J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

Minggu, 28 Apr 2013, 11:49 WIB
Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah secara rutin untuk mengetahui apabila ada error agar komputer dapat bekerja dengan optimal.

Perawatan rutin performa hardware komputer sangat diperlukan agar komputer dapat bekerja dengan optimal. Kamu tidak perlu memiliki skill tinggi atau menjadi seorang teknisi komputer untuk dapat merawat komputer dengan baik. Berbagai langkah sederhana bisa kamu lakukan sebagai tindakan perawatan rutin.

Jika kamu pernah melihat isi casing PC kamu, tentunya kamu mengetahui bahwa di dalamnya terdapat berbagai hardware yang diperlukan oleh komputer kamu dan tentunya ada kemungkinan kerusakan hardware yang bisa menyebabkan komputer kamu tidak bekerja secara optimal. Beberapa komponen yang kemungkinan besar mengalami kerusakan antara lain kipas, hard disk dan CPU atau GPU. RAM juga terkadang mengalami kerusakan, apalagi jika komputer sering digunakan, begitu juga dengan hard disk SSD.

Windows 7 dan 8 Windows 7 dan Windows 8 memiliki software yang dapat melakukan pemeriksaan hardware untuk kamu. Software ini disertakan langsung dalam sistem operasi sehingga kamu tidak perlu menginstall software tambahan apapun.

[b]Resource dan Performa Monitor[/b] Kedua sistem operasi Windows ini memiliki software diagnostic yang mungkin tidak pernah kamu ketahui. Untuk mengakses tool Resource and Performance Monitor, tekan tombol Windows yang ada di keyboard kamu, kemudian tekan R. Sebuah window akan muncul dan kamu bisa mengetikkan perintah perfmon /report, kemudian klik OK.

Cara Periksa Hardware Komputerperfmon Report Command
Sebuah jendela baru akan terbuka dan akan mulai mengumpulkan data. Proses ini membutuhkan beberapa waktu. Kemudian kamu akan mendapatkan laporan dengan informasi lengkap, yang isinya mungkin tidak kamu mengerti.
Cara Periksa Hardware Komputer Perfmon Gather Data
Lihat di bagian Diagnostic Results - Warnings dan Resource Overview untuk mengetahui permasalahan yang mungkin timbul pada hardware kamu. Disini, kamu juga akan diberikan beberapa solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
Cara Periksa Hardware Komputer Perfmon Warning
Cara Periksa Hardware Komputer Perfmon Resource Overview

Tes RAM Komputer - Windows Memory Diagnostic Windows juga menawarkan fitur lain, yaitu pengujian RAM untuk mengetahui kinerja hardware memori kamu. Untuk dapat melakukan pengujian RAM, gunakan Windows Memory Diagnostic yang dapat dibukan melalui Start Menu > Administrative Tools > Windows Memory Diagnostic.

Cara Periksa Hardware Komputer Windows Memory Diagnostic Start Menu
Setelah di-klik, kamu akan diberikan pilihan untuk restart komputer dan melakukan pengujian sekarang, atau melakukan pengujian setelah komputer restart di waktu berikutnya.
Cara Periksa Hardware Komputer Windows Memory Diagnostic Restart
Ketika komputer restart, kamu akan melihat layar berisi teks yang memberi info mengenai pengujian memori yang sedang dilakukan. Proses pengujian RAM menggunakan pengaturan default yang sudah cukup untuk mengetahui performa memori komputer kamu. Setelah proses pemeriksaan selesai, akan muncul notifikasi dan window yang menunjukkan berbagai error yang ditemukan, jika memang ada. Kamu juga harus tahu tentang pengertian komputer dan definisi komputer, agar dapat melakukan perawatan harwadare komputer.

Nah, mudah bukan untuk melakukan pemeriksaan rutin performa hardware komputer? Ikuti saja langkah-langkah mudah di atas untuk memastikan komputer kamu bekerja secara optimal. Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart

Cara Memperbaiki Komputer Sering Restart

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika ingin Menjual Komputer

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika ingin Menjual Komputer

5 Tips Penting Memperbaiki Komputer yang Lambat

5 Tips Penting Memperbaiki Komputer yang Lambat

Cara Memperbaiki 99% Semua Masalah Pada Komputer

Cara Memperbaiki 99% Semua Masalah Pada Komputer

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal