J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Promosi di Instagram Pakai Instagram Ads | Dijamin Makin Laris!

Cara Promosi di Instagram Pakai Instagram Ads | Dijamin Makin Laris!

Sabtu, 19 Sep 2020, 13:00 WIB
Cara promosi di Instagram bisa dilakukan dengan fitur Instagram Ads. Selain cara membuat iklan, kamu juga harus tahu format yang tepat untuk Instagram Ads.

Bagaimana cara promosi di Instagram ya? Apakah kamu jadi salah satu yang coba memanfaatkan media sosial populer itu promosi?

Instagram (IG) telah menjadi salah satu media sosial paling populer yang digunakan lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulannya. Jumlah angka yang sangat besar ini tentu menjanjikan sebagai sarana promosi bisnis.

Kalau kamu termasuk pemilik bisnis online dan menggunakan Instagram sebagai media promosi dan berjualan, maka kamu perlu tahu cara promosi di Instagram yang efektif.

Untungnya, terdapat fitur promosi di Instagram yang dapat memudahkan para pemilik bisnis untuk mengiklankan produk mereka, serta menarik banyak pelanggan baru. Fitur bermanfaat ini disebut Instagram Ads.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang fitur Instagram Ads, simak penjelasan Jaka mengenai cara promosi di Instagram berikut ini.

Cara Promosi di Instagram Melalui Fitur Instagram Ads

Instagram Ads adalah platform iklan di Instagram untuk feed maupun Instagram Story. Sejak bergabung dengan Facebook pada 2012, platform iklan keduanya disatukan di bawah Facebook Ads Manager, sehingga cara pembuatan Instagram Ads hampir sama dengan Facebook Ads.

Kalau kamu ingin tahu berapa tarif pasang iklan di Instagram, maka jawabannya sangat terjangkau, geng. Hanya dengan budget minimal Rp10.000 per hari, kamu sudah bisa beriklan di Instagram.

Kalau kamu tertarik memasarkan produk melalui Instagram Ads, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai fitur promosi di Instagram satu ini, seperti tips promosi, format iklan, serta cara membuat iklan di Instagram Ads.

Tips Promosi di Instagram

Cara Promosi Di Instagram Cef76
Sumber foto: Tamebay

Berpromosi di Instagram terbukti menjadi cara yang efektif untuk membesarkan nama brand dan meningkatkan penjualan. Instagram memiliki jenis konten visual, sehingga lebih menarik untuk dilihat dan tingkat engagement bisa lebih tinggi dibanding media sosial lain.

Supaya kamu berhasil mempertahankan para pelanggan lama serta mendapatkan banyak pelanggan baru, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan promosi di Instagram.

1. Lengkapi Bio Instagram

Guna meningkatkan kepercayaan dari para pengguna Instagram, pastikan Bio pada akun Instagram yang ingin kamu promosikan sudah terisi dengan lengkap dan jelas.

Kamu bisa menggunakan kata kunci, memberikan deskripsi singkat soal produk yang kamu jual, menyertakan kalimat Call To Action, serta menyisipkan link website. Boleh juga menggunakan emoji, lho, geng, agar tampilannya lebih menarik. Tapi, jangan terlalu banyak, ya.

2. Berikan Konten yang Bermanfaat

Supaya followers-mu tidak merasa dijejali dengan konten-konten promosi secara terus-menerus, coba post foto atau video edukatif terkait produkmu. Dengan demikian, akan timbul interaksi antara kamu dengan followers, sehingga dapat menciptakan loyalitas yang tinggi.

3. Posting secara Konsisten

Kalau kamu rajin posting, kemungkinan besar foto atau videomu akan sering terlihat di bagian atas feed, sehingga followers-mu nggak harus scroll sampai bawah supaya bisa melihat post-mu. Manfaat lainnya adalah brand_ bisnismu akan semakin dikenal banyak orang.

Kamu juga bisa menuliskan caption menarik agar followers nggak cuma melihat foto atau video iklan yang kamu post. Jangan lupa mencatat waktu terbaik untuk posting konten agar mendapatkan engagement tinggi.

4. Gunakan Hashtag

Fitur hashtag berfungsi untuk memudahkan pengguna Instagram dalam mencari sesuatu. Dengan demikian, post-mu akan lebih mudah ditemukan jika menggunakan hashtag. Tapi, jangan menggunakannya terlalu banyak agar tidak dianggap spam.

5. Share Testimoni Pelanggan

Testimoni menjadi bukti paling bagus untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap penjual. Agar tidak merusak feed, maka upload testimoni sebagai Instagram Story. Kemudian, masukkan pada fitur Highlights dengan judul Testimoni.

6. Manfaatkan Fitur Instagram Ads

Tips lain yang nggak kalah penting adalah memanfaatkan fitur promosi di Instagram yang bernama Instagram Ads. Seperti yang telah Jaka jelaskan di atas, fitur ini strategis untuk menjangkau banyak pelanggan baru melalui konten foto atau videomu yang dipromosikan.

Format Iklan di Instagram Ads

Cara Promosi Di Ig A892e
Sumber foto: Webgility

Fitur Instagram Ads memiliki beberapa format yang berbeda untuk iklan yang dipromosikan. Dengan demikian, ukuran gambar atau video yang dimasukkan ke satu format bisa berbeda dengan format lainnya.

Supaya kamu nggak bingung dengan format iklan di Instagram Ads, berikut penjelasannya untuk kamu.

1. Instagram Story

  • Gunakan jenis file .jpg atau .png untuk iklan foto, dan .mp4 atau .mov untuk iklan video.

  • Ukuran maksimal file iklan foto adalah 30MB dan untuk iklan video sebesar 4GB.

  • Durasi maksimal iklan foto adalah 5 detik, sedangkan iklan video akan ditampilkan maksimal 120 detik.

  • Dimensi minimal iklan di Instagram Story adalah 600 x 1067 pixel, sedangkan resolusi yang disarankan adalah 1080 x 1920.

2. Iklan Foto

  • Gunakan format file .jpg atau .png

  • Iklan yang berbentuk persegi memiliki dimensi 1080 x 1080 pixel dan rasio 1:1, sedangkan yang berbentuk persegi panjang berdimensi 1200 x 628 pixel dengan rasio yang sama.

  • Gunakan resolusi minimal 600 x 600 pixel.

3. Iklan Video

  • Gunakan format file .mp4 atau .mov

  • Resolusi video minimal 600 x 315 pixel (1,91:1 landscape), 600 x 600 pixel (1:1 square), dan 600 x 750 pixel (4:5 vertical)

  • Durasi iklan video maksimal 60 detik.

  • Ukuran file video maksimal sebesar 4GB.

  • Maksimal frame rate adalah 30 fps.

4. Iklan Carousel (Slideshow)

  • Rekomendasi ukuran foto iklan carousel adalah 1080 x 1080 pixel dengan rasio 1:1.

  • Resolusi minimal video iklan carousel adalah 600 x 600 pixel, sedangkan resolusi maksimalnya adalah 1080 x 1080 pixel.

  • Durasi video iklan carousel antara 3 hingga 60 detik.

  • Ukuran file video maksimal sebesar 4GB.

  • Maksimal frame rate adalah 30 fps.

5. Iklan Koleksi

  • Rasio foto atau video yang ditampilkan antara 16:9 hingga 1:1.

  • Judul iklan tidak terlihat di iklan Koleksi Instagram.

  • Maksimal panjang teks adalah 90 karakter.

Cara Membuat Iklan di Instagram Ads

Setelah kamu mengetahui tips dan format yang tepat untuk iklan di Instagram Ads, maka kamu juga perlu tahu cara membuat iklan di Instagram Ads. Seperti yang Jaka sebutkan di atas, pembuatan Instagram Ads menjadi satu dengan Facebook Ads melalui Facebook Ads Manager.

Dengan demikian, kamu harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu sebelum membuat iklan di Instagram Ads. Kalau kamu mau tahu cara lebih lengkap membuat Instagram Ads, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 - Buka Facebook Ads Manager

  • Buka situs Facebook Ads Manager melalui alamat https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager. Pastikan juga bahwa kamu sudah login ke akun Facebook.

Langkah 2 - Membuat Iklan untuk Instagram Ads

  • Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan membuat iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Saran Jaka, sebaiknya pilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan kamu lebih spesifik.
Cara Promosi Di Instagram 6bc47
Sumber foto: Niagahoster
  • Selanjutnya, tentukan tujuan iklan. Facebook Ads Manager menyediakan tiga tujuan iklan, yaitu Kesadaran (Awareness), Pertimbangan (Consideration), dan Konversi (Conversion). Kali ini, Jaka akan memilih tujuan Pertimbangan - Lalu Lintas Kunjungan.
Cara Promosi Di Ig 363af
Sumber foto: Niagahoster
  • Setelah itu, pilih jenis iklan. Facebook Ads Manager menyediakan dua jenis iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Dua jenis iklan tersebut tidak dapat digunakan bersama.
Cara Promosi Instagram Ddeb5
Sumber foto: Niagahoster
  • Tulis nama iklan dan pilih tujuan trafik. Kamu bisa mengarahkan trafik ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp. Kali ini, Jaka pilih trafik ke website.
Cara Promosi Di Instagram Story 81176
Sumber foto: Niagahoster
  • Tentukan spesifikasi target audience berdasarkan faktor-faktor seperti pada gambar berikut.
Cara Promosi Iklan Di Instagram 925cf
Sumber foto: Niagahoster
  • Kemudian, tentukan penempatan iklan. Jika kamu memilih Penempatan Otomatis, maka iklanmu akan ditampilkan di Facebook, Instagram, dan semua aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook. Kalau kamu ingin menampilkan iklan hanya di Instagram, kamu bisa pilih Edit Penempatan dan mencentang Instagram saja.
Cara Promosi Di Instagram Gratis Bdcb5
Sumber foto: Niagahoster
  • Jika sudah, tentukan berapa lama iklanmu ingin ditampilkan. Pada tutorial cara promosi di Instagram kali ini, Jaka memilih untuk menampilkan iklan selama satu bulan.
Contoh Caption Promosi Di Instagram Fe532
Sumber foto: Niagahoster
  • Tambahkan akun Instagram yang ingin kamu hubungkan dengan halaman Facebook-mu. Klik Tambahkan sebuah Akun untuk menghubungkannya.
Fitur Promosi Di Instagram Fec2b
Sumber foto: Niagahoster
  • Selanjutnya, pilih format iklan untuk Instagram Ads yang kamu inginkan. Kamu bisa merujuk pada penjelasan Jaka mengenai 5 format iklan Instagram Ads di atas.
Cara Bayar Iklan Di Instagram D8553
Sumber foto: Niagahoster
  • Langkah selanjutnya adalah tulis deskripsi iklanmu. Buat deskripsi yang menarik dan singkat agar audience bisa langsung paham dengan tujuan iklan Instagram Ads yang kamu buat.
Berapa Tarif Pasang Iklan Di Instagram E4936
Sumber foto: Niagahoster
  • Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklanmu. Kamu bisa merujuk pada penjelasan Jaka di atas mengenai ukuran gambar untuk masing-masing format Instagram Ads. Selain itu, tambahkan juga judul iklan yang menarik serta URL tujuan.
Cara Promosi Produk Di Instagram 453a5
Sumber foto: Niagahoster
  • Langkah terakhir dari tutorial cara promosi di Instagram kali ini adalah melakukan pembayaran. Kamu bisa membayar menggunakan kartu kredit maupun debit.
Cara Pembayaran Promosi Di Instagram 99706
Sumber foto: Niagahoster
  • Setelah kamu membayar, Facebook akan meninjau iklanmu dan akan segera menampilkannya kalau sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Akhir Kata

Itu dia cara promosi di Instagram menggunakan fitur Instagram Ads yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Kamu juga bisa mengikuti tips promosi di Instagram yang Jaka berikan di atas agar iklan yang kamu post dilirik oleh banyak pengguna dan nggak di-skip begitu saja.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Download Video Instagram 65931

10 Aplikasi Download Video Instagram iOS & Android Terbaik, Gratis!

A92a182f3911445840b905b7fd0b065a

10 Fitur Terbaru Instagram yang Wajib Kamu Pakai Kalau Mau Jadi Selebgram!

Aplikasi Download Video Fb 4fdb9

10 Aplikasi Download Video Facebook Android Terbaik, Keren Abis!

9a25eabc93d7ea4dc45fc3b2a08b5eea

15 Cara Hack Facebook dan Bagaimana Cara Memproteksinya Sebelum Terlambat

Cara Bisnis Online Banner 780dd

5 Cara Bisnis Online Tanpa Modal | 100% Menguntungkan!

10 Iklan Kreatif Ini Bikin Kamu Kepala Kamu Geleng Geleng Kok Bisa Sihjpg

10 Iklan Kreatif Ini Bikin Kepala Kamu Geleng-geleng, Kok Bisa Sih!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Download Aplikasi Instagram Terbaru 2020, Bikin Makin Eksis di Medsos!

Download Aplikasi Instagram Terbaru 2020, Bikin Makin Eksis di Medsos!

Ukuran Feed Instagram yang Ideal untuk Foto & Video, Jadi Rapi!

Ukuran Feed Instagram yang Ideal untuk Foto & Video, Jadi Rapi!

Kumpulan Cara Posting Instagram di PC untuk Foto, Video, Sampai IGTV

Kumpulan Cara Posting Instagram di PC untuk Foto, Video, Sampai IGTV

Cara Menghubungkan Instagram ke Facebook dengan Mudah

Cara Menghubungkan Instagram ke Facebook dengan Mudah

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal