J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Adaptasi Novel yang Dibenci Oleh Penulis Novelnya, Sampai Nangis!

7 Film Adaptasi Novel yang Dibenci Oleh Penulis Novelnya, Sampai Nangis!

Kamis, 30 Apr 2020, 16:00 WIB
Banyak novel yang pada akhirnya diadaptasi menjadi sebuah film. Akan tetapi, ada loh penulis novel yang membenci adaptasi filmnya!

Coba sebutin film sukses yang diangkat dari novel best-seller! Ada banyak banget, mulai The Lords of the Ring, Harry Potter, Little Women, dan masih banyak lainnya.

Novel memang menjadi salah satu sumber cerita film yang paling populer, walau mereka dituntut mampu mengadaptasi ceritanya dengan baik.

Hanya saja, ternyata ada beberapa film adaptasi novel yang dibenci oleh penulis novelnya yang asli! Apa sebabnya?

Film Adaptasi Novel yang Dibenci Penulisnya

Tidak disukai oleh penulis aslinya bukan berarti film di bawah ini kualitasnya buruk. Buktinya, ada film pemenang Oscar di dalam daftar ini.

Mereka tidak suka hanya karena masalah selera saja. Lantas, apa saja daftar filmnya?

1. American Psycho (2000)

Film Adaptasi Novel Dibenci Penulis 1 A9f3e
Sumber foto: Amazon

Film pertama yang ada di daftar ini adalah American Psycho. Film ini diangkat dari novel berjudul sama karangan Bret Easton Ellis.

Bercerita tentang banker Wall Street dengan hobi membunuh, Ellis berpendapat bahwa seharusnya film tersebut tidak pernah ada.

Ia merasa narasi novelnya tidak tidak dimunculkan. Padahal, bagian tersebut merupakan inti dari bukunya. Ellis juga berpikir film ini seharusnya tidak disutradarai oleh seorang wanita karena membutuhkan pandangan laki-laki.

Apalagi, filmnya terasa ambigu. Apakah tokoh utama, Patrick Bateman, benar-benar pembunuh gila atau hanya sekadar delusi semata?

Walaupun begitu, film ini menjadi salah satu film yang membangun karir Christian Bale sebagai aktor top Hollywood.

2. Breakfast at Tiffany's (1961)

Film Adaptasi Novel Dibenci Penulis 2 27219
Sumber foto: Harper s Bazaar

Dibintangi oleh salah satu aktris Hollywood paling ikonik, Audrey Hepburn, film Breakfast at Tiffany's menjadi salah satu film klasik yang wajib kamu tonton.

Hanya saja, film ini dikritik oleh penulis bukunya, Truma Capote. Bukan karena jalan cerita ataupun plot yang dimiliki, tapi karena pemilihan tokohnya.

Ia berpendapat bahwa seharusnya karakter Holy Golightly diperankan oleh Marylin Monroe, bukan Hepburn. Keinginan tersebut tidak terkabulkan dan Capote merasa dikhianati.

Ada pendapat juga yang mengatakan kalau ia tidak senang George Peppard menjadi pemeran utama pria di film tersebut, karena awalnya ia ingin memerankan sendiri karakter tersebut.

Meskipun begitu, akting Hepburn cukup memukau dan berhasil masuk ke dalam nominasi Oscar pada tahun 1962 berkat film ini.

3. Forest Gump (1994)

Film Adaptasi Novel Dibenci Penulis 3 87293
Sumber foto: Hollywood

Pemenang Oscar tahun 1994, Forest Gump, juga menjadi salah satu film adaptasi yang dibenci oleh penulis aslinya.

Winston Groom, sang penulis, tidak suka dengan film ini karena penghilangan beberapa poin plot dan mengurangi bahasa dan konteks seksual.

Groom juga marah karena ia tidak mendapatkan laba bersih 3% sesuai dengan yang dijanjikan kepadanya. Produsen mengklaim bahwa film tersebut tidak berhasil menghasilkan keuntungan.

Akibat dari kisruh ini, nama Groom sama sekali tidak disebut dalam pidato penerimaan Piala Oscar yang diberikan kepada pemeran dan kru Forest Gump.

Film Adaptasi Lainnya . . .

4. Willy Wonka & The Chocolate Factory (1971)

Film Adaptasi Novel Dibenci Penulis 4 12f36
Sumber foto: WSBT

Kamu tahu film Charlie and the Chocolate Factory yang dibintangi oleh Johnny Depp? Kemungkinan besar kamu pernah nonton.

Tapi apakah kamu pernah tahu tentang film Willy Wonka & The Chocolate Factory yang rilis pada tahun 1971? Mungkin kamu tahu dari memenya yang terkenal banget.

Film ini diadaptasi dari novel karya Roald Dahl. Ia menganggap film tersebut payah dan menyimpang dari alur cerita buku. Seharusnya film berfokus pada karakter Charlie, bukan Willy Wonka.

Willy Wonkanya sendiri, yang diperankan oleh Gene Wilder, dianggap menyimpang dari karakter buatannya. Ia juga menganggap sang sutradara tidak berbakat.

Semuanya kena semprot. Bahkan ia bersumpah kalau selama ia hidup, sekuel bukunya yang berjudul Charlie and the Great Glass Elevator tidak akan pernah difilmkan.

5. I am Legend (2007)

Film Adaptasi Novel Dibenci Penulis 5 C7713
Sumber foto: HD movies streaming

Dibintangi oleh Will Smith, film I am Legend ternyata diadaptasi dari buku jadul yang rilis pada tahun 1964 karangan Richard Matheson.

Sama seperti penulis lain di daftar ini, ia merasa kesal dengan film adaptasinya yang dianggap berbeda dengan bukunya, termasuk endingnya. Bahkan, film ini bukan merupakan adaptasi yang pertama.

Film The Last Man on Earth dan The Omega Man yang menjadi pendahulu sama-sama dianggap gagal dan mengecewakan sang penulis.

6. Mary Poppins (1964)

Film Adaptasi Novel Dibenci Penulis 6 8e545
Sumber foto: IMDb

Film jadul Mary Poppins dirilis pada tahun 1964 dan meninggalkan banyak kenangan berharga untuk anak kecil saat itu.

Hanya saja, sang penulis P.L. Travers tidak terlalu menyukainya. Alasannya, pengeditan skrip yang diajukan Travers sebagian besar diabaikan begitu saja.

Ia membenci hampir semuanya, mulai dari pakaian Poppins yang kurang ketat, adegan animasi, musik, bahkan casting-nya yang dianggap tidak pas.

Bahkan awalnya Disney takut mengundangnya ke penayangan perdana. Di saat menonton filmnya, Travers menyesal telah menjual haknya hingga menangis.

7. The Shining (1980)

Film Adaptasi Novel Dibenci Penulis 7 7ef30
Sumber foto: Talking Flicks

Film thriller terkenal, The Shining, juga tidak luput dibenci oleh penulisnya yang asli, Stephen King. Ia menyatakan secara terbuka tidak menyukai apa yang dilakukan oleh Stanley Kubrick, sang sutradara.

King mengatakan bahwa Kubrick tidak memahami kejahatan dari The Overlook Hotel sehingga ia menonjolkan kejahatannya melalui karakter.

Akibatnya, suasana supranaturalnya tidak terlalu kental. Selain itu, King juga kurang puas dengan penampilan Jack Nicholson karena ia terlihat sudah gila sejak adegan pertama.

Seharusnya, ada arc di mana karakter Jack Torrance yang diperankan Nicholson berusaha menjadi baik sebelum menjadi gila. Karakter Wendy pun dianggap misoginis.

Padahal, banyak penonton yang terkesan dengan film ini. Kita bisa melihat akting Nicholson yang berlarian di sekitar hotel seperti orang gila, meninggalkan ketakutan yang begitu mendalam.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa film adaptasi novel yang dibenci oleh penulis novelnya yang asli. Ternyata alasannya beragam ya, geng?

Kalau kamu gimana, geng? Setujukah dengan pendapat para penulis novelnya? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Prima Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Banner E72ae

7 Karakter Film yang Paling Menyebalkan, Dibenci Banyak Orang!

11 D4956

7 Aktor Film yang Sering Jadi Penjahat Kejam, Dibenci Penonton!

Banner E1191

7 Aktor yang Gak Bisa Menghafal Dialog Mereka Sendiri, Dibenci Sutradara?

Banner Jadi 5d8c9

7 Film yang Dibenci Banyak Orang Padahal Belum Dirilis, Netizen Galak!

7 Film Yang Dibenci Kritikus Tapi Dicintai Penonton Rating Gak Penting 60cd0

7 Film yang Dibenci Kritikus Tapi Dicintai Penonton, Rating Gak Penting?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal