• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Bertema Poligami Menyayat Hati, Ketika Cinta Harus Dibagi

7 Film Bertema Poligami Menyayat Hati, Ketika Cinta Harus Dibagi

Senin, 17 Feb 2020, 21:00 WIB
Tahu nggak sih ternyata ada fil poligami buatan Indonesia yang masuk ke Toronto Film Festival? Cari tahu film apa dan film bertema poligami lainnya yang ada di Indonesia.

Poligami masih menjadi isu yang sering kali diperbincangkan ketika pesohor tanah air terdengar melakukan praktik yang satu ini.

Para netizen terpecah menjadi dua bagian ada yang mendukung praktik ini dan ada juga yang menganggap hal ini sebagai hal yang tidak pantas dilakukan.

Beberapa sineas film mengangkat isu ini ke layar kaca untuk mencoba menggambarkan bagaimana perasaan dari pihak-pihak yang terlibat dalam praktik ini.

7 Film Bertema Poligami

Film bertema poligami dibuat oleh para sineas film tanah air untuk menunjukkan dinamika yang satu ini dengan lebih jelas dari berbagai sisi.

Para penonton akan dibawa untuk menyaksikan bagaimana poligami bisa terjadi, perasaan dari orang-orang yang terlibat di dalamnya, dan juga persepsi lingkungan sekitar tentang hal ini.

Apa saja sih film bertemakan poligami yang ada di Indonesia? Berikut informasi selengkapnya.

1. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Youtube Com 3af07
Sumber foto: youtube.com

Film islami yang satu ini mungkin menjadi film yang paling dikenal di antara film lain yang ada di list ini.

Ayat-ayat cinta mengangkat tema poligami yang dilakukan oleh Fahri untuk membebaskannya dari tuduhan pemerkosaan yang menimpanya.

Fahri menikahi Maria setelah menikah dengan Aisha untuk menyadarkan Maria dari koma yang merupakan saksi kunci di kasus pemerkosaan yang dituduhkan kepadanya.

Setelah mereka menikah mulailah muncul polemik di dalam keluarga barunya, dan Fahri harus berusaha untuk menyatukan kedua istrinya itu.

2. Berbagi Suami (2006)

Listal D805f
Sumber foto: listal.com

Film yang satu ini mencoba untuk menggambarkan kehidupan berpoligami di 3 situasi yang berbeda-beda.

Film tanah air ini dibagi menjadi tiga bagian terpisah dengan tiga keluarga yang berbeda dan juga ending yang berbeda-beda juga di setiap keluarga tersebut.

Berkat pengemasan ceritanya yang rapih dan menarik, berbagi suami mendapat rating yang cukup baik di situs IMDb di angka 7.5/10.

3. Surga yang Tak Dirindukan (2015)

Untitled 1 De3a4
Sumber foto: rappler.com

Film bertema poligami yang satu ini diangkat dari novel yang berjudul Asma Nadia dan diangkat menjadi sebuah film pada tahun 2015.

Surga yang Tak Dirindukan bercerita mengenai poligami diam-diam yang dilakukan oleh Prasetya demi menolong seorang wanita depresi yang mencoba untuk bunuh diri.

Rahasia ini pelan-pelan terbongkar dan menghancurkan pernikahan Pras dengan istri pertamanya yang bernama Arini.

Film yang satu ini mencoba untuk menggambarkan poligami dari sudut yang berbeda di mana sang laki-laki melakukan praktik ini secara terpaksa.

4. Suami yang Menangis (2019)

Youtube Comm D5d37
Sumber foto: youtube.com

Film yang bertema poligami ini menceritakan mengenai kehidupan mendiang K.H. Arifin Ilham yang semasa hidupnya pernah melakukan poligami.

Sumber yang digunakan untuk membuat film yang satu ini adalah buku yang ditulis oleh istri dari sang almarhum.

Sebelum tayang, film biografi ini sudah mengalami hujatan karena mengangkat isu poligami di dalamnya dan ditakutkan menjadi pemicu lebih maraknya praktik poligami.

Meskipun sempat dihujat, film ini akhirnya ditayangkan pada September 2019.

5. Dua Surga Dalam Cintaku (2020, Coming Soon)

Youtube Commm 3b646
Sumber foto: youtube.com

Film yang satu ini bercerita mengenai praktik poligami yang dilakukan secara terang-terangan yang dilakukan oleh Arham.

Arham sudah menikah dengan Husna yang merupakan yang merupakan temannya dari kecil. Husna kemudian didiagnosis mengalami kanker otak dan divonis tidak akan berumur panjang.

Mereka kemudian bertemu dengan Zilka, seorang wanita yang baru hijrah, yang tertarik pada Arham dan Husna merestui pernikahan suaminya dengan wanita ini.

Film ini mencoba untuk menggambarkan bagaimana poligami membutuhkan keikhlasan yang tidak sedikit agar pernikahan tersebut bisa berlangsung harmonis.

6. Athirah (2016)

Youtube C0d94
Sumber foto: youtube.com

Film yang satu ini merupakan film biografi yang mengangkat kisah hidup ibunda dari mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla.

Film ini mencoba mengangkat isu poligami di lingkungan di mana wanita tidak punya ruang untuk menolak ketika suaminya menjalin poligami.

Athirah menyoroti bagaimana sosok seorang wanita memendam segala macam perasaan yang bercampur aduk ketika suaminya melakukan praktik poligami.

Selain itu film Indonesia ini juga menunjukkan pergolakan batin dari anak dalam keluarga poligami yang kebingungan harus membela pihak yang mana.

7. Sendiri Diana Sendiri (2015)

Pro Festivalscope Com C7050
Sumber foto: pro.festivalscope.com

Film bertema poligami ini menyoroti bagaimana perasaan seorang perempuan ketika dihadapkan dengan kenyataan bahwa suaminya ingin berpoligami.

Bila umumnya perempuan akan memberontak dan marah, di film ini Diana, sebagai wanita yang dipoligami, memilih diam dan memendam segala gejolak perasaannya.

Meskipun tergolong sebagai film pendek yang hanya berdurasi 40 menit, Sendiri Diana Sendiri sempat diputar pada Toronto International Film Festival di tahun 2015.

Akhir Kata

Itu dia 7 film yang mengangkat isu poligami di dalamnya. Beberapa film ini bahkan sempat menjadi bahan perbincangan karena mengangkat isu yang sensitif.

Poligami memang masih menjadi polemik yang belum menemui sebuah kesimpulan yang mengakomodir semua pihak.

Sebagai penonton yang kritis, kita jangan sampai menjadi pihak yang menimpakan judgement entah setuju maupun tidak pada pihak-pihak yang terlibat dalam isu ini.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Action Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Penuh Aksi Menegangkan 5086f

7 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Mendebarkan!

Film Action Terbaik Banner2 3c96b

28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

Film Romantis Indonesia A77d0

25 Daftar Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2020

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Cameo Paling Mengejutkan Banner 434ca

7 Cameo Paling Mengejutkan di Film Hollywood, No. 6 Gak Nyangka Banget!

Banner C7b97

7 Artis Hollywood yang Merendahkan Film Marvel, Kesal Karena Gak Diajak Main?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal