J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

Senin, 3 Feb 2020, 14:00 WIB
Bagaimana rasanya nonton film tanpa diberi waktu mengambil nafas? Di sini, Jaka akan membahas 7 film yang hanya terdiri dari 1 adegan panjang!

Geng, apakah kalian pernah melihat proses syuting film beneran? Proses syuting itu selain sulit tapi juga aneh karena biasanya tidak mengikuti alur cerita dari film.

Bisa saja adegan terakhir dari film itu direkam pertama kali. Untungnya, berkat proses editing, semua potongan adegan tersebut bisa disusun menjadi film koheren.

Tapi, ternyata banyak sineas yang ingin mencoba hal baru di mana film yang mereka buat hanya terdiri dari satu adegan panjang, geng!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang

Tentunya, kita semua sudah mengetahui kata Action! dan Cut!, dua istilah yang sering digunakan untuk menandakan awal dan akhir proses syuting suatu adegan.

Di film yang akan Jaka bahas di sini, kedua kata tersebut seolah-olah dibuat menghilang karena keseluruhan film digambarkan hanya terdiri dari 1 adegan panjang.

Seiring dengan perkembangan teknologi, teknik ini semakin sering banyak digunakan seperti di 7 film yang hanya terdiri dari 1 adegan panjang berikut, geng!

1. Rope (1948)

Rope 4bdff

Sutradara ternama Alfred Hitchcock sudah terkenal atas karya dan inovasinya di dunia film dan sifat inovatifnya bisa kita lihat di film thriller Rope.

Selain sebagai film berwarna pertama dari Hitchcock, film ini juga mengundang perhatian karena berlangsung secara real-time, yang jarang ditemukan di masa itu.

Singkatnya, semua kejadian yang ada di film terjadi dalam kurun waktu yang sama dengan durasi film yang digambarkan seakan-akan terdiri dari 1 adegan panjang.

Sayangnya, kamera yang ada saat itu hanya bisa merekam adegan sepanjang 10 menit dan Hitchcock menggunakan trik khusus untuk menyamarkan tiap potongan adegan di film, geng!

2. Timecode (2000)

Timecode 1f19a

Dengan munculnya kamera digital di dunia film, banyak sineas yang mulai bereksperimen dengan adegan panjang, seperti sutradara Mike Figgis di film Timecode.

Menceritakan satu hari di sebuah perusahaan produksi film, Figgis menggunakan 4 adegan panjang dari perspektif yang berbeda sebagai metode penceritaan.

4 adegan tersebut dipertontonkan dalam waktu yang bersamaan menggunakan metode split screen yang membuatnya menjadi karya unik di dunia perfilman.

Selain itu, Figgis tidak menyiapkan naskah yang detail untuk film ini di mana percakapan yang terjadi di film mayoritas merupakan hasil improvisasi, geng!

3. Silent House (2012)

Silent House 08c3d

Terinspirasi dari film Rope, pasangam sutradara Chris Kentis dan Laura Lau membuat film Silent House yang juga seakan-akan hanya terdiri dari 1 adegan.

Menceritakan perjuangan sebuah gadis yang diserang di rumah terbengkalai milik keluarganya, film ini banting setir ketika kondisi metal gadis tersebut terkuak.

Meskipun tampak seperti 1 adegan panjang, film ini sebenarnya terdiri dari potongan-potongan 12 menit yang disusun sehingga terlihat tidak berhenti sama sekali.

Kentis dan Lau menggunakan teknik yang sama dengan Hitchcock di mana potongan pada film disamarkan sedemikian rupa sehingga tidak terlihat oleh penonton, geng.

4. Birdman (2014)

Birdman 40976

Apakah ada hal yang lebih apik dibandingkan sebuah film yang menyoroti dunia teater yang juga hanya terdiri dari 1 adegan panjang?

Hal itulah yang terjadi di film Birdman dari sutradara Alejandro Inarritu yang menceritakan proses produksi dari sebuah pentas sandiwara.

Seperti Rope dan Silent House, film ini sebenarnya juga terdiri dari beberapa potongan adegan tapi berhasil disihir sedemikian rupa sehingga tampak sangat mulus.

Hal ini juga berkat usaha sinematografer Emmanuel Lubezki yang memang memiliki kecenderungan untuk menggunakan adegan panjang di film yang dikerjakan olehnya.

5. Nyai (2016)

Nyai Cdd9c

Di Indonesia, mungkin tidak ada sosok sutradara yang lebih 'nyeni' dibandingkan Garin Nugroho yang karyanya seringkali sarat dengan elemen unik.

Salah satu karyanya yang paling unik mungkin adalah Nyai yang saking uniknya sampai tidak ditayangkan secara komersil.

Menceritakan kisah perjuangan wanita pribumi di zaman kolonial Belanda di tahun 1920-an, film ini direkam secara real-time menggunakan 1 adegan panjang saja, geng!

Menggunakan kamera yang mayoritas bersifat statis, film Nyai mengambil banyak inspirasi dari presentasi seni panggung ala teater.

6. One Cut of the Dead (2017)

One Cut Of The Dead 781f4

Kalian yang bosan dengan film zombie yang itu-itu saja harus mencicipi film One Cut of the Dead yang mengambil inspirasi dari genre mockumentary.

Film ini menceritakan sebuah kru film yang sedang dalam proses syuting film zombie yang secara tidak sengaja harus melawan ancaman zombie beneran, geng!

Dari idenya yang agak konyol, bisa ditebak kalau film ini penuh elemen komedi, terutama dari sosok 'sutradara' di film yang malah girang karena invasi zombie tersebut.

Kata one cut di sini diambil dari adegan pembuka film yang berjalan selama 37 menit tanpa adanya interupsi yang menunjukkan perjuangan kru melawan zombie.

Setelah babak pertama usai, film ini bergerak ke arah yang sangat tidak disangka yang Jaka nggak tega ceritakan di sini, geng. Jadi kalian langsung nonton aja ya!

7. 1917 (2019)

1917 683f4

Perang itu sangat mengerikan dan kesan itulah yang ditunjukkan sutradara Sam Mendes di film 1917, salah satu kandidat utama di ajang Piala Oscar 2020.

Menceritakan kisah 2 tentara Inggris dalam menjalankan sebuah misi penting, film ini berhasil menunjukkan kegilaan di Perang Dunia 1 yang jarang ditunjukkan di film.

Mendes di sini berkolaborasi dengan sinematografer ternama Roger Deakins untuk membuat sebuah film yang seakan-akan hanya terdiri dari 1 adegan panjang saja, geng!

Meskipun film ini tidak memiliki cerita dan karakterisasi yang kompleks, film ini hampir tidak memiliki tandingan dari segi teknis.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 film yang hanya terdiri dari 1 adegan panjang. Memang konsep 1 adegan panjang tersebut mayoritas hanyalah ilusi tapi tetap nggak kalah memukau.

Terutama di film 1917 yang meskipun melibatkan banyak pergerakan, tetap bisa menjaga fokus kita terhadap perjuangan karakter utamanya, geng!

Apakah kalian pernah menonton film di atas? Bagaimana pendapat kalian tentang teknik adegan panjang yang digunakan di film? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 9e2b4

1917 Menang Golden Globe, Ini 7 Film Terbaik dari Sang Sutradara Sam Mendes

Banner 912a0

7 Film Paling Overrated Sepanjang Masa, Joker Termasuk!

Banner F9197

7 Serial dan Film Animasi Asli Indonesia Terbaik, Kualitas Hollywood!

Film Netflix Terbaik 7a2f9

20 Film Netflix Terbaik dan Terbaru 2020, Ada yang Rating 100%!

Banner 6fd34

Miris! 7 Film Dengan Nominasi Oscar Terbanyak Tanpa Kemenangan Apapun

7 Film Terbaik Karya Sutradara Quentin Tarantino Penuh Darah Dan Twist Gila E6da5

7 Film Terbaik Karya Sutradara Quentin Tarantino, Penuh Darah dan Twist Gila!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Adegan Film Horor yang Di-Cut Karena Terlalu Menjijikan, Auto Mual!

7 Adegan Film Horor yang Di-Cut Karena Terlalu Menjijikan, Auto Mual!

7 Film dengan Adegan Berantem Paling Realistis, Anti CGI!

7 Film dengan Adegan Berantem Paling Realistis, Anti CGI!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film yang Bakar Duit untuk Hal Bodoh, No. 2 Filmnya Jadi Gagal Total?

7 Film yang Bakar Duit untuk Hal Bodoh, No. 2 Filmnya Jadi Gagal Total?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal