J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Efek Positif Menonton Film Horor untuk Kesehatan, Bisa Bikin Kurus!

7 Efek Positif Menonton Film Horor untuk Kesehatan, Bisa Bikin Kurus!

Selasa, 14 Jan 2020, 12:00 WIB
Siapa bilang nonton film horor hanya bikin jantungan? Di sini Jaka mau membahas 7 efek positif menonton film horor untuk kesehatan!

Jaka sadar, kebanyakan artikel yang Jaka persembahkan di sini adalah banyolan-banyolan nggak jelas tapi kali ini Jaka mau membagikan sesuatu yang bermanfaat, geng!

Sekarang, Jaka ingin membahas tentang hal yang dapat membantu kesehatan kalian melalui cara yang aneh bin ajaib tapi berdasarkan ilmu pengetahuan juga kok.

Kalian tahu nggak kalau menonton film horor itu ternyata bisa memiliki efek positif pada kesehatan kalian selama dalam jumlah yang tidak berlebihan?

7 Efek Positif Menonton Film Horor untuk Kesehatan

Jaka nggak bohong karena berdasarkan riset yang dilakukan di University of Westminster, menonton film horor memiliki efek positif untuk kalian.

Dan efek positif ini bersifat keseluruhan karena bisa membantu kesehatan fisik, mental, serta emosi kalian, geng!

Buat kalian yang sudah penasaran, di sini Jaka persembahkan 7 efek positif menonton film horor untuk kesehatan!

1. Dapat Memacu Adrenalin dan Meningkatkan Energi Kamu

Adrenaline Rush D7129

Solusi baru dari Jaka kalau kamu ngantuk daripada buang-buang duit beli es kopi susu adalah kamu sebaiknya menyempatkan diri nonton film horor, geng!

Seperti kafein dalam kopi yang bisa memicu pelepasan hormon adrenalin, film horor juga dapat memiliki efek yang sama.

Teknik yang digunakan seperti jumpscare dapat memicu respons fight or flight dalam tubuh kamu yang memicu aktivitias kelenjar adrenal kamu loh.

Makanya, buat kalian yang butuh tambahan energi untuk mengerjakan tugas kuliah atau kantor, ada baiknya kalian istirahat sebentar dengan menonton film horor, geng!

2. Dapat Membantu Mengatasi Depresi

Depression 44f8d

Dari teman Jaka yang mengambil jurusan Psikologi, salah satu ciri-ciri orang depresi itu adalah kurangnya aktivitas yang dilakukan, alias sering menyendiri.

Kondisi depresi dapat membuat penderitanya nggak memiliki niat untuk melakukan aktivitas apapun yang dapat mengurangi level adrenalin di tubuh mereka.

Makanya, efek film horor yang dapat memacu adrenalin juga dapat membantu kamu jika kamu menderita depresi.

Hal ini juga yang menyebabkan aktivitas olahraga menjadi salah satu teknik perawatan untuk depresi karena olahraga dapat meningkatkan level adrenalin di tubuhmu, geng!

3. Sebagai Pembelajaran Kamu di Masa Depan

How To Survive 60402

Salah satu hal yang paling sering kita lihat di film horor adalah karakter protagonis yang seringkali melakukan hal bodoh dan membuat mereka kehilangan nyawa.

Nah, kesalahan bodoh ini bisa kalian lakukan sebagai pembelajaran jika kalian berada di posisi yang sama, geng!

Tentunya Jaka berharap kalian nggak akan pernah berhadapan dengan sekte pemuja setan tapi setidaknya kalian sekarang tahu hal yang nggak boleh kalian lakukan.

Apalagi kalau kalian menonton film horor yang terinspirasi dari kisah nyata karena situasi yang kalian tonton bisa saja terulang kembali.

4. Film Horor dapat Membantu Mengatasi Fobia Kamu

Acrophobia Bc3a3

Hanya diri kamu sendiri yang dapat mengalahkan ketakutan kamu tapi film tetap dapat membantu kamu melawan fobia kamu secara tidak langsung, geng!

Jaka sendiri dulu sangat takut dengan ketinggian tapi Jaka lambat laun berhasil mengatasi ketakutan ini melalui film, terutama film inspiratif The Walk.

Makanya, buat kalian yang mungkin memiliki fobia terhadap kedalaman laut, mungkin kalian bisa mencoba melawan ketakutan kalian melalui film Underwater.

Kalau langsung scuba diving di laut pasti kalian teriak-teriak tapi kalau cuma melihat di layar seharusnya bisa lebih diterima.

5. Film Horor Bisa Membantu Menguruskan Badan

Losing Weight Fd11b

Nah, yang satu ini pasti sangat menarik buat kalian yang untuk lari 5 kilometer saja sudah merasa ingin kembali ke sisi Tuhan.

Di penelitian ini, ditunjukkan bahwa respons yang dialami tubuhmu ketika menonton film horor dapat membakar kalori, geng!

Tentunya ini nggak bisa dibandingkan dengan olahraga tapi lumayan membantu kalau kalian sedang tidak dalam kondisi sempurna.

6. Menonton Film Horor Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Immune System 28d9c

Penggemar film horor nggak usah capek-capek mendapatkan imunisasi karena menonton film horor terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian loh.

Setelah menonton adegan yang sangat menegangkan, otak kita akan memasuki mode istirahat dan mengeluarkan beberapa zat kimia, geng!

Zat kimia tersebut, seperti serotonin dan dopamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan menjaga aktivitas otak.

Selain itu, sel darah putih di dalam tubuh kamu juga bereaksi melihat ancaman penjahat yang ada di layar yang juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Makanya, jika kamu sedang sakit tapi nggak bisa tidur, menonton film horor dapat mendorong tubuh kamu untuk bekerja lebih keras dalam melawan penyakitmu, geng!

7. Film Horor Dapat Membangun Hubungan

Membangun Hubungan D7629

Menderita sendirian sebenarnya nggak enak tapi menderita bareng-bareng dapat membangun hubungan tersendiri antara penderitanya.

Makanya kita pas kuliah sering diharuskan menjalani proses orientasi yang bertujuan membangun kekompakan diantara mahasiswa baru, geng!

Dengan alasan yang sama, film horor juga dapat membangun hubungan ketika kamu menontonnya bareng temen atau seseorang yang kamu harap menjadi lebih dari teman.

Makanya, menonton film horor sering dijadikan taktik untuk menjalankan aksi romantis dan memang taktik memiliki dasar ilmu pengetahuan.

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 efek positif menonton film horor untuk kesehatan kita. Memang aneh tapi ternyata ditakut-takutin bisa membuat hidup kita lebih panjang.

Buat kalian yang sampai sekarang menjauh dari film horor karena takut, ada baiknya kalian merubah posisi kalian dan mencoba nonton film horor di 2020, geng!

Bagaimana pendapat kalian mengenai manfaat nonton film horor di atas? Apakah kalian sudah pernah merasakan efeknya? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Horor atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Film Horor Dilarang Tayang Banner 3477e

10 Film Horor yang Dilarang Tayang, Adegannya Terlalu Sadis dan Menjijikkan!

9 Game Horor Indonesia Terbaik Yang Wajib Kamu Coba Bikin Merinding Disko 210ea

11 Game Horor Indonesia Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Auto Bikin Mimpi Buruk!

Alasan Hantu Film Perempuan Banner 0918b

5 Alasan Mengapa Hantu di Film Horor Kebanyakan Perempuan, Lebih Serami?

1490 L Bbf52

5 Film Horor yang Terkena Kutukan Sungguhan

Film Horor Indonesia Berdasarkan Kisah Nyata 13f49

7 Film Horor Indonesia yang Diangkat dari Kisah Nyata | Bikin Merinding!

Banner E4afd

7 Film Horor Hollywood Dengan Pendapatan Terbesar, Kebanyakan Film Horor Jadul!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Film Horor dengan Konsep Anti Mainstream, Lebih Ngeri dari Kuyang!

Film Horor dengan Konsep Anti Mainstream, Lebih Ngeri dari Kuyang!

7 Film Horor yang Membuat Orang Dipenjara atau Dituntut di Pengadilan

7 Film Horor yang Membuat Orang Dipenjara atau Dituntut di Pengadilan

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Horor yang Bikin Trauma Waktu Kecil, Bikin Gak Bisa Tidur!

7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?

7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal