J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Bollywood yang Paling Kontroversial, Ada yang Menghina Agama!

7 Film Bollywood yang Paling Kontroversial, Ada yang Menghina Agama!

Kamis, 10 Sep 2020, 19:00 WIB
Nggak cuma terkenal, beberapa film Hollywood terpaksa mendapat hujatan dan bahkan boikot karena kontroversial abis. Berikut ulasan lengkapnya!

Siapa yang gemar banget nonton film India terbaru dan terbaik? Film India, atau lebih akrab disebut film Bollywood, terkenal memiliki ciri khas yang nggak bakal ditemukan pada film-film di negara lain.

Mulai dari soundtrack-nya yang khas, kostumnya yang gemerlapan, ditambah tari-tarian dan akting para pemerannya yang ikonik membuat film Bollywood punya basis penggemarnya sendiri.

Namun tahukah kamu, di balik kesuksesan industri film India, ada beberapa di antaranya yang mendapat hujatan serta boikot karena plot ceritanya yang kontroversial abis.

Daripada penasaran, Jaka bakal beritahu deretan film Bollywood yang paling kontroversial. Dijamin kamu bakal terkaget-kaget membacanya!

Film Bollywood yang Paling Kontroversial

Sukses nggaknya sebuah film ditentukan dari banyak hal. Ada cukup banyak film Bollywood yang mampu sukses tanpa adegan tari dan nyanyi.

Namun, jika produser nekat membawakan jalan cerita yang kontroversial, potensi sukses jadi kecil. Kebanyakan malah jadi bahan kritikan media massa. Berikut tujuh film di antaranya!

1. Kamasutra - A Tale of Love (1996)

1 Custom 83c35

Kalau dibaca dari judulnya, kamu sudah bisa menebak kan film ini mengisahkan tentang apa? Dirilis tahun 1996, film Kamasutra ini jadi trending pada masanya.

Hanya saja, film ini dianggap sangat nggak etis karena menampilkan adegan-adegan dewasa yang gak disensor sama sekali. Para generasi tua sampai mengutuk film ini gak sesuai dengan budaya India.

Biarpun pada akhirnya film ini tetap ditayangkan di bioskop, gelombang protes menentang film ini nggak berhenti selama berhari-hari, loh!

2. The Pink Mirror (2003)

2 Custom 2b010

Dirilis pada tahun 2003, film ini sebenarnya termasuk bagus karena berhasil tayang di sederet festival film internasional.

Namun, film ini sendiri dikecam habis-habisan dan bahkan diboikot di India. Alasannya, film ini dianggap mempromosikan budaya liberalisme, khususnya menyoal LGBT.

Mengingat demografi India sendiri masih sangat dipengaruhi suku dan agama, maka film ini terpaksa nggak bisa ditayangkan karena nggak lulus sensor bioskop.

3. Water (2005)

3 Custom Db116

Film ini nggak hanya kontroversial, tapi juga bikin para pemuka agama marah besar, loh! Penyebabnya, film yang dirilis tahun 2005 ini secara gak langsung menyinggung tatanan sosial dan agama di India yang, bisa dikatakan, gak boleh didebat dan diganggu gugat.

Water adalah sebuah film yang mengisahkan kehidupan seorang wanita Hindu di India pada tahun 1930-an. Nantinya, sang wanita bakal mendapatkan cukup banyak konflik yang berkaitan dengan suku dan agama.

Akibat banyaknya penolakan yang terjadi, sang sutradara Deepa Mehta memutuskan untuk melanjutkan produksi sekaligus sekuel lanjutannya di Sri Lanka.

4. My Name is Khan (2010)

4 Custom E92e9

Salah satu film Shahrukh Khan terbaik ini juga nggak luput dari kontroversi. Kali ini permasalahan muncul karena aktor yang terkenal dengan gelar Raja Bollywood ini melontarkan pernyataan rasis.

Gak main-main, pernyataan ini menyasar langsung pada partai politik yang kebetulan didominasi oleh ras tertentu. Jelas aja anggotanya langsung naik pitam, geng!

Beruntunglah, Shahrukh Khan langsung meminta maaf atas insiden tersebut, dan film ini tetap dapat diputar dengan lancar di seluruh India.

5. Peekay / PK (2014)

5 Custom 49e2f

Film Peekay merupakan salah satu film bergenre satire-comedy yang ditayangkan pada tahun 2014. Meskipun cukup populer, film ini mendapat kecaman keras dari kelompok-kelompok agama di India.

Hal ini diakibatkan ada beberapa unsur dari film yang terbukti menghina dan melecehkan agama tertentu, meskipun sebenarnya tuduhan ini nggak benar 100%.

Akibat besarnya protes yang menimpa film ini, sang produser memutuskan untuk menayangkannya di beberapa wilayah India tertentu aja.

6. Udta Punjab (2016)

6 Custom F61c1

Dirilis pada tahun 2016, film yang dibintangi aktor Shahid Kapoor ini harus melewati tantangan yang cukup besar, apalagi Badan Sensor India sempat mengancam memboikot film ini.

Alasannya cukup sederhana. Film ini menampilkan adegan-adegan yang cukup kontroversial di India, mulai dari penggunaan obat-obatan terlarang hingga adegan nggak pantas.

Gak cuma itu. Film ini sempat dibajak oleh oknum nggak bertanggung jawab, membuat produser harus meremake film ini, ditambah memotong adegan-adegan yang gak layak agar lulus sensor.

7. Padmavati (2017)

7 Custom 18e84

Ketika dirilis pada tahun 2017, film ini langsung mendapat kecaman keras dari kaum ekstrimis Hindu yang ada di India.

Hal ini dikarenakan film ini mengangkat topik yang sangat sensitif bagi warga India, yakni agama. Terlebih di saat bersamaan, kondisi perpolitikan dan konflik agama lagi panas-panasnya.

Padahal, film ini gak 100% membahas agama. Film Padmavati lebih berfokus pada kisah percintaan yang bersemi dalam sosok ratu Hindu dan seorang penguasa Muslim pada abad ke-14.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan deretan film Bollywood yang paling kontroversial. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f

Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal

Untitled 3 Ccb77

7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!

Untitled 1 7fa91

7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!

Page B7b12

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

Page B05d7

7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!

Page 9bad8

7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film Terkenal yang Orang Gak Peduli Sama Sekali, Gak Penting!

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan| Ngapain Dibuat?

7 Film yang Jeleknya Gak Ketolongan| Ngapain Dibuat?

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

7 Film Terkenal Sepanjang Masa yang Menghilang | Ironis Banget!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal