J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Partisi Hard Disk Windows

Cara Partisi Hard Disk Windows

Selasa, 18 Feb 2014, 14:01 WIB
Ketahui cara mudah untuk membagi hard disk menjadi beberapa bagian tanpa harus melakukan restart komputer atau takut kehilangan data.

Melalui artikel ini, JalanTikus akan berbagi cara mempartisi hard disk menjadi beberapa bagian atau partisi. Partisi dapat dilakukan pada hard disk internal yang sudah terinstall sistem, maupun hard disk eksternal yang terdapat data didalamnya.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah download Easus Partition Master, kemudian install software tersebut pada komputer kamu. Setelah proses instalasi selesai, jalankan software Easus Partition Master.

Cara Partisi Harddisk Easus Master
Selanjutnya, klik Go to main screen
Cara Partisi Harddisk Easus Home Edition Free
Klik pada disk yang akan dipartisi (pada gambar Disk 3). Hati-hati jangan salah menentukan hard disk yang akan dipartisi, kemudian klik Create partition . Berikut ini contoh membagi hard disk menjadi 3 partisi, dengan atribut partisi pertama sebagai berikut :
Cara Partisi Harddisk Easeus Create Partition
Klik OK , akan muncul tampilan berikut:
Cara Partisi Harddisk Easus Home Edition
Partisi pertama dengan nama Data1 dan kapasistas sebesar 83,66GB. Resize/Move Partition dapat digunakan jika ingin mengubah kapasitas partisi pertama, atau menghapus partisi. undo digunakan jika ingin membatalkan proses partisi sebelumnya.

Partisi kedua dibuat dengan meng-klik Unallocated dari disk3, kemudian klik Create Partition kembali. Tentukan alokasi kapasistas partisi kedua, seperti pada atribut di bawah ini :

Cara Partisi Harddisk Easeus Create Partition 2

Jika sudah selesai, klik OK . Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:

Cara Partisi Harddisk Easus Home
Sekarang sudah ada 2 partisi. Lakukan langkah yang sama pada pembuatan partisi pertama dan kedua, untuk membuat partisi yang ketiga. Berikut tampilan lengkap 3 partisi Data1, Data2, dan Data3 yang akan dibuat.

Pada kolom pending operation, adalah operasi yang akan dilakukan pada hardisk. Proses partisi belum selesai jika partisi belum diterapkan pada Hardisk. Jika sudah yakin dengan pembagian partisi yang telah ditentukan, proses partisi dapat diterapkan dengan cara klik Apply . Proses berlangsung seperti tampilan berikut :

Cara Partisi Harddisk Easus Apply Changes 1
Klik Yes, Tampilan proses sebagai berikut:
Cara Partisi Harddisk Easus Apply Changes 2
Cara Partisi Harddisk Finish
Klik OK . Sekarang kamu sudah memiliki hardisk external dengan 3 partisi.

Fitur lain seperti Delete Partition digunakan untuk menghapus partisi, Merge digunakan untuk menggabungkan dua partisi menjadi satu partisi, Format partition digunakan untuk format partisi.

Bagi pemula, ada baiknya kamu meminta binbingan dari yang lebih berpengalaman atau jika kamu ingin mencoba sendiri, lebih baik backup dulu data kamu untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan ketika melakukan partisi. Kesalahan melakukan partisi dapat menyebabkan data terhapus atau partisi yang ada jadi hilang. Nah, jika terjadi kehilangan data karena hal ini, kamu bisa coba cara mengembalikan data yang terhapus menggunakan software seperti Recuva.

Selamat mencoba!

20121226083331_103
EASEUS Partition Master 10.8
Apps Cleaning & Tweaking Partition Magic
DOWNLOAD
20121226084404_92
Recuva 4.2.8.0
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD
Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Melakukan Partisi Memori Eksternal di Android

Cara Melakukan Partisi Memori Eksternal di Android

Komputer Terasa Lambat, Coba Cara Ini!

Komputer Terasa Lambat, Coba Cara Ini!

Tanya Jaka: Aplikasi Untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Tanya Jaka: Aplikasi Untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Cara Memperbaiki Hard Disk Eksternal yang Minta Format

Cara Memperbaiki Hard Disk Eksternal yang Minta Format

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal