Fitur Baru Facebook Bikin Makin Gampang Cari Jodoh | Tinder Kalah Saing?

Default

Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, tentu Facebook selalu berusaha menghadirkan layanan-layanan baru yang memanjakan penggunanya.

Salah satu yang terbaru adalah layanan Facebook Dating. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa Facebook Dating bisa mengalahkan dominasi Tinder.

Lantas, apa perbedaan antara Facebook Dating dan Tinder? Benarkah layanan ini bisa memudahkan kita dalam menemukan jodoh? Yuk, simak ulasan Jaka selengkapnya!

Apa Itu Facebook Dating?

Facebook Dating bukanlah aplikasi terpisah seperti Messenger. Facebook Dating merupakan sebuah fitur baru yang bisa diakses melalui Facebook.

Produk layanan ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei tahun 2018. Baru pada bulan September lah layanan ini resmi diluncurkan di Amerika Serikat dalam bentuk uji coba di Kolombia.

Setelah itu, Facebook melakukan ekspansi pada bulan Oktober di Kanada dan Thailand.

Beberapa waktu yang lalu, Facebook Dating makin meluas dengan beroperasi di 19 negara, termasuk Malaysia, Singapura, Filipina, Laos, dan Vietnam.

Negara lain yang sudah bisa memanfaatkan fitur ini adalah Brazil, Peru, Chili, Bolivia, Ekuador, Paraguay, Uruguay, Guyana, dan Suriname.

Salah satu alasan mengapa Facebook mengembangkan layanan ini adalah karena sebanyak 200 juta orang menuliskan status mereka di Facebook sebagai single alias jomblo.

Fitur Facebook Dating

Facebook Dating 1 5df88

Sebagai layanan kencan, Facebook Dating memiliki beberapa fitur yang akan memudahkan pengguna Facebook untuk memperkenalkan dirinya.

Yang pertama, kamu bisa memiliki profil yang berbeda untuk Facebook Dating. Jadi, seandainya kamu ingin mencitrakan dirimu dengan baik, kamu bisa melakukannya dengan fitur ini.

Jika kamu ditemukan orang yang sekiranya cocok untuk kamu, maka layanan ini akan membiarkan kalian untuk saling menghubungi.

Pengguna dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan lokasi, jumlah anak, agama, usia, bahkan tinggi badan. Pencarian bisa dilakukan hingga rentang jarak 100 km.

Keunggulan lain dari layanan ini adalah kamu tidak perlu membuat akun atau aplikasi baru. Kamu hanya perlu menggunakan akun Facebook-mu untuk menggunakan layanan ini.

Kalau kamu menemukan orang yang mau berbuat aneh-aneh, layanan ini menyediakan fitur block dan report users.

Cara Menggunakan Facebook Dating

Facebook Dating 2 Cc8ef

Sama seperti yang sudah Jaka sebutkan sebelumnya, kamu perlu memiliki akun Facebook, lantas membuat profil kedua yang akan digunakan untuk layanan Facebook Dating.

Kamu akan diminta untuk menuliskan informasi-informasi pribadi seperti nama, lokasi, jenis kelamin, dan tertarik kepada lawan jenis yang seperti apa.

Setelah kamu selesai mengisi profil, Facebook akan mencarikan pasangan yang cocok sesuai dengan kriteria idamanmu.

Kamu tidak akan dipasangkan dengan siapapun yang sudah menjadi teman di Facebook. Artinya, kamu hanya akan diperkenalkan dengan orang asing yang belum pernah kamu kenal sebelumnya.

Akan tetapi, Facebook Dating juga memiliki fitur yang tergolong baru, yakni Secret Crush. Dengan ini, kamu bisa menambahkan teman Facebook-mu ke dalam daftar crush-mu!

Lantas, teman yang dimasukkan ke dalam daftar akan diberi notifikasi bahwa mereka telah dimasukkan ke dalam daftar Secret Crush.

Kalian bisa saling chat di Facebook Dating apabila mereka juga memasukkanmu ke dalam Secret Crush mereka. Seru bukan?

Beda Facebook Dating dan Tinder

Facebook Dating 3 6d710

Tinder merupakan salah satu aplikasi kencan yang paling populer. Kamu akan mendapatkan banyak rekomendasi calon pasangan.

Mekanisme yang digunakan pada Tinder adalah right-or-left swiping. Jika kamu tertarik, usap ke kanan. Jika tidak, usap ke kiri.

Pada Facebook Dating, jika ada orang yang tidak kamu inginkan, kamu bisa menekan tombol Not Interested.

Sama dengan Tinder, Facebook Dating juga memungkinkan kamu untuk chatting dengan orang yang kamu anggap cocok untuk kamu.

Namun, alih-alih hanya memperlihatkan pasangan yang berjarak dekat denganmu, Facebook Dating akan memasangkanmu dengan orang yang memiliki mutual friends, hobi, dan ketertarikan yang sama.

Kalau di Tinder kamu harus saling like agar bisa chatting, di Facebook Dating, kamu bisa mengirim satu pesan ke siapa pun. Tapi kamu baru bisa mengirim pesan lagi jika ada balasan.

Facebook Dating memiliki fitur chatting-nya sendiri, sehingga kamu tidak perlu menggunakan Facebook Messenger.

Selain itu, kamu hanya bisa bertukar teks tanpa bisa mengirim gambar, video, ataupun yang lainnya.

Bos Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa layanan ini dirilis untuk membentuk hubungan jangka panjang, bukan sekadar cinta satu malam.

Apakah jodohmu ada di fitur terbaru dari facebook ini, geng?

Akhir Kata

Sayangnya, layanan Facebook Dating ini belum tersedia di Indonesia. Mungkin, alasannya adalah tidak banyak orang yang menggunakan aplikasi cari jodoh di Indonesia.

Akan tetapi, jika suatu saat layanan ini akan hadir di Indonesia, Jaka yakin Facebook Dating mampu membuatmu menemukan jodoh lebih cepat seandainya sudah ditakdirkan!

Terkait persaingannya dengan Tinder, Jaka yakin Facebook Dating mampu memberikan perlawanan yang sengit.

Meskipun tergolong baru, setidaknya Facebook memiliki modal yang lumayan. Apalagi jika bukan penggunanya yang mencapai 2 miliar pengguna aktif setiap hari.

Kamu pernah mencoba aplikasi pencari jodoh yang lain? Kalau iya, aplikasi apa saja? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengatasi Facebook Error Banner 649f3
Cara Mengatasi Facebook Error di Aplikasi & Website, Gak Pake Repot!
Cara Hack Fb Bd8c9 6a369
Cara Hack Facebook Orang Lain Terbaru 2021 & Tips Mencegahnya!
Cara Download Video Di Fb Lite 58509
Cara Download Video di Facebook Lite 2021, Mudah & Praktis!
Fitur Tersembunyi Facebook Banner 406d0
8 Fitur Tersembunyi Facebook yang Wajib Kamu Tahu (Update 2019)
Trik Tersembunyi Facebook Messenger Banner 7fd1d
Ini 7 Trik Tersembunyi Facebook Messenger yang Perlu Kamu Ketahui!
Cara Memblokir Facebook Orang 58ce3
Hindari Para Stalker, Ini Cara Memblokir Facebook Orang Lain
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal