• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Aktor yang Dilarang Masuk ke Negara China, Kenapa Ya?

5 Aktor yang Dilarang Masuk ke Negara China, Kenapa Ya?

00
Rabu, 6 Mei 2020, 16:00 WIB
Karena alasan-alasan tertentu, beberapa aktor Hollywood berikut ini akhirnya dilarang masuk ke Negara China lho! Kenapa ya?

Jika dibandingkan dengan negara lain, China bisa dibilang sebagai salah satu negara yang memiliki banyak aturan khusus untuk menjaga kedaulatan negaranya.

Sebut saja pemblokiran sejumlah situs termasuk Wikipedia yang sempat heboh beberapa bulan lalu, hingga melarang sejumlah orang untuk masuk ke wilayahnya.

Menariknya, beberapa orang yang masuk dalam daftar hitam China tersebut adalah aktor-aktor yang sering kita lihat di film Hollywood lho, geng!

Nggak percaya? Simak saja pembahasan tentang aktor yang dilarang masuk ke China selengkapnya berikut ini!

Aktor yang Dilarang Masuk ke China

Memiliki popularitas dan dikenal oleh banyak orang mungkin terdengar menyenangkan, ya, geng. Kamu bisa pergi traveling ke negara mana pun sesuka hati.

Tapi, sayangnya hal itu nggak sepenuhnya bisa dinikmati oleh beberapa aktor Hollywood berikut ini yang justru dilarang memasuki wilayah China.

1. Brad Pitt

Brad Pitt Bbfd4

Telah membintangi banyak judul film Hollywood, pasti kamu sudah nggak asing lagi dong dengan salah satu aktor ternama, Brad Pitt?

Usut punya usut, ternyata Brad Pitt pernah lho, geng, dilarang oleh pemerintah China untuk berkunjung ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Alasannya, karena film berjudul Seven Years in Tibet yang pernah dibintangi Brad Pitt pada tahun 1997 silam dianggap telah menyinggung para pejabat di China.

Alhasil, Bradd Pit dan sejumlah pemain lainnya pun dilarang memasuki wilayah China. Namun, setelah 19 tahun atau tepatnya pada tahun 2006, Pitt akhirnya diizinkan kembali untuk mengunjungi negara tersebut.

2. Richard Gere

Richard Gere A0a4e

Selanjutnya ada aktor Richard Gere yang pernah bermain di film drama keluarga berjudul Hachi: A Dog's Tale nih, geng.

Richard dilarang masuk ke wilayah China dikarenakan pidato dadakannya di ajang Academy Awards pada tahun 1993 silam.

Kala itu sang aktor tanpa diduga berbicara mengenai pelanggaran hak asasi manusia yang telah dilakukan oleh China kepada Tibet.

Akibatnya, Richard pun harus menerima risiko berupa larangan untuk mengunjungi negara tersebut. Tak hanya itu, banyak juga studio besar yang akhirnya tak lagi mempekerjakannya karena khawatir film mereka akan gagal.

Karena seperti yang kita tahu bahwa China adalah salah satu negara penyumbang jumlah penonton terbanyak bagi industri perfilman.

3. Sharon Stone

Sharon Stone 6260a

Pernah bermain bersama Halle Berry di salah satu film superhero terburuk berjudul Catwoman, Sharon Stone juga rupanya masuk dalam daftar aktor yang dilarang masuk ke China kali ini, geng.

Kondisi ini dipicu oleh komentar Sharon tentang gempa bumi Sichuan saat tengah berbicara kepada rekan pers di ajang Festival Film Cannes 2008.

Saat itu, Sharon mengungkapkan bahwa dia yakin kalau bencana tersebut terjadi sebagai bentuk karma atas perilaku penindasan yang dilakukan oleh orang China kepada Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet.

Akibatnya, pemerintah China pun melarang semua film yang dibintangi oleh Sharon tampil di bioskop China.

Meskipun begitu, tapi pemerintah nggak secara eksplisit menyebutkan bahwa sang aktor juga dilarang untuk mengunjungi China. Namun, besar kemungkinan jikalau Sharon datang pun dia nggak akan mendapat sambutan hangat.

4. Harrison Ford

Harrison Ford 96966

Dikenal dengan sifat humanisnya, Harrison Ford memang sudah sejak lama secara terang-terangan mengangkat isu tentang pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh China kepada penduduk Tibet.

Bahkan pada tahun 1992, dia juga pernah terlibat dalam sebuah project film biografi berjudul Kundun yang menceritakan tentang Dalai Lama ke-14 dan memutuskan menjadi advokat untuk Tibet saat itu.

Namun, puncak permasalahan terjadi pada tahun 1995, ketika Ford bersaksi di hadapan Komite Senat Amerika Serikat.

Kala itu dia mengungkapkan tentang perlunya kemerdekaan Tibet dan merinci semua pelanggaran hak asasi manusia yang telah dilakukan China.

Aksinya itu pun sontak memicu kemarahan pemerintah China hingga akhirnya dia dilarang untuk masuk ke wilayah China.

5. Miley Cyrus

Miley Cyrus 6a74a

Aktor terakhir yang dilarang masuk ke China berikutnya yaitu penyanyi sekaligus aktor, Miley Cyrus yang pernah bermain di film Hannah Montana dan beberapa judul lain.

Kejadian itu bermula pada tahun 2009, saat sebuah foto yang memperlihatkan Miley bersama dengan beberapa temannya ramai tersebar di dunia maya.

Di foto tersebut, Miley dianggap telah melakukan tindakan rasisme terhadap orang Asia di mana dia terlihat menarik kulit di sekitar kedua matanya hingga terlihat sipit.

Miley pun dinilai sangat kekanak-kanakan atas sikap yang dilakukannya itu. Alhasil, pemerintah China pun langsung memutuskan untuk melarang sang aktor mengunjungi wilayah negaranya.

Akhir Kata

Nah, itulah dia beberapa aktor Hollywood yang dilarang masuk ke wilayah China karena alasan-alasan tertentu, geng.

Namun, kebanyakan permasalahannya disebabkan karena sang aktor sangat vokal terhadap isu pelanggaran hak asasi manusia yang telah dilakukan China kepada Tibet.

Kalau menurut kamu, tindakan pemerintah China dalam melarang aktor-aktor di atas mengunjungi negaranya sudah tepat belum sih? Share di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Page 1deb2

7 Adegan Film yang Paling Gak Masuk Akal, No. 5 Bikin Emosi!

Bintang Hollywood Paling Kontroversial A4b7c

7 Aktor Hollywood Paling Kontroversial, No. 3 Nikah dengan Anaknya Sendiri?

Aktor Pemeran Villain Terburuk Sepanjang Masa F8d93

7 Aktor Pemeran Penjahat Terburuk Sepanjang Masa, Pemeran Joker Termasuk!

Page 29756

7 Aktor yang Gagal Memerankan Karakter Video Games, Malu-Maluin!

Untitled 3 4860d

7 Aktor Terkenal yang Ternyata Sudah Meninggal, No. 4 Bikin Kamu Shock!

Banner Jadi F17e6

5 Film ini Gagal Total, Sang Sutaradara Menyalahkan Aktor di Filmnya! Kok Bisa?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal