J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Waduh! Clubhouse Terancam Diblokir Kominfo | Aplikasi Ini Ilegal?

Rabu, 17 Feb 2021, 12:00 WIB
Clubhouse terancam diblokir Kominfo? Padahal aplikasi ini tergolong baru dan tengah naik daun. Simak alasannya dalam artikel berikut ini.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) disinyalir akan memblokir aplikasi Clubhouse yang saat ini tengah naik daun di kalangan netizen.

Meski saat ini tengah mulai populer, aplikasi Clubhouse diketahui baru menjangkau para pengguna iOS saja.

Dilaporkan dari Metro, pengembang Clubhouse tengah mengerjakan versi Android dari aplikasi ini. Namun, belum diketahui kapan pastinya aplikasi ini tersedia di Play Store.

Melanjutkan soal ancaman pemblokiran ini, ternyata Clubhouse masih belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 5 Tahun 2020 yang diundangkan pada November lalu.

Clubhouse Harus Mendaftar di Kominfo

Download Aplikasi Clubhouse 3cfa5

"Sesuai PM Nomor 5 Tahun 2020, bagi (PSE) yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," terang Dedy seperti dikutip dari KompasTekno.

Kewajiban pendaftaran PSE seperti yang diatur dalam Pasal 2, pasal tersebut menyebutkan kalau, "Kewajiban melakukan pendaftaran bagi PSE Lingkup Privat dilakukan sebelum Sistem Elektronik mulai digunakan oleh Pengguna Sistem Elektronik".

Dedy berharap, Clubhouse agar dapat segera mendaftarkan diri sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku supaya tidak dikenai sanksi dan ancaman pemblokiran.

Berdasarkan keterangan yang ditambahkan Dedy, masa pendaftaran PSE di Indonesia terbuka selama enam bulan sejak peraturan tersebut diundangkan sejak 24 November tahun lalu.

Sehingga bisa dikatakan kalau Clubhouse memiliki waktu setidaknya hingga 24 Mei 2021 mendatang untuk mendaftarkan diri.

Apa Itu Clubhouse?

Clubhouse App 7077f

Clubhouse merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang berbasis audio dan pertama kali dirilis di Amerika Serikat (AS) Maret 2020 lalu. Jadi viral lantaran digunakan oleh Elon Musk.

Pengembang Clubhouse sendiri adalah perusahaan software Alpha Exploration Co. Melalui aplikasi ini, para penggunanya selain dapat melakukan streaming audio juga bisa membuat panggilan telepon, hingga bikin acara bertopik khusus dalam bentuk podcast.

Sehingga akan tampak layaknya sesi siaran langsung, seru bukan? Pengguna Clubhouse juga dapat mendengarkan streaming dari beragam kalangan selebritas atau influencer juga!

Bedanya, yang ditampilkan dalam aplikasi ini bukanlah video, tetapi hanya suara dari sejumlah konten kreator yang terlibat.

Setiap kali mendengarkan sesi obrolan, kamu juga akan menjumpai banyak pengguna lainnya dan bahkan bisa kamu langsung tambahkan sebagai teman.

Selain itu aplikasi ini akan memunculkan rekomendasi acara atau diskusi yang disesuaikan dengan orang atau teman yang kamu ikuti.

Fitur dan Cara Bergabung di Clubhouse

Download Clubhouse 93fd2

User interface aplikasi ini tampak sederhana. Selain itu tampilan ruang obrolan di aplikasi tersebut juga terbilang simpel. Hanya terdiri foto profil berikut nama penggunanya.

Fitur menarik dari Clubhouse ini adalah ruang obrolannya mampu menampung hingga 5.000 partisipan! Selain itu ketika sesi perbincangan di ruang obrolan selesai, nantinya moderator dapat menutup ruang secara otomatis.

Saat ini Clubhouse masih belum menyediakan fitur untuk merekam sesi obrolan. Selain itu aplikasi ini juga belum menyediakan tools editing, efek suara, filter transisi, seperti pada aplikasi edit suara.

Mungkin lantaran masih tergolong sangat baru dan tengah dikembangkan, makanya aplikasi Clubhouse masih belum dapat dimonetisasi seperti aplikasi podcast terbaik lainnya.

Aplikasi Clubhouse Android 0df15

Berminat untuk bergabung di Clubhouse? Saat ini keanggotaan Clubhouse masih sangat terbatas. Pasalnya, kamu perlu mendapat kode undangan (referral) dahulu dari pengguna yang telah jadi anggota di Clubhouse.

Tiap anggota baru kemudian akan mendapat kesempatan untuk mengundang dua orang lainnya. Jumlah tersebut akan bertambah seiring dengan frekuensi pemakaian kamu.

Menurut kamu apakah aplikasi Clubhouse ini akan menjadi aplikasi Over the Top (OTT) seperti Spotify dan lainnya? Kita nantikan saja, asal Clubhouse mau mendaftar resmi sebagai PSE dulu!

Baca juga artikel seputar Apps atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal