J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Anime Terbaik Selama 10 Tahun Terakhir, Ga Nonton Auto Nyesel!

Rabu, 1 Jan 2020, 18:00 WIB
Tidak terasa 10 tahun sudah berlalu sejak kita masuk ke tahun 2010-an, geng. Di sini Jaka mau membahas 10 rekomendasi anime terbaik di dekade terakhir!

Akhir tahun 2019 itu spesial karena kita bukan cuma harus mengucapkan selamat tinggal kepada tahun yang sudah berlalu tapi juga ke sebuah dekade yang baru saja berakhir, geng!

10 tahun terakhir memang sangat menarik karena penuh dengan karya-karya memorable yang sangat membekas di hati Jaka termasuk dari dunia anime.

Mulai dari genre anime Isekai yang kepopulerannya meledak di beberapa tahun terakhir, banyak sekali karya berkualitas di dunia anime yang keluar dari 2010 sampai 2019.

10 Rekomendasi Anime Terbaik Di Dekade Terakhir

Banyak yang menyatakan kalau abad 21 ini merupakan era Peak TV karena banyak sekali serial televisi berkualitas yang keluar di periode ini.

Tapi era ini juga bisa dibilang Peak Anime karena banyak banget serial anime berkualitas yang keluar di periode yang sama, geng!

Nah, di kesempatan ini Jaka ingin membahas 10 rekomendasi anime terbaik di dekade terakhir! Apakah ada anime favorit kalian yang berhasil masuk di sini?

1. Anohana: The Flower We Saw That Day (2011)

Anohana Daef5

Anime ini berhasil bikin Jaka menghabiskan satu kotak tisu dan membuat Jaka jatuh cinta dengan penulis naskah Mari Okada.

Anohana menceritakan kisah 5 teman cilik yang dipisahkan karena sebuah trauma di masa lalu mereka dan terhubung kembali saat mereka sudah masuk SMA.

Banyak banget adegan emosional di anime ini dan Jaka jamin kalian nggak akan bisa menahan air mata kalian ketika memasuki paruh kedua anime ini.

2. Hanasaku Iroha (2011)

Hanasaku Iroha 55638

Satu lagi karya dari Mari Okada yang keluar di tahun yang sama adalah Hanasaku Iroha yang juga penuh adegan yang nggak kalah emosional, geng!

Anime ini menceritakan kisah Ohana yang harus tinggal dan bekerja di penginapan milik neneknya setelah ibunya kawin lari dengan pacar barunya.

Di Jepang sendiri, kepopuleran anime ini berhasil mendongkrak bisnis pariwisata di daerah Kanazawa, Ishikawa yang menjadi latar Hanasaku Iroha loh!

3. Attack on Titan (2013)

Attack On Titan 0ffa6

Ketika kita menengok balik ke dekade ini, mungkin nggak ada Anime yang lebih populer dibandingkan anime action Attack on Titan.

Anime ini menceritakan perjuangan Eren Yeager dan rekannya dalam melindungi umat manusia melawan ancaman makhluk raksasa bernama Titan.

Anehnya, negara China sempat melarang penayangan anime ini karena dianggap dapat menimbulkan jiwa pemberontakan di negara mereka.

Sayangnya, fans dari anime ini harus menunggu lama karena terdapat jarak 4 tahun antara season 1 dan 2 tapi sekarang untungnya anime ini sudah memiliki jadwal yang lebih stabil, geng.

4. Demon Slayer (2019)

Demon Slayer B16f9

Anime Demon Slayer menunjukkan kalau kita nggak butuh cerita yang kompleks untuk membuat anime berkualitas, geng!

Demon Slayer menceritakan kisah Tanjiro, seorang bocah yang memutuskan untuk menjadi pembasmi iblis ketika keluarganya menjadi korban serangan iblis.

Titik jual utama film ini terletak di adegan pertarugan dan kualitas animasi yang sangat memanjakan mata dari studio animasi Ufotable.

5. Carole & Tuesday (2019)

Carole Tuesday Ceb52

Datang dari sutradara Shinichiro Watanabe yang juga membuat anime klasik Cowboy Bebop, bisa dibilang anime Carole & Tuesday memiliki ekspektasi yang tinggi, geng!

Anime ini menceritakan kisah dua musisi jalanan Carole dan Tuesday ketika mereka bertemu di planet Mars dan usaha mereka dalam menggapai impian mereka.

Seperti karya Watanabe lainnya, anime ini memiliki gabungan visual dan musik yang sangat memukau dan atas gambaran planet Mars di masa depan yang terealisasi dengan baik.

6. JoJo's Bizarre Adventure (2012)

JoJo S Bizarre Adventure Bb33a

Kata bizarre memang sangat cocok untuk mendeskripsikan JoJo's Bizarre Adventure karena anime ini penuh dengan pria-pria aneh bin ajaib, geng!

JoJo's Bizarre Adventure menceritakan kisah keluarga Joestar dalam melawan musuh mereka dan tiap season dari anime ini fokus ke satu anggota keluarga ajaib ini.

Semua orang yang pernah nonton anime pasti sudah biasa melihat karakter pria dengan rambut dan pakaian yang nggak masuk akal tapi Jaka jamin nggak ada yang seheboh karakter di anime ini.

7. Chihayafuru (2011)

Chihayafuru C4c83

Anime bertema olahraga di sekolah sudah menjadi tradisi sendiri tapi bagaimana kalau olahraga yang dimaksud adalah permainan kartu karuta Hyakunin Isshu yang nggak banyak diketahui orang?

Chihayafuru bercerita tentang kisah Chihaya yang memiliki impian menjadi pemain karuta terhebat di Jepang berkat dorongan sahabat ciliknya, Arata.

Jaka juga nggak tahu apa-apa tentang karuta ketika pertama kali menonton ini tapi nggak membutuhkan waktu lama bagi Jaka untuk jatuh cinta dengan anime ini, geng!

8. Steins;Gate (2011)

Steins Gate D3063

Seperti banyaknya video game yang sudah diadaptasi menjadi film, ada juga beberapa video game yang diadaptasi menjadi anime seperti Steins;Gate dari seri Science Adventure.

Anime ini bercerita tentang kisah ilmuwan Rintaro Okabe yang menemukan sebuah metode time travel dan perjuangannya untuk mencegah teknologi ini jatuh ke tangan yang salah.

Sayangnya, Steins;Gate memiliki jalan cerita yang sangat kompleks dan agak lambat tapi paruh kedua anime ini penuh dengan momen-momen yang sangat menegangkan.

Menurut Jaka, anime ini masih nggak bisa menyamai kualitas gamenya tapi karena membutuhkan komitmen yang jauh lebih sedikit, tetap mendapat rekomendasi dari Jaka.

9. One-Punch Man (2015)

One Punch Man Af203

Kalau kalian ingin dibuat sakit perut karena kebanyakan keta sambil disuguhkan kualitas animasi yang sangat memanjakan mata, Jaka sarankan untuk menonton One-Punch Man.

Anime ini bercerita tentang kisah Saitama, seorang superhero kelewat kuat yang bisa mengalahkan semua musuhnya hanya dengan satu pukulan.

Masalahnya, kekuatannya malah membuat Saitama bosan dan malah berujung ke banyak kejadian bodoh dalam kehidupan sehari-harinya.

Sayangnya, geng, anime ini mendapat beberapa perubahan di balik layar antara season 1 dan 2 yang juga berujung ke penurunan kualitas di season 2 dari One-Punch Man.

10. Fruits Basket (2019)

Fruits Basket 1276c

Di masa SMP Jaka, manga Fruits Basket merupakan salah satu karya paling populer dan karya ini kembali lagi ke layar setelah dulu pernah diangkat menjadi serial anime di tahun 2001.

Fruits Basket menceritakan kisah Tohru Honda, seorang gadis yatim piatu yang akhirnya tinggal bersama keluarga Soma yang memiliki satu rahasia keluarga misterius.

Cerita Fruits Basket mengandung kisah yang sangat menyentuh hati bagi kalian yang mungkin pernah merasa terkucilkan atau kurang cocok dengan rekan dan kolega kalian.

Seperti anime Anohana dan Hanasaku Iroha yang Jaka bahas di awal, Jaka harap kalian sudah mempersiapkan satu kotak tisu ketika menonton anime ini.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 10 rekomendasi anime terbaik di dekade terakhir. Sayangnya, karena keterbatasan tempat dan waktu, banyak anime yang nggak sempat Jaka bahas di sini.

Sebut saja anime kocak Aggretsuko dari Netflix yang menjadi kanal pelampiasan penderitaan orang kantoran atau anime action My Hero Academia.

Makanua, Jaka minta maaf kalau karya favorit kalian nggak masuk di sini karena nggak sedikit juga karya kesukaan Jaka yang nggak sempat masuk, geng!

Apakah kalian pernah menonton salah satu anime di atas? Bagaimana pendapat kalian mengenai pilihan Jaka? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Anime Episode Terbanyak Banner 1a9a9

7 Anime dengan Episode Terbanyak, Tukang Bubur Naik Haji Kalah Telak!

Bannr Jadi 9c5b4

7 Anime dengan Plot Twist Terbaik Sepanjang Masa | No Spoilers!

Anime Dewasa Ditonton Anak Kecil Banner Af233

7 Anime Dewasa yang Sering Ditonton Anak Kecil, Banyak Adegan Vulgar?

7 Anime Populer Yang Paling Kontroversial Karena Rasis D1092

7 Anime Populer yang Paling Kontroversial, Nonton No. 6 Bisa Dipenjara!

Banner D4595

7 Anime Mecha Terbaik Sepanjang Masa, Keren Abis!

Karakter Anime Jenius Banner Cb21a

7 Karakter Anime Paling Jenius Sepanjang Masa, Pintarnya Kelewatan!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

7 Anime dengan Art Style Paling Aneh, Digambar Asal-Asalan?

7 Anime dengan Art Style Paling Aneh, Digambar Asal-Asalan?

7 Anime Paling Dibenci Sepanjang Masa, Boku no Pico Termasuk?

7 Anime Paling Dibenci Sepanjang Masa, Boku no Pico Termasuk?

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal