J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Cara Scammer Melancarkan Aksinya, Kamu Wajib Baca!

7 Cara Scammer Melancarkan Aksinya, Kamu Wajib Baca!

Kamis, 12 Apr 2018, 20:00 WIB
Bagi sobat pengguna internet pasti tahu dong ada beberapa macam bahaya mengancam saat kita online. Meski hal itu tampak meyakinkan sekalipun kita tetap harus mewaspadainya.

Bagi sobat pengguna internet pasti tahu dong ada beberapa macam bahaya mengancam saat kita online. Meski hal itu tampak meyakinkan sekalipun kita tetap harus mewaspadainya. Nah, di internet rupanya ada berbagai macam spot yang digemari scammer untuk menggaet korbannya.

Dengan mengetahui spot tersebut otomatis sobat akan terhindar atau paling tidak mengurangi risiko kerugian, seperti kehilangan uang, hingga kerusakan data akibat virus. Dilansir dari laman Makeusof, kali ini Jaka akan membagikan berbagai elemen yang patut kamu waspadai saat mengakses internet. Apa saja itu? Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA
  • Waduh Gawat! 10 Kelompok Hacker Ini Disponsori Oleh Negaranya Sendiri
  • 6 Cara Hack WhatsApp ala Hacker | Banyak Dicoba!
  • 6 Cara Hack Password yang Biasa Digunakan Hacker, WASPADALAH!

7 Cara Scammer Melancarkan Aksinya, Kamu Wajib Baca!

1. Tombol Unduh

Tombol unduh palsu selalu muncul di situs web melalui Google Adsense. Seringkali mereka juga muncul di web unduh yang asli, biasanya terletak di bawah tombol unduh aslinya dan bentuknya sangat mirip sehingga wajar jika kita sulit membedakannya.

Jika kalian salah klik maka file yang terunduh bisa saja perangkat lunak yang berbahaya atau perangkat lunak yang justru akan memberatkan kinerja PC. Tapi jangan khawatir karena ada tips untuk mengidentifikasi tombol unduh palsu tersebut.

Tombol Download Palsu Ec769

Jika kalian melihat ada dua atau lebih tombol unduh, maka coba periksa apakah di sudut atas terdapat sebuah logo kecil, jika iya berarti itu adalah iklan dan bukan tombol unduh yang asli.

Jika ragu maka coba seret tombol unduh tersebut menggunakan mouse, jika ada gambar yang bergerak mengikuti kursor mouse maka itu juga adalah iklan.

Cara terakhir adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke arah tombol unduh tersebut, lalu periksa kemana arah link tersebut dengan melihatnya di sudut kiri bawah browser. Jika di sana tertulis googleads atau link yang terlalu panjang dan mencurigakan maka itu juga termasuk bagian dari iklan atau tombol unduh yang palsu.

2. Email

Phishing Email Total D6475

Cara kedua scammer menipu korbannya adalah menggunakan email phising. Email ini digunakan untuk mencuri informasi pribadi atau menipu korbannya untuk menyusupkan malware. Email phising dibuat menyerupai aslinya, misal email berisi panggilan kerja, email dari Bank, dan lain sebagainya. Ada beberapa cara untuk mengenali email phising, cara pertama adalah dengan memeriksa terlebih dahulu siapa pengirimnya. Lihat email pengirim tersebut, apakah berasal dari email terpercaya atau tidak. Misal alamat terpercaya adalah @paypal.com maka email phising bisa saja menggunakan @paypalservice.com atau lain sebagainya yang dibuat semirip dengan aslinya.

Cara kedua adalah dengan memeriksa isi pesan tersebut. Perusahaan yang sah misalnya seperti Bank atau lain sebagainya tidak akan pernah meminta informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit, kata sandi, atau informasi sensitif lainnya, apalagi hanya melalui email, sms, bahkan telepon.

Cara ketiga adalah dengan memeriksa tombol unduhan, yakni dengan memeriksa link tersebut mengarah ke mana, caranya seperti yang telah kita bahas pada nomor satu. Jika email tersebut mengarah ke situs yang resmi maka itu email yang asli namun jika sebaliknya maka kalian perlu mewaspadainya dan jangan pernah mengklik link tersebut lagi.

3. Pemberitahuan Pembaruan

Fake Update 3a01e

Beberapa aplikasi biasanya memperbarui sendiri secara otomatis, tetapi ada juga yang meminta penggunanya untuk menerapkan pembaruan secara manual. Nah inilah celah yang sering dimanfaatkan scammer untuk menipu korbannya, yakni iklan yang disamarkan sebagai permintaan pembaruan yang palsu.

Jika kebetulan kalian melihat pemberitahuan tersebut muncul yang memberitahu untuk segera memasang pembaruan menggunakan Java, Flash, atau Plugin lainnya, maka Jaka sarankan untuk jangan meng-klik-nya. Aplikasi yang asli tidak akan memunculkan halaman Pop-ups secara acak dari situs web hanya untuk memberitahu penggunanya tentang pemberitahuan pembaruan. Jika ragu, kalian bisa memeriksa versi pembaruan itu sendiri melalui menu bantuan yang ada di dalam aplikasi.

4. Review

Fake Review Fcfdf

Review merupakan bagian penting dari situs web, membaca pengalaman orang lain bisa membantu kita untuk memutuskan apakah akan menggunakan suatu produk atau tidak. Tidak heran jika review sering dipalsukan untuk meningkatkan reputasi barang. Ada beberapa cara untuk mengenali review palsu, biasanya review palsu yang paling umum menggunakan kata kunci yang terlalu banyak, bahasa tidak alami, dan isi pesan yang tidak berkaitan dengan deskripsi produk.

5. Website

Facebook Phising 5d6c8

Phising tidak hanya berkaitan dengan email saja namun situs web juga bisa dipalsukan untuk membuat pengunjungnya percaya. Website phising disamarkan sedemikian rupa untuk menipu korbannya. Cara paling mudah untuk menghindari website phising adalah dengan memeriksa URL, jadi meskipun scammer bisa membuat tampilan palsu yang meyakinkan namun mereka tidak dapat menggunakan URL yang asli. Website phising biasanya memiliki tanda-tanda berikut ini pada URL mereka:

  • Menggunakan banyak garis (facebook-free-new.com)

  • Menggunakan angka atau symbol (paypa1.com, Facebo0k.com)

  • Menggunakan ekstensi domain yang tidak biasa seperti .xyz (contoh: Facebo0k.xyz)

  • Menggunakan subdomain (paypal.fake.com dan banking.fake.com)

Jika masih ragu, kalian bisa memeriksa informasi kontak yang ada di bagian bawah halaman website. Jika informasi tersebut tidak jelas maka kalian perlu berhati-hati terhadap website tersebut.

6. Akun Palsu

Account Palsu B5cdc

Di situs media sosial, khususnya Facebook, kita perlu mewaspadai orang-orang yang membuat profil palsu menggunakan informasi menyerupai orang penting atau bahkan teman kita. Scammer sangat ahli dalam memanipulasi akun palsu untuk menipu korbannya, kemudian mereka mengirim pesan secara masif kepada setiap orang untuk melancarkan aksinya, seperti menipu, meminta uang, atau menyusupkan malware.

Nah untuk mencegah hal ini kita perlu mengkonfirmasi terlebih dahulu apakah orang terbsebut benar-benar asli atau tidak. Dan jangan pernah percaya semua yang dikatakan oleh orang tersebut tanpa mempertimbangkannya secara kritis.

7. Gambar

Gambar Palsu 33b71

Berkat adanya Photoshop dan gambar-gambar bebas di internet, sulit bagi kita untuk bisa mengidentifikasi apakah gambar tersebut asli atau dimanipulasi. Nah, scammer sering kali memanfaatkan gambar palsu untuk memudahkan aksinya. Memang tidak mudah membedakan mana gambar yang asli dan palsu namun kalian bisa mencoba menggunakan tools FotoForensics untuk menganalisis gambar tersebut. Selain tool tersebut, kalian juga bisa memanfaatkan fitur pencarian gambar dari Google untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang gambar tersebut.

Akhir Kata

Nah, Itulah 7 Cara Scammer Melancarkan Aksinya. Gimana menurut kalian nih guys? Tulis pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Baca Manga Gratis Terbaik 2020 Banner 708be

7 Aplikasi Baca Manga Terbaik 2020, Baca Naruto - One Piece Gratis!

Untitled 1 4e8e5

Cara Bermain Game di Android Tanpa Menginstalnya

413651 3e8b2

Cara Hack WiFi Tetangga Untuk Internetan Gratis

Untitled 1 3a6cc

5 Situs Belajar Bahasa Pemrograman Terbaik 2018, Kamu Wajib Tau!

Untitled 1 723ea

10+ Bahasa Pemrograman yang Wajib Dikuasi Hacker

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
CCleaner_logo_2013
CCleaner for Android 1.18.69
Apps Piriform
Avira Icon
AntiVir Personal 15.0.10.434
Apps Avira GmbH
Kaspersky Free Icon
Kaspersky Free 18.0.0.405ab
Apps Kaspersky
Kaspersky Android Icon
Kaspersky Internet Security 11.8.4.625
Apps Kaspersky
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal