J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Dentuman Misterius di Indonesia di Awal 2021, Tanda Mau Kiamat?

Senin, 8 Feb 2021, 13:00 WIB
Dentuman keras yang terjadi secara beruntun di Indonesia membuat banyak orang berspekulasi. Bahkan ada yang bilang tanda kiamat!

Sepanjang Januari hingga awal Februari tahun 2021, masyarakat Indonesia dihebohkan oleh serangkaian suara gemuruh dan dentuman misterius yang terdengar di sejumlah daerah.

Paling baru adalah suara dentuman yang terdengar di kawasan Malang Raya sepanjang Selasa malam, 4 Februari 2021. Bahkan, dentuman tersebut mampu membuat kaca jendela rumah warga bergetar.

Banyak spekulasi dan teori konspirasi yang meliputi suara misterius tersebut. Mulai dari aktivitas militer, benda angkasa jatuh, bahkan yang paling menakutkan adalah tanda-tanda kiamat seperti yang digambarkan dalam film. Benarkah demikian?

Nah, dalam artikel ini Jaka merangkum deretan dentuman misterius yang terjadi di Indonesia pada awal tahun 2021. Simak daftarnya berikut ini.

1. Bali (24 Januari 2021)

Dentuman 1 Custom Fef1d

Pertama, warga Bali dikejutkan dengan suara dentuman besar yang terjadi pada 24 Januari sekitar pk. 10.27 WITA. Masyarakat pun sempat dibuat bingung mengenai sumber suara berasal.

Untungnya pada keesokan hari, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) merilis pernyataan yang menyebut jatuhnya meteor/asteroid sebagai sumber suara dentuman di Bali.

Hal tersebut dibuktikan dengan kesaksian warga daerah Buleleng yang melihat adanya jejak cahaya di langit tepat sebelum suara dentuman muncul.

2. Majene (26 Januari 2021)

Dentuman 2 Custom 36f0e

Hanya 2 hari setelah dentuman besar di Bali, giliran warga di Desa Maliaya, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat yang dibuat terkejut dengan adanya suara dentuman misterius.

Tercatat, suara dentuman yang terdengar oleh warga pada tanggal 26 Januari tersebut muncul sebanyak 2 kali, yakni pada pukul 09.00 WITA dan pukul 18.00 WITA.

Baik dari pihak BMKG maupun LAPAN masih menyelidiki suara tersebut. Namun, warga menduga bahwa suara dentuman itu berasal dari dasar laut dan punya keterkaitan dengan gempa yang sempat melanda kawasan mereka.

3. Lampung (28 Januari 2021)

Dentuman 3 Custom 1c86a

Tanggal 28 Januari, masyarakat wilayah Tanggamus, Lampung Utara, dan Pringsewu dikejutkan dengan rangkaian dentuman besar yang terdengar sejak pukul 22.00 WIB.

Warga sendiri memiliki spekulasi tersendiri mengenai asal dentuman tersebut. Ada yang mengatakan bahwa dentuman itu merupakan suara petir. Ada juga yang bilang bahwa suara dentuman berasal dari benda angkasa yang jatuh.

BMKG Lampung dalam pernyataan resminya masih menelusuri asal suara dentuman. Yang jelas, suara tersebut bukan berasal dari gempa bumi.

4. Surabaya (30 Januari 2021)

Dentuman 4 Custom 438c3

Sementara itu, menjelang penghujung Januari, warga Surabaya dikejutkan dengan suara dentuman keras yang terdengar dari wilayah utara hingga pusat kota.

Setelah dicari, ternyata suara yang terdengar pada 30 Januari pagi itu berasal dari acara rutin penerimaan taruna-taruni Angkatan Laut (AL), mirip seperti yang tergambar dalam film-film bertemakan perang.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kabag Ops Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kompol Eko Nur Wahyudion. Ia menyebut, faktor berkurangnya polusi udara di Surabaya akibat pandemi Covid-19 mengakibatkan jangkauan suara dentuman bisa terdengar sampai jauh.

5. Sukabumi (30 Januari 2021)

Dentuman 5 Custom 2f8b5

Di hari dan tanggal yang sama, warga sekitar Sukabumi mendengar suara dentuman keras selama beberapa kali sekitar pukul 19.00 WIB.

Suara tersebut, menurut Kepala Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, Daryono, menunjukkan adanya anomali gelombang seismik yang bisa saja terjadi di sesar terdekat Sukabumi.

Menurutnya, bentuk gelombang suara dentuman seismik yang terdeteksi sangat mirip dengan rekaman saat terjadi longsoran atau gerakan tanah. Tenang saja, hal tersebut sangat wajar terjadi dan nggak berbahaya.

6. Malang (4 Februari 2021)

Dentuman 6 Custom 14750

Yang paling baru, warga Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang) digegerkan dengan bunyi dentuman keras yang beruntun sepanjang Selasa malam, 4 Februari 2021.

Warga pun berspekulasi suara tersebut berasal dari Gunung Semeru ataupun Gunung Raung. BMKG Malang berhasil mengklarifikasi suara tersebut berasal dari fenomena alam bernama skyquake.

Skyquake merupakan fenomena suara dentuman di langit. Bunyinya sangat mirip seperti suara tembakan meriam, tembakan sonik, atau bahkan terompet.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai daftar dentuman misterius di Indonesia pada awal tahun 2021. Mengerikan juga ya karena beberapa tidak diketahui pasti dari mana sumber asli suaranya.

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal