dimanjakan dengan konflik kocak antara Nitta dengan 'atasan' barunya di hotel tersebut.

Judul Masquerade Hotel
Tayang 18 Januari 2019
Durasi 2 jam 13 menit
Produksi Cine Bazar, Fuji Television Network
Sutradara Masayuki Suzuki
Cast Takuya Kimura, Masami Nagasawa, Nozomi de Lencquesaing, dkk
Genre Crime, Mystery
Rating 6.3/10 (IMDb.com)

7. Searching (2018)

Kisah detektif nggak selalu berputar di pembunuhan saja karena film tentang detektif berjudul Searching ini menceritakan kasus penculikan, geng!

Di sini, kamu bakal bertemu dengan David, seorang ayah yang hubungan dengan putrinya, Margot, menjadi renggang setelah kematian istrinya.

Di tengah kelalaian David, Margot tiba-tiba menghilang dan kita di sini mengikuti usaha David mencari Margot dengan bantuang seorang detektif bernama Vick.

Uniknya, film yang bikin merinding ini memiliki teknik unik di mana semua penceritaan dilakukan murni melalui layar HP dan komputer.

Judul Searching
Tayang 31 Agustus 2018
Durasi 1 jam 42 menit
Produksi Screen Gems, Stage 6 Films, Bazelevs Production
Sutradara Aneesh Chaganty
Cast John Cho, Debra Messing, Joseph Lee, dkk
Genre Comedy, Crime, Drama
Rating 92% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

8. Murder on the Orient Express (2017)

Membicarakan kisah misteri pasti nggak bisa lepas dari penulis legendaris Agatha Christie dan karyanya yang paling ikonik, Murder on the Orient Express.

Film seperti Knives Out ini mengisahkan aksi Hercule Poirot dan kumisnya yang ikonik dalam menyelidiki pembunuhan di atas kereta Orient Express.

Kisah ini unik di antara karya Christie lainnya karena memiliki plot twist unik di akhir yang menunjukkan kalau dunia itu nggak hitam-putih, geng.

Uniknya, Kenneth Branagh di sini berperan sebagai sutradara dan Poirot sekaligus dan dia akan mengulangi aksi ganda ini di sekuel Death on the Nile di akhir tahun 2020.

Judul Murder on the Orient Express
Tayang 10 November 2017
Durasi 1 jam 54 menit
Produksi Twentieth Century Fox, Genre Films, Kinberg Genre
Sutradara Kenneth Branagh
Cast Kenneth Branagh, Pen lope Cruz, Willem Dafoe, dkk
Genre Crime, Drama, Mystery
Rating 61% (RottenTomatoes.com)

6.5/10 (IMDb.com)

9. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)

Diperankan oleh Daniel Craig dan Rooney Mara, film detektif yang dirilis pada tahun 2011 ini berhasil memikat banyak penggemar cerita misteri karena plotnya yang menawan.

Film The Girl with the Dragon Tattoo diangkat dari novel berjudul sama garapan Stieg Larsson, mengisahkan tentang usaha penyelidikan seorang wartawan demi mengungkap misteri hilangnya seorang wanita selama 40 tahun.

Uniknya, ia dibantu oleh seorang perempuan bertampang sangar dan bertato naga yang bernama Lisbeth Salander. Aneka konflik dan plot twist akan membuatmu terpana sepanjang film yang kini streaming di Netflix tersebut.

Judul The Girl with the Dragon Tattoo
Tayang 12 Desember 2011
Durasi 2 jam 38 menit
Produksi Columbia Pictures, Metro-Goldwyn-Mayer (MGM), Scott Rudin Productions
Sutradara David Fincher
Cast Daniel Craig, Rooney Mara, Christopher Plummer, dkk
Genre Crime, Drama, Mystery
Rating 87% (RottenTomatoes.com)

7.8/10 (IMDb.com)

10. Shutter Island (2010)

Martin Scorsese berhasil membuat film tentang detektif jenius yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio. Film yang tayang di Netflix ini pun lekat dengan plot twist cerdas dan mengagumkan.

Film ini menceritakan tentang seorang detektif bernama Teddy Daniels. Dalam misi terbarunya, ia ditugaskan untuk menemukan Rachel Solando, pasien rumah sakit jiwa yang terjebak di Shutter Island.

Misinya ini pun sempat terhambat oleh trauma pribadi Daniels akan istrinya, membuat plot film maju mundur dengan seru dan menantang. Penasaran seperti apa perjuangannya dalam menemukan sang pasien?

Judul Sherlock Holmes
Tayang 12 Maret 2010
Durasi 2 jam 18 menit
Produksi Paramount Pictures, Phoenix Pictures, Sikelia Productions
Sutradara Martin Scorsese
Cast Leonardo DiCaprio, Emily Mortimer, Mark Ruffalo, dkk
Genre Action, Adventure, Crime
Rating 68% (RottenTomatoes.com)

8.2/10 (IMDb.com)

11. Sherlock Holmes (2009)

Sukses memerankan karakter Iron Man di film MCU, Robert Downey Jr. langsung dipilih untuk memerankan detektif legendaris Sherlock Holmes.

Di film terbaik Sherlock Holmes ini, Holmes bersama rekannya, John Watson, digambarkan sedang berusaha menggagalkan aksi Lord Blackwood yang ingin menguasai kota London.

Aksi mereka di film ini juga dipersulit dengan kemunculan Irene Adler, seorang wanita yang memiliki hubungan kompleks dengan Holmes.

Franchise film Sherlock Holmes memang kerap mendapat rating bagus. Tidak heran jika banyak penggemar yang menantikan sekuel Sherlock Holmes 3 pada Desember 2021 mendatang.

Judul Sherlock Holmes
Tayang 25 Desember 2009
Durasi 2 jam 8 menit
Produksi Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Silver Pictures
Sutradara Guy Ritchie
Cast Robert Downey Jr., Jude Law, Rachel McAdams, dkk
Genre Action, Adventure, Crime
Rating 69% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

12. Zodiac (2007)

Kasus pembunuh berantai Zodiac Killer di tahun 70-an adalah salah satu misteri terbesar di Amerika Serikat yang sampai saat ini masih belum terpecahkan.

Kisah inilah yang diangkat oleh sutradara ternama David Fincher ke layar lebar melalui film misteri Zodiac di tahun 2007.

Di sini, kita bergabung dengan beberapa individu yang menyelidiki kasus tersebut, jurnalis Graysmith dan Avery, dan seorang detektif berama Toschi.

Di akhir film teka-teki ini, Fincher menarik kesimpulan sendiri berdasarkan riset yang telah dilakukan. Tapi resminya, Zodiac Killer masih belum tertangkap.

Judul Zodiac
Tayang 2 Maret 2007
Durasi 2 jam 37 menit
Produksi Paramount Pictures, Warner Bros., Phoenix Pictures
Sutradara David Fincher
Cast Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr., Mark Ruffalo, dkk
Genre Crime, Drama, Mystery
Rating 89% (RottenTomatoes.com)

7.7/10 (IMDb.com)

13. Kiss Kiss Bang Bang (2005)

Rekomendasi di daftar film detektif terbaik selanjutnya yang bakal bikin kamu tidak bisa berhenti ngakak adalah film Kiss Kiss Bang Bang dari sutradara Shane Black.

Film ini menceritakan tentang Harry, seorang 'aktor' yang sedang berguru di bawah bimbingan seorang detektif swasta bernama Perry demi sebuah peran di film.

Perry yang awalnya ditugaskan untuk menyelediki kasus cabul malah jatuh ke dalam sebuah konspirasi pembunuhan yang melibatkan teman lama Harry juga, geng!

Kesuksesan film ini juga berhasil membangkitkan karir Robert Downey Jr. yang sebelumnya dikucilkan Hollywood karena terlibat masalah narkoba.

Judul Kiss Kiss Bang Bang
Tayang 18 November 2005
Durasi 1 jam 43 menit
Produksi Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Silver Pictures
Sutradara Shane Black
Cast Robert Downey Jr., Val Kilmer, Michelle Monaghan, dkk
Genre Action, Comedy, Crime
Rating 85% (RottenTomatoes.com)

7.5/10 (IMDb.com)

14. Memories of Murder (2003)

Berkat kesuksesan film Parasite di ajang Piala Oscar, karya sutradara Bong Joon-Ho semakin melejit di publik, salah satunya adalah Memories of Murder.

Berdasarkan kasus pembunuhan berantai di akhir tahun 80-an, film ini menceritakan aksi pasangan Detektif Park dan Detektif Seo dalam menyusut kasus tersebut.

Film detektif terbaik Korea ini juga merupakan kolaborasi pertama antara Bong dengan aktor Song Kang-Ho yang sekarang menjadi aktor langganan Bong Joon-Ho.

Uniknya, kesuksesan film ini meningkatkan ketertarikan publik terhadap kasus aslinya. Lalu pada 2019, pembunuh aslinya akhirnya berhasil ditangkap!

Judul Memories of Murder
Tayang 2 Mei 2003
Durasi 2 jam 12 menit
Produksi CJ Entertainment, Muhan Investment, Sidus
Sutradara Bong Joon-Ho
Cast Kang-ho Song, Sang-kyung Kim, Roe-ha Kim, dkk
Genre Action, Crime, Drama
Rating 90% (RottenTomatoes.com)

8.1/10 (IMDb.com)

15. Se7en (1995)

Zodiac bukan satu-satunya film sutradara David Fincher yang mengangkat kisah pembunuhan berantai karena ia pernah mengangkat tema ini di film Se7en.

Film ini mengisahkan sepasang detektif bernama Mills dan Somerset. Mereka berusaha menangkap seorang pembunuh berantai yang terinspirasi dari konsep Seven Deadly Sins.

Oh ya, Jaka peringatkan kalau film yang satu ini memiliki adegan yang akan memuakkan dan ending yang sangat tragis. Siap-siap, ya!

Judul Se7en
Tayang 22 September 1995
Durasi 2 jam 7 menit
Produksi Cecchi Gori Pictures, Juno Pix, New Line Cinema
Sutradara David Fincher
Cast Morgan Freeman, Brad Pitt, Kevin Spacey, dkk
Genre Crime, Drama, Mystery
Rating 81% (RottenTomatoes.com)

8.6/10 (IMDb.com)

Akhir Kata

Itulah daftar rekomendasi film detektif terbaik dan terbaru dari Jaka. Buat yang merasa pintar, coba tes diri kalian dengan menonton film di atas, geng!

Ada beberapa di atas yang juga masuk kategori film thriller terbaik karena memang kedua genre film tersebut sering bersinggungan.

Film detektif terbaik mana yang sudah kalian tonton? Apakah kalian memiliki rekomendasi film lainnya? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 2021 08 20t150842 557 F637d
20+ Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2021, Bikin Baper!
Untitled 02023 6a9e8
30+ Film Action Terbaik & Terbaru 2021, Seru dan Menegangkan!
Film Psikopat Terbaik 2021 8c0c2
30+ Film Psikopat Terbaik dan Tersadis 2021 Wajib Tonton, Bikin Insomnia!
Film Dengan Plot Twist Tergila 414f0
5 Film dengan Plot Twist Tergila | Semua Penonton Tertipu!
Film Horor Tanpa Sosok Hantu Banner 7c38e
7 Film Horor Tanpa Sosok Hantu, Lebih Bikin Tegang!
Banner 5b878
7 Serial TV Horor Terseram yang Bikin Kamu Gak Bisa Tidur, Conjuring Lewat!
Tags Terkait: film
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal