J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Anime yang Menjiplak Anime Lain, Sword Art Online Termasuk?

7 Anime yang Menjiplak Anime Lain, Sword Art Online Termasuk?

Senin, 20 Jan 2020, 21:00 WIB
Di dunia seni, memang proses menjiplak sudah menjadi tradisi, geng! Di sini Jaka akan membahas 7 anime yang menjiplak anime lain.

Mendiang bos Apple yang eksentrik, Steve Jobs, dulu pernah berkata bahwa good artists copy, great artists steal.

Secara garis besar, Jobs berpendapat bahwa wajar bagi seniman handal untuk mencuri ide dari seniman lain untuk karya mereka, geng!

Makanya, kita nggak usah heran kalau melihat ada anime yang secara terang-terangan menjiplak dari anime lain.

7 Anime yang Menjiplak Anime Lain

Bukan cuma serial kartun Amerika yang sering terinspirasi dari anime karena di negara mereka sendiri juga banyak kasus plagiarisme yang berlangsung, geng!

Namanya bisnis memang pasti mentalnya ikut-ikutan kalau menyangkut hal sukses jadi nggak heran kalau mereka saling menjiplak satu sama lain.

Di sini, Jaka akan membahas beberapa anime tersebut di daftar 7 anime yang menjiplak anime lain!

1. Monster Rancher (Menjiplak Pokemon)

Monster Rancher 6f769

Sebagai salah satu franchise paling sukses di dunia sampai sekarang, nggak heran kalau sudah banyak perusahaan yang ingin kecipratan kesuksesan seri Pokemon.

Salah satunya yang paling blak-blakan adalah Monster Rancher yang animenya menggabungkan elemen koleksi monster dengan elemen anime Isekai, geng!

Anime ini menceritakan kisah bocah laki- laki Genki, seorang gamer bertopi yang terserap ke dunia yang dihuni oleh manusia dan monster.

Seperti Pokemon, Monster Rancher awalnya adalah sebuah game berjudul sama dari developer Tecmo sebelum akhirnya merambah dunia anime.

2. Dive!! (Menjiplak Free!)

Dive 7cd03

Kasus anime Dive!! mungkin adalah penjiplakan yang paling ekstrim karena memiliki konsep dan nama yang sangat mirip dengan anime olahraga Free!.

Dive!! yang diangkat dari novel berjudul sama menceritakan kisah Tomoki, seorang siswa SMA yang hobi menyelam, dan rekan-rekannya di Mizuki Diving Club.

Seperti Free!, anime ini menyediakan banyak fanservice untuk kaum hawa, tetapi tidak sebanding dengan kualitas animasi Free! dari studio ternama Kyoto Animation.

Sebenarnya, novel Dive!! sudah ada dari tahun 2000 tapi baru diadaptasi ke anime di tahun 2017 untuk menjiplak kesuksesan Free!, geng.

3. Duel Masters (Menjiplak Yu-Gi-Oh! Duel Monsters)

Duel Masters 6c587

Seperti kasus di atas, penjiplakan yang satu ini juga nggak nanggung karena judul Duel Masters sepertinya hanya plesetan Yu-Gi-Oh! Duel Monsters, geng!

Diangkat dari manga berjudul sama, Duel Masters menceritakan kisah Shobu, seorang bocah yang gemar bermain game kartu Duel Masters.

Sebagai pelopor anime permainan kartu, Yu-Gi-Oh! memang memiliki beberapa penjiplak tapi Duel Masters adalah penjiplak yang pertama kali keluar.

Meskipun kepopuleran Duel Masters tidak bisa mengimbangi Yu-Gi-Oh!, anime ini punya fans yang sangat berdedikasi dan masih berlanjut sampai sekarang.

4. Genesis Climber MOSPEADA (Menjiplak Super Dimension Fortress Macross)

Mospeada 40e3a

Saat pertama kali dirilis di tahun 1982, anime mecha Macross menjadi sangat populer karena memiliki elemen musik yang sangat kental, geng!

Tatsunoko Pro yang ikut andil dalam pembuatan Macross akhirnya menjiplak karya tersebut dalam membuat Genesis Climber MOSPEADA.

Robot Legioss yang ada di anime ini mirip dengan robot Valkyrie di Macross dan kedua anime ini juga memiliki karakter yang berprofesi sebagai penyanyi.

Sayangnya, Genesis Climber MOSPEADA tidak bisa mengimbangi kesuksesan Macross yang sekarang menjadi franchise besar dan masih berlanjut sampai sekarang.

5. Sword Art Online (Menjiplak .hack//Sign)

Sword Art Online 97aa1

Anime Sword Art Online menunjukkan kalau orisinalitas itu nggak selalu dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan konsepnya menjiplak anime .hack//Sign.

Kedua anime tersebut menceritakan karakter yang terperangkap dalam suatu game online dan menceritakan petualangan mereka untuk kembali ke kehidupan nyata.

Berbeda dengan .hack//Sign yang mengandung kritik tentang hubungan manusia dengan teknologi, Sword Art Online sekarang tak lebih dari sebuah harem picisan.

Makanya, kalau kalian bertanya tentang Sword Art Online ke fans .hack//Sign, pasti banyak yang sakit hati karena penjiplak yang lebih jelek malah lebih populer.

6. Buso Renkin (Menjiplak Fullmetal Alchemist)

Buso Renkin Eafc2

Bahkan penulis terkenal seperti Nobuhiro Watsuki, pembuat karya legendaris Rurouni Kenshin, juga harus menjiplak ketika dia membuat Buso Renkin, geng!

Anime ini menceritakan kisah Kazuki, seorang pemuda yang menggunakan ilmu alkimia untuk melawan sekelompok manusia buatan bernama Homunculi.

Itu ide cerita yang benar-benar sama dengan anime terbaik Fullmetal Alchemist dan banyak yang mencemooh karya ini sebagai tiruan semata dari Fullmetal Alchemist.

Meskipun bagian action dari Buso Renkin banyak dipuji, kualitas ceritanya sangat jauh jika dibandingkan dengan Fullmetal Alchemist, geng.

7. Kabaneri of the Iron Fortress (Menjiplak Attack on Titan)

Kabaneri Of The Iron Fortress 5bfc8

Untungnya, nggak semua hasil jiplakan itu berakhir buruk, seperti anime Kabaneri of the Iron Fortress yang mengambil konsep anime populer Attack on Titan.

Anime ini menceritakan dunia yang dipenuhi oleh pasukan zombie bernama Kabane yang memaksa manusia untuk hidup di kota-kota yang sudah dibentengi dengan tembok.

Berbeda dengan Attack on Titan yang dipenuhi dengan raksasa, Kabane berukuran layaknya manusia biasa tapi kualitasnya aksinya sebanding kok, geng!

Buat kalian yang sudah nggak sabar nungguin season berikutnya dari Attack on Titan, anime ini bisa menjadi bahan penahan yang sesuai.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 anime yang menjiplak anime lain. Makanya, daripada kalian nonton tiruannya, lebih baik nonton karya aslinya saja.

Kalian pasti malu, kan, kalau ketangkap memakai sepatu Yeezy palsu, lebih baik nabung untuk beli yang aslinya, geng!

Apakah kalian pernah menonton anime di atas? Bagaimana pendapat kalian tentang plagiarisme di anime? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Anime Grafis Mencengangkan Banner 879c4

7 Anime dengan Animasi Paling Memukau, Gak Ada dari Ghibli!

Drama Korea Diadaptasi Manga Jepang Banner 3e290

7 Drama Korea yang Diadaptasi dari Manga Jepang, Cuma Plagiat?

7 Game Plagiat Yang Lebih Sukses Dari Versi Aslinya Memangnya Gak Malu 17473

7 Game Plagiat yang Lebih Sukses dari Versi Aslinya, Memangnya Gak Malu?

7 Film Terkenal Yang Ternyata Mencuri Idenya Dari Film Lain Star Wars Cuma Plagiat Bb84c

7 Film Terkenal yang Ternyata Mencuri Ide Film Lain, Lion King Cuma Plagiat?

Film Animasi Terbaik 26697

25 Film Animasi Terbaru & Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Seru!

Anime Terinspirasi Kisah Nyata Banner E1bd7

7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, Banyak dari Studio Ghibli!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Anime Terbaik Selama 10 Tahun Terakhir, Ga Nonton Auto Nyesel!

10 Anime Terbaik Selama 10 Tahun Terakhir, Ga Nonton Auto Nyesel!

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime dengan Art Style Paling Aneh, Digambar Asal-Asalan?

7 Anime dengan Art Style Paling Aneh, Digambar Asal-Asalan?

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal