J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp | Ampuh dan Gampang!

6 Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp | Ampuh dan Gampang!

Senin, 31 Agt 2020, 15:00 WIB
Ada cara menonaktifkan panggilan WhatsApp supaya kamu nggak terganggu dengan telepon masuk terus-menerus. Berikut cara memblokir panggilan masuk WhatsApp.

Cara menonaktifkan panggilan WhatsApp (WA) dapat dilakukan dengan mudah, baik langsung melalui smartphone dan aplikasi WhatsApp, maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Mematikan panggilan WhatsApp kadang dilakukan jika kita sedang tidak ingin menerima telepon di aplikasi WhatsApp karena berbagai alasan, seperti sedang rapat, sedang asyik bermain mobile game favorit, atau merasa terganggu dengan telepon yang terus masuk dari salah satu kontak.

Oleh karena itu, banyak yang mencari cara menonaktifkan panggilan WA, baik untuk sementara maupun selamanya. Kalau kamu adalah salah satunya, kamu nggak perlu khawatir, geng. Jaka sudah menyiapkan beberapa cara mematikan panggilan WhatsApp di bawah ini.

Daripada kamu semakin penasaran, yuk, langsung saja simak cara menonaktifkan panggilan WhatsApp yang bisa dilakukan tanpa perlu download aplikasi tambahan, maupun dengan download aplikasi pihak ketiga.

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp dengan dan Tanpa Aplikasi

Seperti yang telah Jaka sebutkan di atas, cara menonaktifkan panggilan WhatsApp tidak harus dengan menggunakan aplikasi tambahan. Kamu bisa mematikan panggilan WhatsApp melalui menu Settings atau Pengaturan, serta langsung dari aplikasi WhatsApp.

Nah, sebelum menjelaskan cara menonaktifkan panggilan WhatsApp di iPhone dan Android dengan menggunakan aplikasi lain, Jaka akan memberi tahu terlebih dahulu mengenai cara menonaktifkan panggilan WA tanpa aplikasi. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menonaktifkan Panggilan Telepon WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara non aktif telepon WhatsApp yang akan Jaka jelaskan pertama adalah tanpa perlu men-download aplikasi tambahan. Tentu saja cara ini sangat praktis, geng, karena kamu hanya perlu memanfaatkan smartphone-mu dan melakukan beberapa pengaturan di aplikasi WhatsApp yang sudah ter-install.

Beberapa cara menonaktifkan panggilan telepon di aplikasi WhatsApp yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonaktifkan notifikasi WA, mengubah izin aplikasi WA, menonaktifkan nada dering, mengaktifkan mode Do Not Disturb di pop-up notifications, hingga menerapkan Force Stop (Paksa Berhenti) pada aplikasi WA.

Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp

Nah, cara memblokir panggilan masuk WhatsApp tanpa aplikasi tambahan yang pertama adalah dengan menonaktifkan notifikasi WhatsApp. Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur Settings yang pasti telah ada di smartphone-mu.

Guna mengetahui cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp di HP dengan sistem operasi Android maupun iOS, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 - Buka Pengaturan WhatsApp
  • Buka menu Settings di HP kamu, lalu masuk ke menu Apps.
Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp Aaa71
  • Kemudian, cari ikon dan nama aplikasi WhatsApp.
Cara Menonaktifkan Panggilan Wa 1dae9
  • Pada bagian App Info, scroll ke bawah hingga menemukan menu App Settings, lalu masuk ke bagian Notifications.
Cara Mematikan Panggilan Whatsapp Dcd9d
Langkah 2 - Mematikan Notifikasi WhatsApp
  • Pada menu App Notifications, geser toggle Allow Notifications hingga berwarna abu-abu. Jika sudah, maka notifikasi aplikasi WhatsApp di smartphone-mu telah berhasil dimatikan.
Cara Non Aktif Telepon Whatsapp 731d7

Mengubah Izin Aplikasi WhatsApp

Cara menonaktifkan telepon WhatsApp selanjutnya bisa dilakukan dengan mengubah izin aplikasi WhatsApp. Masih dengan memanfaatkan fitur Setting, kamu bisa mematikan perizinan telepon untuk aplikasi WhatsApp, sehingga kamu nggak akan menerima panggilan masuk.

Tidak hanya itu, di fitur ini, kamu juga bisa mengatur menu-menu apa saja yang bisa diakses oleh WhatsApp, seperti kamera, kontak, lokasi, microphone, hingga folder penyimpanan.

Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak langkah-langkah mengubah izin aplikasi WhatsApp melalui fitur Settings di bawah ini.

Langkah 1 - Buka Pengaturan WhatsApp
  • Buka menu Settings di HP kamu, lalu masuk ke menu Apps dan cari aplikasi WhatsApp.

  • Pada bagian App Info, scroll ke bawah hingga menemukan menu App Settings, lalu masuk ke bagian Permissions.

Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp 1eb0e
Langkah 2 - Matikan Perizinan Telepon WhatsApp
  • Pada menu App Permissions, geser toggle Phone hingga menjadi abu-abu. Jika sudah, kamu tidak akan terganggu lagi oleh notifikasi panggilan masuk di aplikasi WhatsApp.
Cara Menonaktifkan Panggilan Wa 8ca0d

Menonaktifkan Nada Dering

Kalau kamu tidak ingin terganggu dengan suara nada dering WhatsApp, maka kamu bisa mematikan nada dering WA, geng. Namun, sebenarnya cara ini hanya untuk menghindari panggilan masuk di WA, bukan benar-benar menonaktifkannya.

Meskipun demikian, lumayan juga, kan, jika kamu sedang menghadiri acara penting yang mengharuskan kamu untuk fokus dan tidak bisa menerima telepon? Jika nada deringmu dimatikan, maka kamu tidak perlu khawatir tiba-tiba mendengar suara panggilan masuk di aplikasi WA. Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

Langkah 1 - Buka Aplikasi WhatsApp
  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buka aplikasi WhatsApp yang sudah ter-install di smartphone-mu.

  • Klik tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas, lalu pilih menu Settings.

Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp 14ddd

Langkah 2 - Ganti Nada Dering Menjadi Silent

  • Pada menu Settings, pilih Notifications.
Cara Menonaktifkan Panggilan Wa Aa6bf
  • Pada menu Notifications, scroll ke bawah hingga menemukan bagian Calls, lalu pilih Ringtone.
Cara Mematikan Panggilan Whatsapp 9aae1
  • Klik pada pilihan Silent.
Cara Menonaktifkan Telepon Whatsapp 6091d

Mengaktifkan Mode Do Not Disturb

Selain dengan mengubah nada dering aplikasi WhatsApp menjadi silent, ada juga cara menonaktifkan video call WhatsApp dan voice call WhatsApp dengan mengaktifkan mode Do Not Disturb. Ya, tiap smartphone masa kini pasti sudah dibekali dengan fitur bermanfaat satu ini.

Meskipun WhatsApp menjadi salah satu aplikasi video call terbaik, namun ada kalanya kita tidak ingin menerima panggilan masuk, baik suara maupun video, karena berbagai alasan pribadi.

Oleh karena itu, aktifkan saja mode Do Not Disturb pada HP-mu melalui langkah mudah dan simpel di bawah ini.

Langkah 1 - Aktifkan Pilihan Do Not Disturb
  • Scroll ke bawah pada menu pop-up notifications hingga kamu menemukan mode Do Not Disturb.
Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp F1eac
  • Klik pada mode tersebut hingga muncul tulisan "Do not disturb enabled".
Cara Menonaktifkan Panggilan Wa Ef3e2

Memaksa Berhenti (Force Stop) Aplikasi WhatsApp

Cara menonaktifkan panggilan WhatsApp tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan terakhir adalah dengan memberlakukan Force Stop terhadap aplikasi WA. Fitur Force Stop memungkinkan aplikasi apa pun yang berjalan di latar belakang untuk berhenti sementara hingga aplikasi tersebut kamu buka kembali.

Dengan demikian, jika kamu memaksa berhenti aplikasi WhatsApp, maka semua notifikasi, termasuk chat, voice call, video call, dan sebagainya, tidak akan muncul pada pop-up notifications. Kamu bisa menggunakan fitur Force Stop melalui langkah-langkah berikut.

Langkah 1 - Menerapkan Fitur Force Stop
  • Buka menu Settings di HP kamu, lalu masuk ke menu Apps dan cari aplikasi WhatsApp.

  • Pada bagian App Info, klik pada pilihan Force Stop.

Cara Non Aktif Telepon Whatsapp Cfe37

Tenang saja, geng, ketika kamu membuka kembali aplikasi WhatsApp di smartphone-mu, kamu akan mendapatkan semua notifikasi yang sempat tertunda, sehingga kamu nggak perlu khawatir notifikasi WA nggak muncul, deh.

Cara Memblokir Panggilan Masuk WhatsApp dengan Aplikasi

Setelah Jaka menjelaskan cara menonaktifkan telepon di WhatsApp melalui menu Settings dan langsung dari aplikasi WhatsApp, maka kali ini Jaka akan menjelaskan cara non aktif telepon WhatsApp menggunakan bantuan aplikasi lain.

Nah, karena WhatsApp akan memblokir setiap akun yang menggunakan aplikasi modifikasi seperti GBWhatsapp, Jaka punya solusi lain, geng, yaitu menggunakan aplikasi Tools for WhatsApp. Kamu nggak perlu khawatir akun WhatsApp-mu terkena blokir, karena aplikasi ini dijamin aman.

Berikut Jaka jelaskan langkah-langkah cara menonaktifkan panggilan WA menggunakan aplikasi Tools for WhatsApp mulai dari proses download hingga selesai. Simak baik-baik, ya, geng.

Langkah 1 - Download Aplikasi Tools for WhatsApp

  • Buka aplikasi Play Store di smartphone Android-mu, lalu ketik Tools for WhatsApp di search bar.

  • Jika sudah menemukan aplikasinya, klik Install.

Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp 33b54

Langkah 2 - Buka Aplikasi Tools for WhatsApp

  • Ketika proses download dan install sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Tools for WhatsApp.

  • Pada bagian Service, klik pada kotak kosong di samping tulisan "Switch to on/off the service" untuk memunculkan tanda centang.

Cara Menonaktifkan Panggilan Wa 42dd2
  • Kamu akan dibawa ke menu Notification Access. Geser toggle di samping ikon dan nama aplikasi Tools for WhatsApp hingga menjadi warna biru.
Cara Mematikan Panggilan Whatsapp Ab112
  • Ketika muncul pop-up notification Allow Tools for WhatsApp, klik Allow.
Cara Menonaktifkan Panggilan Di Whatsapp 66a76

Langkah 3 - Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

  • Kembali ke aplikasi Tools for WhatsApp, lalu centang bagian Incoming Voice Call. Kamu akan melihat tulisan "Just disable the call" di bagian When Call Arrive. Hal ini berarti, ketika ada panggilan masuk di WA, maka voice call tersebut akan otomatis ditolak.
Cara Non Aktif Telepon Whatsapp 66790
  • Kamu juga bisa melihat bahwa aplikasi Tools for WhatsApp sedang aktif melalui drop down menu seperti pada gambar di bawah.
Cara Memblokir Panggilan Masuk Whatsapp 24478

Akhir Kata

Itu dia 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan panggilan telepon WhatsApp, baik menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun langsung melalui aplikasi WhatsApp. Dengan begini, kamu nggak perlu merasa terganggu lagi oleh banyaknya panggilan masuk pada aplikasi WhatsApp di smartphone-mu, geng.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Download Coocoowhatsapp Apk Versi Terbaru 2020 Banyak Fitur Anti Ban B2edc

Download Coocoo WhatsApp Terbaru 2020 | Banyak Fitur & Anti-Ban!

Backup Data Whatsapp Banner

Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)

Untitled 4 93b0a

10 Aplikasi Stiker WA (WhatsApp) Terbaik 2020 | Bikin Stiker Sendiri!

Aplikasi Keyboard Hp Android Keren Terbaik 2020 Banner 190bd

15 Aplikasi Keyboard Keren untuk Android, Chatting Jadi Lebih Seru!

Deteksi_Nomor_Asing_dan_Blokir Panggilan Masuk Dengan Aplikasi LINE Whoscall Banner

Deteksi Nomor Asing dan Blokir Panggilan Masuk dengan Aplikasi LINE Whoscall

Aplikasi Like Instagram Banner D606d

10 Aplikasi Terbaik untuk Dapat Banyak Like Instagram| Mantul!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara untuk Android & iPhone

Cara Menonaktifkan Whatsapp Sementara untuk Android & iPhone

Cuma Sekali Klik! Cara Menonaktifkan Panggilan Masuk di WhatsApp

Cuma Sekali Klik! Cara Menonaktifkan Panggilan Masuk di WhatsApp

5 Aplikasi WhatsApp Terlarang Super Canggih yang Aman untuk Digunakan

5 Aplikasi WhatsApp Terlarang Super Canggih yang Aman untuk Digunakan

4 Cara Memperbarui WhatsApp di Android, iOS, & Laptop Terbaru 2020

4 Cara Memperbarui WhatsApp di Android, iOS, & Laptop Terbaru 2020

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal