J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Anime yang Diadaptasi dari Kartun Amerika, Banyak dari Film Disney!

7 Anime yang Diadaptasi dari Kartun Amerika, Banyak dari Film Disney!

Jumat, 24 Apr 2020, 14:00 WIB
Ternyata ada beberapa anime Jepang yang diadaptasi dari kartun Amerika, loh! Penasaran apa aja? Berikut ulasannya!

Biasanya, kamu bakal menemukan deretan kartun Amerika yang terinspirasi dari anime Jepang. Namun pernahkah kamu menemukan anime-anime yang terinspirasi dari kartun Amerika?

Ternyata, ada cukup banyak anime yang terinspirasi dan diadaptasi dari aneka kartun populer Amerika.

Bahkan, banyak yang di antaranya diadaptasi dari film produksi Disney, termasuk MCU. Penasaran apa saja? Kali ini Jaka bakal bahas 7 anime yang diadaptasi dari kartun Amerika. Berikut ulasannya!

Anime yang Diadaptasi dari Kartun Amerika

Beberapa anime yang diadaptasi dari kartun Amerika berikut memiliki unsur action yang kental dan seru abis.

Selain itu, anime tersebut berhasil mengubah unsur-unsur Amerika yang ada di dalamnya tanpa mengubah jalan cerita. Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah daftar animenya!

1. X-Men (2011)

1 Custom 20a58

Nggak disangka, X-Men sudah hadir dalam versi animenya, loh! Dalam proyeknya kali ini, Marvel bekerja sama dengan studio anime asal Jepang, Madhouse, dalam membuat X-Men bisa diterima di masyarakat Jepang.

Berjudul Ekkusumen, anime ini dibuat jadi TV series dengan total 12 episode yang tayang selama bulan April hingga Juni 2011. Tentu saja, anime ini menampilkan tokoh-tokoh ikoniknya seperti Cyclops, Storm, Beast, dan superhero paling populer Wolverine.

Karena mendapat sambutan luar biasa, anime ini dialihbahasakan ke Bahasa Inggris untuk dirilis di Amerika dalam bentuk DVD pada tahun 2012.

2. Iron Man (2010)

2 Custom A5af7

Iron Man juga termasuk dalam daftar kartun Amerika yang diadaptasi ke dalam bentuk anime. Semua ini adalah hasil kerja sama Marvel dengan Madhouse.

Sedianya, mereka bakal menggarap 4 seri anime dan 2 film, di mana masing-masing season berfokus pada satu superhero. Season 1 berfokus pada Iron Man, season 2 Wolverine, Season 3 X-Men, dan Season 4 berfokus pada Blade.

Madhouse diberikan kebebasan total untuk untuk mendesain ulang karakter-karakternya agar sesuai dengan masyarakat Jepang, termasuk pada Iron Man sendiri.

Ditayangkan mulai bulan Oktober 2010, anime ini berfokus pada petualangan Tony Stark dalam proyek-proyek futuristiknya yang baru dan megah.

3. Powerpuff Girls Z (2006)

3 Custom 15ae4

Anime ini dikerjakan seiring dengan naiknya popularitas versi Amerika dari The Powerpuff Girls dan genre mahou shoujo/magical girls. Digarap oleh Toei Animation, Powerpuff Girls Z yang memiliki 52 episode ini sengaja dibuat berbeda dengan versi aslinya.

Mulai dari karakterisasi, alur cerita, maupun desain karakter, semuanya sangat berbeda 180 derajat. Meskipun begitu, penonton tetap enjoy menyaksikannya dan bisa menemukan kesamaan tentang tema yang diusung.

Selain itu, konsep awal ceritanya juga nggak jauh beda, yakni tentang tiga gadis yang terkena cairan kimia Z sehingga merubah mereka jadi pahlawan superhero.

4. Mutant Turtles: Choujin Densetsu-hen (1996)

4 Custom 7411d

Mutant Turtles: Choujin Densetsu-hen atau bahasa Inggrisnya "Mutant Turtles: Superman Legend", merupakan hasil kerja sama franchise Ninja Turtles dengan studio animasi Jepang, Tsuburaya Productions.

Dirilis pada bulan Mei 1996, anime ini hanya memiliki 2 episode dengan total durasi selama 25 menit. Kisahnya pun disesuaikan dengan unsur tradisi masyarakat Jepang yang kental dengan dewa-dewa.

Anime ini dapat dikatakan nggak begitu sukses di Jepang. Meskipun demikian, lagu-lagu yang dijadikan soundtrack cukup populer. Digarap oleh komposer Takashi Ike, lagu-lagunya dibuat dengan mantap dan gagah.

5. Transformers Animated (2007)

5 Custom F1236

Memiliki nama lain yakni Transformers: Heroes, serial anime ini diproduksi oleh Cartoon Network Studios yang berkerjasama dengan studio anime Jepang, MOOK DLE, The Answer Studio, dan Studio 4 C.

Dirilis sejak bulan Desember 2007 dengan jumlah 42 episode, anime ini secara garis besar masih mengisahkan tentang perang antara Autobots melawan Decepticons.

Namun yang jadi perbedaan, kali ini Optimus Prime dan kawan-kawannya dari Autobots harus berjuang menghentikan usaha Megatron dan seluruh kawanan Decepticons untuk menguasai kawasan Allspark.

6. Batman: Gotham Knight (2006)

6 Custom 91427

Nggak mau kalah dengan Marvel, DC Entertainment pun juga memasuki dunia anime, loh! Mereka masuk dengan seri anime pertamanya yang berjudul Batman: Gotham Knight.

Anime ini sendiri terdiri dari 6 episode, dengan latar belakang ceritanya mengambil plot dan suasana di antara Batman Begins dan The Dark Knight. Jadi buat kamu penggemar Batman pasti sudah bisa menebak ceritanya seperti apa, kan?

Nah, anime ini diproduksi oleh Cyclone Graphics yang kebetulan juga memproduksi anime Girls und Panzer dan Monogatari Series: Second Season.

Dengan tanpa mengurangi kegagahan Batman dalam melawan penjahat di Kota Gotham, anime ini jadi salah satu alternatif yang bisa kamu tonton selain deretan film Batman terbaik yang pernah diproduksi.

7. Stitch! (2008)

7 Custom Df711

Siapa sangka kalau kartun Amerika yang satu ini juga dibuat dalam versi animenya? Serial anime Stitch! versi Jepang ini mulai ditayangkan pada Oktober 2008 dengan judul "Suticchi!".

Dalam serial ini, tokoh Lilo digantikan oleh figur anak perempuan Jepang bernama Yuna. Lokasi ceritanya pun dipindah ke sebuah pulau fiksi yang terletak di Prefektur Okinawa.

Karena berhasil diadaptasi dengan baik oleh studio anime Jepang, Madhouse Ltd., anime ini sukses besar di pasaran Jepang dan banyak ditonton oleh anak-anak. Bahkan anime ini sudah dialihbahasakan dan diputar di negara-negara lain, loh!

Akhir Kata

Itulah 7 karakter anime terkuat sepanjang masa. Kira-kira, karakter mana yang jadi favoritmu? Atau jangan-jangan, kamu punya pendapat lain selain di atas?

Yuk, jangan lupa tuliskan pendapat atau harapan kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa pada artikel Jala selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Yamishibai Banner

8 Episode Anime Jepang yang Paling MENYERAMKAN Sejauh Ini

Anime Bertema Game Banner2

10 Anime Bertemakan Game yang Wajib Ditonton Para Gamers

Anime China Terbaik Banner 180d5

10 Anime China Terbaik 2019, Lebih Baik dari Anime Jepang?

Anime Isekai Terbaik Banner A5eb7

10 Anime Isekai Terbaik 2019, Bikin Terharu Sekaligus Ngakak!

10 Anime Paling Sedih Terbaik 2020 Bikin Nangis Semalaman Cca30

10 Anime Paling Sedih Terbaik 2020, Bikin Nangis Semalaman!

Anime Unsur Illuminati Banner Bfa9e

10 Anime dengan Unsur Illuminati dan Satanis, Naruto Punya Banyak!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal