J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film dengan Penggunaan CGI Paling Konyol, Buang-buang Duit!

7 Film dengan Penggunaan CGI Paling Konyol, Buang-buang Duit!

Rabu, 7 Okt 2020, 18:30 WIB
Adegan di film-film berikut menggunakan efek CGI hanya karena alasan konyol dan nggak penting. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Penggunaan efek CGI (computer-generated imagery) sudah umum dilakukan di berbagai film Hollywood, bahkan Indonesia. Penggunaan teknologi canggih dan mahal ini bisa membantu sebuah film menjadi lebih realistis.

Meskipun demikian, kadang ada juga film-film yang menggunakan efek CGI secara amburadul, sehingga bukannya membuat film tersebut menjadi tampak meyakinkan, tapi malah mengerikan.

Nah, kalau penggunaan efek CGI di 7 film berikut ini dilakukan karena alasan-alasan konyol yang terjadi selama proses produksi. Kru yang bekerja di balik layar terpaksa menganggarkan dana sangat besar hanya untuk menciptakan efek yang sebenarnya nggak terlalu signifikan.

Kalau kamu sudah penasaran dengan efek CGI payah apa saja yang digunakan, simak penjelasan Jaka berikut ini.

7 Film dengan Efek CGI Paling Absurd

Mulai dari aktor yang menolak untuk melakukan adegan tertentu, membuat wajah tampak lebih muda, hingga menambahkan hal sepele yang sebenarnya nggak berpengaruh besar terhadap keseluruhan jalan cerita menjadi beberapa alasan konyol penggunaan efek CGI dalam film.

Meskipun mahal, namun filmmakers rela mengeluarkan dana besar untuk memberikan efek CGI yang harapannya mampu meningkatkan kualitas film produksi mereka. Tapi, apakah cara tersebut berhasil?

1. Blade: Trinity (2004)

Blade Trinity 6deb4

Bintang film Blade: Trinity, Wesley Snipes, memang dikenal nggak akrab dengan sutradara film ini, yaitu David S. Goyer. Hubungan mereka sangat buruk sampai-sampai pernah berkomunikasi hanya melalui notes Post-it.

Nggak hanya sampai di situ, ketegangan ini juga berlanjut saat proses syuting. Dalam salah satu scene di kamar mayat, Goyer meminta Snipes untuk tiduran di meja dan membuka matanya ketika diberi aba-aba.

Namun, Snipes menolak arahan sang sutradara dan tetap menutup matanya sepanjang adegan berlangsung. Alhasil, editor film ini harus menggunakan CGI untuk membuat mata Snipes terlihat terbuka.

2. John Wick (2014)

John Wick 0aaa0

Sutradara film John Wick, Chad Stahelski, mengungkapkan bahwa ia dan timnya nggak berhasil memberikan laksatif alias obat pelancar pencernaan untuk anjing milik John Wick (Keanu Reeves). Padahal, mereka butuh anjing ini supaya bisa BAB.

Oleh karena itu, Stahelski dan para kru lain memutuskan untuk membuat kotoran anjing dengan teknologi CGI yang menghabiskan dana sebesar 5.000 USD atau Rp74 juta.

Tapi, hasilnya justru terlihat kurang realistis, geng. Bukannya diam di tempat, kotoran tersebut malah seolah melayang di atas rumput.

3. Herbie: Fully Loaded (2005)

Herbie Fully Loaded 2ccbe

Lindsay Lohan yang menjadi pemeran utama film Herbie: Fully Loaded ternyata juga nggak luput dari efek CGI konyol, lho, geng.

Aktris yang kariernya hancur akibat reality show ini dianggap memiliki ukuran dada yang terlalu besar, sehingga efek CGI pun diberikan supaya dada Lohan terlihat lebih kecil.

Keputusan ini diambil setelah perilisan terbatas film Herbie: Fully Loaded. Banyak penonton yang protes dan mengatakan bahwa Lohan terlihat terlalu sensual di film yang harusnya ramah anak ini.

4. Trilogi The Hobbit (2012-2014)

The Hobbit 22c68

Bagi kamu yang gemar nonton trilogi The Lord of the Rings (2001-2003) yang menjadi sekuel dari trilogi The Hobbit, pasti sudah nggak asing dengan karakter Legolas (Orlando Bloom). Nah, Peter Jackson selaku sutradara memutuskan untuk memasukkan Legolas ke trilogi The Hobbit juga.

Tapi, cerita di film kedua dan ketiga trilogi The Hobbit, The Desolation of Smaug (2013) dan Battle of the Five Armies (2014), memiliki timeline sebelum karakter Legolas di trilogi The Lord of The Rings diperkenalkan kepada para penonton.

Oleh karena itu, Jackson memutuskan untuk membuat Bloom menjadi tampak jauh lebih muda dengan bantuan CGI. Namun, wajah Bloom jadi kelihatan terlalu mulus, serta matanya dibuat berwarna biru yang nggak natural.

5. Avengers: Endgame (2019)

Avengers Endgame D7d2a

Film yang menjadi puncak 11 tahun perjalanan Marvel Cinematic Universe ini memiliki banyak efek CGI keren yang membuat pertarungan antara para Avengers dan Thanos terlihat sangat nyata. Tapi, bukan berarti nggak ada efek CGI absurd dalam film ini, geng.

Pada awal film, ada adegan ketika Captain Marvel (Brie Larson) terbang di luar angkasa. Karena sebenarnya luar angkasa adalah ruang vakum alias nggak ada udara, rambut Captain Marvel seharusnya nggak bisa berkibar-kibar seperti di film, dong?

Benar saja, hal tersebut adalah efek CGI yang ditambahkan pada masa pasca produksi. Saat syuting, Larson diminta menggunakan penutup kepala supaya rambutnya nggak kelihatan. Kemudian, rambut digital akan ditambahkan ke kepalanya saat proses editing.

6. Fear and Loathing in Las Vegas (1998)

Fear And Loathing In Las Vegas 99379

Nggak hanya di film Avengers: Endgame, penambahan rambut dengan teknologi CGI juga dilakukan kepada Tobey Maguire di film adaptasi novel berjudul sama, Fear and Loathing in Las Vegas.

Akibat tim produksi lupa menyertakan klausul di kontrak bahwa ia harus mencukur habis seluruh rambutnya supaya bisa dipasangi wig, Maguire hanya mau melakukan hal tersebut kalau dibayar 15.000 USD atau sekitar Rp200 juta.

Terry Giliam selaku sutradara lantas meminta Maguire menggunakan bald cap dan menambahkan rambut panjang warna pirang di kepalanya. Meskipun akhirnya menelan dana lebih dari 15.000 USD, namun banyak penonton yang mengira rambut tersebut asli karena sangat realistis.

7. Blood Diamond (2006)

Blood Diamond E4f64

Seorang aktor dituntut untuk mampu menyampaikan emosi kepada para penonton melalui akting mereka. Nggak cuma adegan bahagia, mereka juga harus bisa berakting sedih secara meyakinkan.

Oleh karena itu, ketika akting sedih Jennifer Connelly menjelang akhir film Blood Diamond dianggap kurang dramatis, Edward Zwick selaku sutradara memutuskan untuk meningkatkan performa Connelly dengan bantuan CGI.

Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan air mata CGI di wajah Connelly, bahkan tanpa sepengetahuan sang aktris.

Akhir Kata

Itu dia 7 penggunaan efek CGI paling konyol dan bisa dibilang nggak penting yang pernah dilakukan di film. Kalau menurutmu, apakah film-film di atas menjadi lebih baik berkat efek CGI yang diberikan? Atau sebenarnya nggak berpengaruh sama sekali?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Robot Terbaik 2020 86b60

10 Film Robot Terbaik & Terbaru 2020, CGI-nya Gak Kaleng-Kaleng!

Alasan Film Superhero Tanpa Cgi Ga Laku 01a06

5 Alasan Film Superhero Tanpa CGI Gak Bakal Laku, Demi Cuan?

Banner 395f8

5 Alasan Kenapa Film DC Lebih Gelap Dibandingkan Marvel, CGI-nya Jelek?

1de38743b02955b0e550da22c7b721b8

5 Film Ini Dipenuhi Efek Visual Paling Menakjubkan! Ada yang Pernah Kamu Tonton?

T Rex Jurassic World Fallen Kingdom 2018 Movie Monsters Vault 1 B8b10

5 Suara Efek Pada Film-Film Besar Dunia yang Ternyata Cara Pembuatannya Super Aneh

Film Cgi Jelek Untung Besar

5 Film Hollywood dengan CGI Terjelek, Tapi Malah Untung Besar

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Film Petualangan dengan Efek CGI Terburuk | Maksa Banget Efeknya!

7 Film Petualangan dengan Efek CGI Terburuk | Maksa Banget Efeknya!

7 Adegan CGI Terburuk di Film Action, Mirip Sinetron Naga Terbang!

7 Adegan CGI Terburuk di Film Action, Mirip Sinetron Naga Terbang!

7 Film dengan Biaya Termahal Hanya untuk CGI, Hasilnya Memukau?

7 Film dengan Biaya Termahal Hanya untuk CGI, Hasilnya Memukau?

Percaya Gak, Ini 7 Film Indonesia dengan Kualitas CGI Terbaik!

Percaya Gak, Ini 7 Film Indonesia dengan Kualitas CGI Terbaik!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal