J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Adegan Hacking Paling Bodoh dalam Film | Diketawain Hacker Beneran!

7 Adegan Hacking Paling Bodoh dalam Film | Diketawain Hacker Beneran!

Sabtu, 12 Sep 2020, 18:30 WIB
Nggak hanya ngasal, namun peretasan yang mereka lakukan terbilang ngawur dan nggak masuk akal. Berikut ulasan lengkapnya!

Buat kamu yang tertarik dengan topik seputar keamanan siber, tentunya sudah tidak asing lagi dengan konsep hacking atau peretasan digital, di mana pelakunya disebut sebagai hacker.

Karena terbilang populer, konsep hacking sering juga dijadikan jalan cerita deretan film hacker terbaik. Film-film bergenre hacker biasanya memiliki plot yang menggugah penonton supaya berpikir kritis, geng.

Sayangnya, gak semua film mampu menggambarkan proses hacking dengan sempurna. Ada beberapa film yang malah menyajikan adegan hacking dengan absurd, konyol, dan nggak masuk akal banget. Penasaran apa aja filmnya? Simak daftarnya di bawah ini!

Adegan Hacking Paling Bodoh & Gak Masuk Akal dalam Film

Mirip dengan film fiksi ilmiah terbaik, film bertemakan hacker biasanya mampu membawa para penontonnya masuk ke dalam jaringan digital yang rumit dan menantang.

Hal tersebut dikarenakan proses hacking sesungguhnya memakan waktu lama. Belum lagi menyelesaikan kombinasi password dan rekayasa digital yang rumit.

Akan tetapi, film-film di bawah ini menambahkan aneka bumbu yang bikin proses hacking jadi dramatis, lebay, dan nggak masuk akal. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya!

1. Under Siege 2: Dark Territory (1995)

1 Custom 079d5

Pernah kebayang meretas sistem data nasional berbekal RAM? Yap, RAM! Bagi yang paham teknologi pastinya bingung. Apa hubungannya RAM dengan keamanan data?

Inilah yang dilakukan Travis Dane (Eric Bogosian), seorang programmer pemerintah AS yang dipecat karena dianggap nggak becus dalam bekerja.

Menggunakan komputer portabel yang ia bawa sehari-hari, ia berhasil mengupload RAM bergiga-giga ke dalam sistem data nasional untuk mengendalikan satelit penghancur yang ada di luar angkasa. Semua itu ia lakukan hanya dalam waktu 2 detik. Gila!

2. Swordfish (2002)

2 Custom A1cde

Dirilis tahun 2002, film bergenre action ini mempertemukan para aktor kawakan seperti Hugh Jackman dan John Travolta. Meskipun akting mereka dapat dikatakan memukau, namun ada beberapa adegan yang Jaka boleh bilang khayal abis.

Salah satunya adalah ketika Hugh Jackman, yang berperan sebagai Stanley Jobson, hacker terbaik di dunia, dipaksa meretas sistem keamanan Departemen Pertahanan Nasional di sebuah .... bar, oleh John Travolta, yang berperan sebagai kepala mafia kelas kakap.

Udah gitu, ia harus bisa menembus jaringan keamanan departemen dalam waktu 60 detik sambil ditodongkan senjata pada kepalanya dan dirayu oleh seorang escort. Walau akhirnya ia berhasil, namun meretas jaringan data gak sesingkat dan semudah itu, geng!

3. Superman III (1983)

3 Custom 34602

Buat kamu yang hobi mengikuti film-film DC jadul, pastinya kamu familiar dengan film Superman III yang rilis di tahun 1983.

Di dalam salah satu adegannya, Richard Pryor, komedian legendaris Amerika yang memerankan seorang programmer kantoran, berhasil membobol sistem finansial di tempatnya bekerja.

Cara meretasnya pun sangat simpel. Ia hanya memasukkan kode "OVERRIDE ALL SECURITY" ke dalam sistem, dan boom! Ia berhasil masuk lalu menguras isi kas kantornya. Ah, andai meretas sistem segampang itu .......

4. The Net (1995)

4 Custom 4c174

Harus diakui, ketika film-film tahun 80 dan 90-an mencoba membuat film bertemakan teknologi, termasuk hacking, mereka nggak sepenuhnya paham dan membikin konsep asal-asalan.

Hasilnya, ketika ditonton pada tahun 2020 seperti sekarang, kita bakal merasa adegan-adegan tersebut aneh dan absurd. Salah satunya adalah pada film The Net yang rilis tahun 1995.

Menggunakan disket, Angela Bennett, seorang programmer andal, berhasil meretas sistem data dan membasmi virus yang menguasai komputernya. Gak cuma itu, ia pun merayakan keberhasilannya dengan memesan pizza via internet. Oke baiklah!

5. Hackers (1985)

5 Custom 8f6cc

Berbeda dengan deretan film yang berhasil memprediksi teknologi masa depan, film Hackers justru memberikan gambaran yang abstrak tentang teknologi itu sendiri.

Berawal dari keinginan Dade Murphy untuk meretas stasiun televisi lokal. Ia nekat melakukannya karena ingin mendapat ucapan selamat ulang tahun langsung dari depan layar televisi.

Ia pun menelepon teknisi stasiun TV tersebut dengan berpura-pura sebagai pegawai keuangan untuk meminta akses modem. Lalu dengan merekayasa program via komputernya, ia berhasil mengendalikan robot pengendali kaset siaran yang mampu mengubah-ubah acara TV. Hmmmm, terkesan khayal abis, geng!

6. 007 - Skyfall (2012)

6 Custom D6cfb

Meskipun dinobatkan sebagai salah satu film James Bond terbaik, namun tetap ada beberapa unsur di dalamnya yang nggak tepat dari sudut pandang spionase.

Salah satunya adalah ketika penjahat kelas kakap, Silva, berhasil meretas sistem keamanan nasional Britania Raya, termasuk M16, tempat James Bond dan M bernaung.

Meskipun nggak ditunjukkan secara jelas mengenai cara Silva meretasnya, namun kamu bisa melihat kode rahasia dan peta persebaran jaringan, yang sebenarnya gak penting banget, sebelum akhirnya disusupi oleh Silva. Meskipun cukup realistis, namun ngehack gak segampang itu!

7. The Matrix Reloaded (2003)

7 Custom 93fbb

Dalam film yang satu ini, Trinity menggunakan alat peretas yang emang betul-betul digunakan oleh para hacker. Hanya saja, banyak yang mempermasalahkan penggunaannya yang tidak sesuai prosedur.

Selain itu, di dalam film digambarkan proses peretasan sistem inti lawan yang dilakukan hanya dalam hitungan detik. Padahal realitanya lama banget, loh!

Yah, namanya saja film, geng. Meskipun begitu, beberapa pengamat film mengapresiasi The Matrix Reloaded yang mampu memberikan gambaran kasar tentang aktivitas hacking.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan adegan hacking paling konyol dalam film. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f

Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal

Untitled 3 Ccb77

7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!

Untitled 1 7fa91

7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!

Page B7b12

7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?

Page B05d7

7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!

Page 9bad8

7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film yang Hanya Terdiri Dari 1 Adegan Panjang, Harus Fokus Nontonnya!

7 Film dengan Adegan Berantem Paling Realistis, Anti CGI!

7 Film dengan Adegan Berantem Paling Realistis, Anti CGI!

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Istilah Film yang Harus Kamu Tahu! Ini Bedanya Sekuel, Prekuel, Spin-Off, dll

7 Film Terbaik Tapi Membosankan, Nontonnya Bikin Ngantuk!

7 Film Terbaik Tapi Membosankan, Nontonnya Bikin Ngantuk!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal