J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

WAJIB Coba! Inilah 5 Distro Linux Untuk Pemula yang Mudah Dipelajari

WAJIB Coba! Inilah 5 Distro Linux Untuk Pemula yang Mudah Dipelajari

Selasa, 11 Jul 2017, 13:30 WIB
Dari banyaknya Distro Linux tercipta, ini rekomendasi 5 Distro Linux untuk pemula dan mudah dipelajari banyak orang.

Linux merupakan keluarga sistem operasi open source yang paling terkenal hingga saat ini dan menjadi salah satu pesaing Windows selain Mac. Linux ini sendiri banyak dipilih karena sejumlah faktor mulai dari lisensinya yang gratis karena bersifat open source hingga kemampuannya yang dianggap lebih powerful ketika berbicara masalah hacking.

Saat ini, sebenarnya sudah cukup banyak orang yang mulai berpindah ke Linux ini, walaupun harus diakui hal tersebut belum cukup untuk membuat Linux menjadi sistem operasi nomer satu.

Terlepas dari masalah tersebut, sebenarnya sistem operasi Linux merupakan sistem operasi yang sangat keren dan patut kalian coba.

Nah, untuk kalian yang ingin mencoba sistem operasi Linux, kali ini Jaka telah merangkum beberapa distro atau varian Linux yang paling cocok dan paling mudah digunakan sehingga bahkan para pemula pun bisa dengan cepat memahami penggunaannya.

Apa saja distro Linux yang Jaka maksud? Berikut ulasannya.

BACA JUGA
  • Apakah Benar Linux Lebih Cepat dari Windows?
  • Menjalankan Aplikasi Android di Linux Kini Lebih Mudah dengan Anbox, Begini Caranya
  • 5 Distro Linux Terbaik Dengan Tampilan Cantik Dan Mudah Digunakan

Distro Linux Untuk Pemula

1. Ubuntu

0d17fee10d77922a5ea99a468c470fda
Foto: askubuntu.com

Distro Linux Untuk Pemula pertama adalah Ubuntu. Ubuntu merupakan salah satu distro Linux paling terkenal dan paling banyak digunakan hingga saat ini.

Proses instalasi yang mudah dan cepat serta adanya layanan trial yang memungkinkan kalian mencoba distro yang satu ini sebelum benar-benar melakukan instalasi menjadi alasan utama kenapa banyak orang menggunakan distro yang satu.

Selai itu, komunitas pencinta dan pengguna Linux Ubuntu yang sudah sangat besar (seperti ubuntuforums dan askubuntu) akan memudahkan para pemula dalam mencari bimbingan serta sejumlah tutorial dalam menggunakan distro yang identik dengan kombinasi warna orange dan ungu ini.

2. Mint

6f295814f8c9e80eb0bed7364b94d74e
Foto: linuxmint.com

Selain Ubuntu, kalian pastinya sering mendengar nama Linux Mint. Distro Linux yang satu ini sendiri merupakan salah satu distro terkenal lainnya selain Ubuntu.

Tampilan yang terlihat sederhana namun keren disertai dengan penempatan aplikasi-aplikasi ke dalam sebuah grup sehingga memudahkan pengguna mengakses aplikasi-aplikasi tersebut menjadi alasan kenap distro yang satu ini menjadi sangat populer seperti layaknya Ubuntu.

Selain itu, jika dilihat dari kacamata para pengguna Windows, Linux Mint ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Windows 7 sehingga bagi mereka yang baru saja berpindah dari Windows 7 tidak akan membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

3. Zorin OS

3a69c08634bf909aeb616a6653fd66f7
Foto: linux.wikia.com

Jika kalian mencari distro Linux yang benar-benar mirip dengan Windows 7, kalian bisa mencoba distro Zorin OS ini. Distro Linux untuk pemula yang satu ini merupakan hasil modifikasi dari Ubuntu yang sengaja didesain semirip mungkin dengan sistem operasi Windows 7 mulai dari tombol start hingga ke taskbar.

Salah satu fitur yang menarik dari distro ini adalah adanya aplikasi Zorin Look Changer yang memungkinkan pengguna mengubah tema sistem operasi ini ke Windows atau Mac varian apa pun.

4. Elementary OS

5c94183a6f9757bf2911ef3695f77b1b
Foto: linux.com

Jika Zorin OS dibuat mirip dengan sistem operasi Windows 7, maka Elementary OS merupakan sistem operasi yang sengaja dibuat mirip dengan sistem operasi besutan Apple yaitu Mac sehingga pastinya akan memudahkan bagi para pengungsi sistem operasi Mac dalam menyesuaikan diri. Sama seperti Zorin OS, sistem operasi ini juga merupakan modifikasi dari disto Ubuntu.

Ketika kalian pertama kali menggunakan distro yang satu ini, kalian pasti akan menyadari kalau Elementary OS ini sangat mirip dengan Mac karena adanya semacam list aplikasi di bagian tengah bawah layar yang akan memudahkan pengguna dalam mengakses sejumlah aplikasi secara cepat (mirip seperti fitur list aplikasi yang ada di Mac).

5. Fedora

E79986654c7ab307575a315105f3a923
Foto: linux.softpedia.com

Fedora merupakan salah satu distro Linux yang terkenal karena tampilannya yang dianggap oleh kebanyakan pengguna sangat menarik dan kemudahan mengakses berbagai aplikasi. Komunitas yang cukup besar (meskipun tidak sebesar Ubuntu atau Mint), proses booting yang sangat cepat (kurang dari 20 detik) dan fitur keamanan SELinux yang akan memberikan pengamanan lebih menjadi alasan utama kenapa distro ini sangat populer. Untuk pengguna yang lebih mahir, Fedora merupakan salah satu distro Linux terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan virtualisasi.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 distro Linux untuk pemula dan mudah dipelajari, semoga bermanfaat dan selamat mencoba Linux. Saya sendiri merekomendasikan kalian mencoba Linux Ubuntu atau Mint, namun jika kalian ingin mencoba distro yang memberikan tampilan menarik, Fedora adalah yang terbaik.

Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Shutterstock Linuxransom

Setelah Bully Windows, Kini Linux Jadi Bulan-Bulanan WannaCry!

Banner Jalantikus Linuxps4

Ajaib! Begini Cara Instal Linux di PS4!

Linux Tux

Awas PC RUSAK! Ini Dia 5 Perintah Terminal Paling Berbahaya Di Linux

Perintah Dasar Linux Banner

Kumpulan Perintah Dasar di LINUX yang Wajib Kamu Ketahui

Programmer Lebih Suka Linux Banner

7 Alasan Kenapa Programer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

APPS TERKAIT
Ubuntu Icon
Ubuntu 14.04
Apps Ubuntu
Logo_Linux_Mint
Linux Mint 17 LTS Qiana (64-bit)
Apps Linuxmint
Cli Icon
Complete Linux Installer 2.8
Apps ZPwebsites
Windows 8 Logo
Windows 10 Technical Preview (32bit) Build 10049
Apps Microsoft Corporation
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Distro Linux Terbaik Dengan Tampilan Cantik Dan Mudah Digunakan

5 Distro Linux Terbaik Dengan Tampilan Cantik Dan Mudah Digunakan

5 Mitos Linux yang Salah Besar dan Masih Banyak Dipercaya oleh Penggunanya

5 Mitos Linux yang Salah Besar dan Masih Banyak Dipercaya oleh Penggunanya

7 Alasan Kenapa Programer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

7 Alasan Kenapa Programer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows

10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal