J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Easter Egg Gundala, Banyak Petunjuk Untuk Film Selanjutnya!

Selasa, 3 Sep 2019, 14:30 WIB
Sudah nonton film superhero Indonesia Gundala? Kalau sudah, langsung baca aja artikel Jaka yang satu ini, banyak easter egg bertebaran!

Yang sudah nonton film Gundala angkat tangan! Film yang diangkat dari komik karya Hasmi ini baru saja tayang pada minggu kemarin dan mendapatkan respon yang positif dari penonton.

Film ini dianggap sebagai film yang cocok sebagai pembuka Jagad Sinema Bumilangit dan dianggap membuka genre baru untuk perfilman Indonesia.

Nah, kalau kamu udah nonton film tersebut, Jaka punya beberapa easter egg yang mungkin enggak kamu sadari. SPOILER ALERT!!!

Easter Egg Gundala

Yang namanya sebuah film, sering kali memiliki easter egg tersembunyi yang kadang tidak disadari oleh penonton.

Dari berbagai sumber, Jaka telah mengumpulkan beberapa easter egg tersembunyi dari film superhero Indonesia, Gundala.

Jaka ingatkan sekali lagi, untuk kamu yang belum nonton mending jangan lanjut baca karena akan ada banyak spoiler bertebaran!

1. Awang Alias Godam

Easter Egg Gundala 1 Ee8ce
Sumber foto: Bumilangit

Ketika Sancaka meninggalkan rumahnya dan mulai hidup di jalanan, ia sempat dikeroyok oleh sekelompok anak jalanan. Untunglah, ia diselamatkan oleh seorang remaja bernama Awang.

Kalau kamu pernah membaca komik-komik superhero Indonesia, pasti sadar bahwa Awang adalah nama asli dari superhero bernama Godam yang nantinya akan diperankan oleh Chicco Jerikho.

Kita bisa melihat perpisahan antara Sancaka dan Awang yang harus pergi ke Tenggara. Mungkin, kita akan melihat aksi Awang di film Godam dan Tira nanti.

2. Wulan Sang Merpati

Easter Egg Gundala 2 424ea
Sumber foto: Bobo

Salah satu sidekick Sancaka di film ini adalah Wulan yang diperankan oleh Tara Basro. Nah, di komiknya, Wulan ini merupakan superhero Indonesia yang lain loh, geng!

Sedhah Esti Wulan, di versi komiknya, merupakan seorang wartawati yang cerdas dan menguasai ilmu bela diri. Suatu ketika, ia jatuh ke jurang namun diselamatkan oleh gerombolan merpati.

Ia dibawa ke hadapan ratu merpati dan dimasukkan ke dalam ramuan ajaib yang membuatnya menjadi superhero bernama Merpati.

Merpati ini diceritakan sebagai kekasih Gundala, yang sudah terendus di filmnya. Bisa jadi, Wulan baru berubah menjadi Merpati di film sekuel Gundala atau Patriot, Avengers-nya Indonesia.

3. Bapak dan Ibu

Easter Egg Gundala 3 A6af2
Sumber foto: YouTube

Kalau kamu penggemar film-film garapan Joko Anwar, pasti enggak asing dengan istilah Ibu di film horor Indonesia, Pengabdi Setan.

Di film ini, Joko menggunakan istilah Bapak untuk menyebut musuh utama Gundala, Pengkor. Ia disebut Bapak karena sudah mengasuh banyak anak yatim untuk menjadi pembunuh berbahaya.

Fakta menarik lainnya, ketika Sancaka berusaha memperbaiki headphone milik adik Wulan bernama Teddy, terdengar lagu Kelam Malam yang menjadik soundtrack Pengabdi Setan.

Bisa dibayangkan betapa menyeramkannya jika Bapak dan Ibu ini bersatu!

Easter Egg Lainnya . . .

4. Hannah Al Rashid Memerankan Dua Karakter?

Easter Egg Gundala 4 A8b1e
Sumber foto: Liputan6

Ketika perkenalan pemeran-pemeran karakter Jagad Sinema Bumilangit, kita bisa melihat Hannah Al Rashid menjadi salah satu superhero bernama Camar.

Akan tetapi di film Gundala kemarin, kita bisa melihat Hannah memerankan karakter Cantika, salah satu anak yatim didikan Pengkor alias Bapak.

Tentu kita jadi bertanya-tanya, apakah Hannah memerankan dua karakter di Jagad Sinema Bumilangit? Apalagi, kedua karakter tersebut berbeda era.

Camar, seharusnya berada di era Jawara bersama Si Buta dari Gua Hantu dan Mandala. Atau ada hubungan tersembunyi antara Camar dan Cantika?

5. Sri Asih!

Easter Egg Gundala 5 68fc3
Sumber foto: Kompas

Salah satu momen yang membuat penoton berteriak histeris adalah ketika terlihat sesosok wanita yang muncul tiba-tiba dan menghentikan mobil yang membawa anti serum amoral.

Siapa wanita cantik tersebut? Dia adalah Sri Asih yang diperankan oleh Pevita Pearce, salah satu superhero wanita terkuat di Jagad Sinema Bumilangit.

Kemunculannya ini menjadi bocoran kecil mengenai kemampuannya yang akan kita saksikan secara lengkap di film solonya nanti. Apalagi, Pevita juga muncul di post credit.

6. Ghani Zulham Disingkat Ghazul!

Easter Egg Gundala 6 88a65
Sumber foto: Bumilangit

Menurut Jaka, salah satu hal yang mengejutkan adalah kemunculan karakter Ghani Zulham yang ternyata merupakan Ghazul, salah satu musuh terberat Gundala.

Diperankan oleh Ario Bayu, karakter Ghazul terlihat sedang membangkitkan seseorang yang kemungkinan akan menjadi musuh terkuat di Jagad Sinema Bumilangit.

Kenapa mengejutkan? Di versi komiknya, Ghazul memiliki nama asli Margazulli dan memiliki tangan robotik karena kecelakaan nuklir.

7. Ki Wilawuk

Easter Egg Gundala 7 Bd349
Sumber foto: Bumilangit

Siapa yang hendak dibangkitkan oleh Ghazul? Siapa lagi kalau bukan Ki Wilawuk yang, secara mengejutkan, diperankan oleh Sujiwo Tejo.

Kemungkinan besar, karakter inilah yang menjadi penghubung antara era Jawara dan era Patriot. Apalagi, terdengar Ghazul dan Ki Wilawuk berbicara menggunakan bahasa Jawa Kawi.

Di komiknya, Ki Wilawuk dikalahkan oleh Tumenggung Wiralaga. Kepala dan tubuhnya dikubur secara terpisah, seperti yang kita lihat di film Gundala.

Ia bersumpah untuk membalas dendam kepada semua keturunan Tumenggung Wiralaga. Apakah Sancaka termasuk?

Akhir Kata

Sebagai film superhero yang jadi pembuka Jagad Sinema Bumilangit, tentu film Gundala juga masih memiliki banyak kekurangan yang harus dibenahi.

Akan tetapi, tentu film Gundala ini menjadi angin segar untuk perfilman Indonesia karena membawa sesuatu yang baru untuk penonton Indonesia.

Baca juga artikel seputar Superhero atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Superhero Marvel Dc Dari Indonesia D9d98

Enggak Nyangka, 2 Superhero Marvel dan DC Ini Ternyata dari Indonesia!

Kematian Menyedihkan Film Superhero Banner 80eb2

11 Kematian Paling Menyedihkan di Film Superhero, Bikin Nyesek!

Film Superhero Gagal Banner 78548

10 Film Superhero Terburuk | Nomor 6 Bikin Marvel Hampir Gagal!

Superhero Paling Populer Banner A5a4c

10 Superhero Paling Populer Sepanjang Masa, Marvel Kalah Telak dari DC?

Film Superhero Terbaik A10b4

12 Film Superhero Terbaik Sepanjang Masa | No. 1 Bukan Avenger!

Momen Terbaik Avengers Endgame Banner 392b8

SPOILER ALERT! Ini 12 Momen Terbaik dari Avengers: Endgame, Bikin Susah Move On!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Bocoran Urutan Film Jagat Sinema Bumilangit, Bakal Ada Avengers Versi Lokal?

Bocoran Urutan Film Jagat Sinema Bumilangit, Bakal Ada Avengers Versi Lokal?

7 Easter Egg Paling Mencengangkan di Film Superhero, Ada yang Dari Indonesia!

7 Easter Egg Paling Mencengangkan di Film Superhero, Ada yang Dari Indonesia!

7 Film Superhero Indonesia Terbaik 2020, Lebih Bagus dari Avengers?

7 Film Superhero Indonesia Terbaik 2020, Lebih Bagus dari Avengers?

7 Superhero Asli Indonesia, Nggak Kalah dari The Avengers!

7 Superhero Asli Indonesia, Nggak Kalah dari The Avengers!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal