J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Alasan Kenapa Seluruh FIlm Dark Universe Dibatalkan, Gagal Total?

Inilah Alasan Kenapa Seluruh FIlm Dark Universe Dibatalkan, Gagal Total?

Senin, 2 Mar 2020, 15:00 WIB
Sempat direncanakan akan menyaingi semesta sinematik Marvel, MCU, berikut adalah alasan kenapa Dark Universe akhirnya gagal.

Semenjak Marvel Studio sukses meramaikan jagat perfilman Hollywood dengan semesta sinematiknya yang bertajuk Marvel Cinematic Universe (MCU), kini banyak studio lain yang berlomba-lomba untuk melakukan hal serupa.

Misalnya saja DC Comics dengan semesta sinematiknya yang bernama DC Extended Universe (DCEU) yang sayangnya masih belum mampu untuk menyaingi MCU.

Kemudian, yang belakangan ini sedang heboh dibicarakan adalah semesta sinematik studio Universal Pictures yang diberi nama Dark Universe.

Setelah perilisan film pertamanya yang berjudul The Mummy pada tahun 2007, semesta sinematik Dark Universe kemudian disebut-sebut gagal total hingga akhirnya proyek ini dibatalkan.

Tapi, sebenarnya apa sih alasan yang membuat semesta sinematik Dark Universe gagal total dan produksinya dibatalkan meskipun semua konsepnya sudah dipersiapkan dengan matang?

Konsep Awal Semesta Sinematik Dark Universe

Dark Universe 43aaf

Berbeda dengan MCU ataupun DCEU, Dark Universe merupakan semesta sinematik yang diisi oleh karakter-karakter monster klasik dari film -film yang pernah mereka buat sebelumnya.

Konsep penggarapan film-film Dark Universe juga tergolong sangat matang.

Hal itu bisa terlihat saat Alex Kurtzman yang merupakan sutradara film The Mummy langsung mengumumkan kehadiran 7 film Dark Universe lainnya meskipun film pertamanya itu belum dirilis.

Film-film tersebut yaitu Invisible Man, Frankenstein, Bride of Frankenstein, Dracula, Creature from the Black Lagoon, Phantom of the Opera, dan Hunchback of Notre Dam.

Bukan hanya itu, mereka juga telah memasukkan nama-nama aktor Hollywood potensial yang akan memerankan tokoh-tokoh monster tersebut.

Sebut saja Johnny Depp yang akan memerankan tokoh Invisible Man, Javier Bardem sebagai Frankenstein, Angelina Jolie sebagai Bride of Frankenstein, hingga Dwayne Johnson sebagai The Wolfman.

Dari sejumlah nama bintang Hollywood papan atas tadi pastinya sudah kebayang dong betapa besarnya dana yang akan dikucurkan Universal Picture untuk memproduksi film-film Dark Universe ini?

Film Perdana Dark Universe, The Mummy Gagal

The Mummy 27ae7

Sempat digembar-gemborkan akan laris manis di pasaran, sayangnya film pembuka dari semesta sinematik Dark Universe ini justru mengalami nasib sebaliknya, geng.

The Mummy yang merupakan reboot dari film laris dengan judul serupa rilisan tahun 1999 itu justru mendapatkan ulasan negatif dari para penonton serta kritkus film.

Bahkan, film ini hanya mampu meraih rating tomatometer sebesar 16% saja di situs Rotten Tomatoes.

Nggak hanya itu saja, kegagalan film The Mummy juga semakin terlihat saat film yang sudah menghabiskan dana sebesar $195 juta ini hanya meraup pendapatan box office sebesar $410 juta saja.

Meskipun nggak mengalami kerugian, tapi angka pendapatan yang diraih oleh film reboot ini tergolong sangat kecil, geng.

The Invisible Man Jadi Film Standalone

The Invisible Man Jadi Film Standalone 14e8f

Setelah gagal telak di film pertamanya, pihak Universal Pictures pun akhirnya ragu untuk melanjutkan film-film dari semesta sinematik Dark Universe berikutnya.

Khawatir akan jatuh di lubang yang sama, mereka pun akhirnya membatalkan semua proyek film Dark Universe termasuk jajaran aktor Hollywood yang akan terlibat di dalamnya yang sebelumnya sudah banyak dibocorkan ke publik.

Namun, kabar mengejutkan tiba-tiba menyeruak ke permukaan dua tahun setelah proyek Dark Universe tersebut dibatalkan atau tepatnya pada bulan Mei tahun lalu

Pihak Universal Pictures secara mengejutkan mengumumkan perkembangan film The Invisible Man yang awalnya akan menjadi bagian dari Dark Universe.

Sempat dirumorkan bahwa semesta sinematik Dark Universe akan bangkit, namun sang sutradara yaitu Leigh Whannel langsung membantah hal tersebut.

Dia menjelaskan bahwa The Invisible Man hadir sebagai film standalone yang nggak ada kaitannya dengan film pertama Dark Universe, The Mummy.

Menariknya, bukan hanya konsep filmnya saja yang diubah, aktor Johnny Depp juga gagal berperan di dalam film ini, geng.

The Invisible Man Sukses di Pasaran

The Invisible Man Sukses Di Pasaran 4c1ac

Setelah resmi membatalkan proyek film Dark Universe, Universal Picture pun akhirnya merilis film The Invisible Man secara standalone pada bulan Februari tahun ini.

Dibintangi oleh Elisabeth Moss, Oliver Jackson-Cohen, Aldis Hodge, dan sederet bintang populer Hollywood lainnya, tanpa diduga film The Invisible Man justru sangat laris di pasaran.

Selain itu, film ini juga mendapatkan banyak respon dan pujian dari para penonton serta kritikus yang kagum dengan apa yang telah disajikan oleh film horor satu ini.

Bahkan, film The Invisible Man juga sudah berhasil mengantongi rating tomatometer sebesar 92% di situs Rotten Tomatoes yang sangat berbeda jauh dengan film The Mummy.

Alasan Dark Universe Gagal Total dan Dibatalkan

Alasan Dark Universe Gagal 3ba12

Dari pembahasan di poin-poin sebelumnya, lalu sebenarnya apa yang menjadi alasan kegagalan Dark Universe selain karena film buruk pertamanya itu?

Menurut ketua Universal Film Entertainment (UFEG), Donna Langley, keputusan untuk membuat sebuah semesta sinematik yang menggabungkan seluruh karakter monster klasik milik Universal Pictures diakuinya adalah bukan ide yang bagus.

Pasalnya, nggak semua orang menginginkan hal tersebut. Selain itu, meskipun masing-masing karakter monster Universal sangatlah ikonik, tapi menggabungkannya dalam film shared universe juga nggak selalu akan berhasil.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan seputar kegagalan proyek semesta sinematik Dark Universe milik studio Universal Pictures, geng.

Dari pembahasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa nggak semua langkah sukses yang diambil oleh MCU bisa sukses juga di semesta sinematik lainnya, termasuk Dark Universe ini.

Kalau menurut kamu gimana? Share pendapatnya di kolom komentar bawah ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Momen Terbaik Mcu Banner 2a25e

10 Momen Terbaik MCU, Bikin Marvel Menang Telak Lawan DC!

Aktor Yang Menyesal Bermain Di Film Dc C0efe

7 Aktor yang Menyesal Pernah Bermain di Film DC, Mending Pindah ke MCU!

Banner Jadi 71ce3

7 Film Superhero DC Terbaik Sepanjang Masa, Lebih Bagus dari Film MCU?

Banner 1819a

7 Plot Hole Paling Bodoh di Film Superhero DC, Film DCEU Gak Sebagus MCU?

Film Budget Minim Pendapatan Fantastis Fb272

9 Film dengan Budget Rendah yang Memperoleh Keuntungan Fantastis

Banner Jadi 5d8c9

7 Film yang Dibenci Banyak Orang Padahal Belum Dirilis, Netizen Galak!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal