J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ini Dia Tips Cara Menjawab Pertanyaan Interview Agar Dapat Pekerjaan

Ini Dia Tips Cara Menjawab Pertanyaan Interview Agar Dapat Pekerjaan

Senin, 13 Agt 2018, 18:00 WIB
Menjawab pertanyaan saat sedang interview kerja ternyata memiliki tips dan triknya sendiri agar kamu bisa menjawab dengan baik setiap pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Berikut tips dari Jaka bagaimana cara menjawab pertanyaan interview saat melamar pekerjaan.

Siapa di antara kalian yang sedang mencari pekerjaan? Kalau iya, setelah CV kamu diterima oleh tim HRD, maka tahap selanjutnya yang akan kamu lakukan adalah interview atau wawancara. Proses wawancara adalah bagian terpenting dari proses melamar kerja, karena pada tahap ini interviewer akan menilai seberapa positif kepribadian anda hingga layak untuk dipekerjakan di perusahaan yang kamu lamar. Jadi, bagaimana tips agar lancar dalam proses interview?

Nah, kali ini Jaka akan memberikan tips bagaimana Cara Menjawab Pertanyaan Interview dengan baik dan benar, sehingga interviewer akan tertarik dengan profil dan kepribadian kamu.

BACA JUGA
  • 10 Website Lowongan Kerja Paling Terpercaya di Indonesia
  • 10 Ilustrasi yang Menyindir Proses Interview Kerja di Berbagai Perusahaan
  • 10 Skill yang WAJIB Dikuasai Jika Ingin Kerja di Google

Cara Menjawab Pertanyaan interview

Cara Menjawab Pertanyaan Interview 2 926f5

Sumber foto: Pexels

Kali ini Jaka akan memberikan tips bagaimana cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja. Jadi, bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan dan mendapat panggilan untuk interview, kamu boleh banget nih perhatiin dan menerapkan ara menjawab pertanyaan saat interview dengan HRD saat melamar pekerjaan.

Pra Interview

Cara Menjawab Pertanyaan Interview 1 4bd5a

Sumber foto: Pexels

Sebelum masuk ke proses interview atau wawancara, ada beberapa hal yang WAJIB kamu perhatikan agar proses interview kamu berjalan lancar dan mendapat nilai plus dari pihak HRD yang akan mewawancarai kamu.

1. Membawa CV dan Dokumen Pendukung yang Lengkap

Sebelum kamu datang untuk wawancara kerja, pastikan kamu membawa dokumen lengkap seperti CV, KTP, Ijazah dan dokumen pendukung lainnya yang kira-kira dibutuhkan. Hal ini wajib banget kamu perhatikan karena biasanya pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pewawancara atau HRD tidak akan jauh dari CV dan pengalaman kerja kamu.

2. Tepat Waktu

Pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk menempuh perjalanan dari kediaman kamu sampai ke lokasi wawancara kerja kamu. Hal ini sangat penting karena apabila kamu datang terlambat, kemungkinan besar sang pewawancara akan badmood dan kamu pun akan bingung saat menjawab pertanyaan interview. Agar kamu tidak terlambat karena bangun kesiangan, kamu bisa menggunakan aplikasi di bawah ini:

2018 03 20 16 57 24 Early Bird Alarm Clock Android Apps On Google Play B4428
Early Bird Alarm Clock 4.9.1
Apps
DOWNLOAD

3. Cari Tahu Perusahaan dan Posisi yang Akan Dilamar

Sebelum kamu menjawab pertanyaan saat wawancara kerja, pastikan kamu tahu secara detail perusahaan apa yang kamu lamar. Seperti tahun berapa perusahaan itu perdiri, produk apa saja yang dimiliki perusahaan tersebut, sampai bagaimana citra perusahaan tersebut di masyarakat. Kamu juga wajib mencari tahu jobdesk dari pekerjaan yang akan kamu lamar, agar kamu tidak blank saat nanti menjawab pertanyaan interviewer.

4. Berpenampilan Rapih dan Menggunakan Make Up Secukupnya

Hal penting terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum datang ke wawancara kerja, perhatikan penampilan dan riasan kamu. Pastikan kamu memakai pakaian yang formal, sekalipun nantinya pekerjaan yang kamu lamar bukanlah pekerjaan formal yang mengharuskan kamu duduk 10 jam di meja kerja, tetapi berpakaian formal adalah sebagai bentuk respect terhadap perusahaan yang kamu lamar. Serta jangan pernah menggunakan make up menor atau tebal ala kondangan jika hanya untuk melamar kerja ya _guys-!

Saat Interview

Cara Menjawab Pertanyaan Interview 4 B611c

Sumber foto: Pexels

Setelah kamu mempersiapkan segala kebutuhan pra interview, maka tips selanjutnya yang harus kamu perhatikan agar cara menghadapi pertanyaan interview kamu lancar dan mendapat respon positif dari interviewer.

1. Jangan Gugup

Hal pertama yang harus kamu perhatikan supaya cara menjawab pertanyaan interview kamu tidak terbata-bata adalah jangan gugup. Coba atur pernafasanmu sebaik mungkin agar kamu terlihat siap dan bisa mengontrol kondisi diri kamu saat pihak pewawancara mulai menanyakan berbagai hal tentang diri kamu.

2. Pembawaan Santai dan Tenang

Cara menjawab pertanyaan HRD saat interview selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah bersikap santai dan tenang dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh interviewer. Santai yang Jaka maksud adalah bukan kamu bisa sepuas hati menggunakan bahasa informal dan berlaga seperti di rumah sendiri, melainkan harus rileks dan tidak terlihat tergesa-gesa dalam menjawab setiap pekerjaan. Anggap atau bayangkan saja kamu sedang berbincang di kafe atau restauran agar tidak terlalu tegang saat interview berlangsung.

3. Menjawab Pertanyaan interviewer Tidak Berlebihan

Cara menghadapi pertanyaan interview ketiga yang harus kamu perhatikan saat sedang melamar pekerjaan adalah tidak berlebihan atau lebay saat diajukan pertanyaan. Misalnya kamu ditanya mengenai pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti selama kuliah atau sekolah dulu, kamu cukup jawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Tidak perlu menambah-nambahkan bahwa kamu juga aktif di organisasi Karang Taruna atau anggota aktif di komunitas Bumi Datar. Hal ini tidak akan memnambah poin plus di mata interviewer sama sekali.

4. Jujur Mengenai Kemampuan yang Dikuasai

Saat kamu ditanya oleh pewawancara mengenai kemampuan dan softskill yang kamu miliki untuk pekerjaan yang kamu lamar, jawablah 100% jujur sesuai dengan fakta. Pihak HRD atau interviewer biasanya dengan mudah menyadari apabila ada kandidatnya yang berbohong dan menambah-nambahkan kemampuan yang ia miliki. Jangan pernah sekali-kali menambah-nambahkan apalagi berbohong mengenai keahlian yang kamu miliki untuk pekerjaan yang kamu lamar. Nah, untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan aplikasi ini:

Duolingo Logo 899d2
Duolingo - Learn Languages 4.54.3
Apps Education Duolingo
DOWNLOAD

5. Bersikap Aktif

Biasanya saat selesai interview, pewawancara akan bertanya "Apakah ada pertanyaan?" Gunakan kesempatan ini untuk mengajukan 1-2 pertanyaan kepada pewawancara. Apabila kamu melakukan hal ini, kamu akan mendapat nilai plus dari interviewer karena terlihat sebagai pribadi yang aktif dan memiliki passion untuk bekerja di perusahaan tersebut. tetapi sekadar saran dari Jaka, hindari pertanyaan sensitif seperti "Fasilitas apa yang akan saya dapat kalau bekerja di sini?" atau "Bolehkah saya menentukan libur sesuka hati?".

6. Berperilaku Baik (Menjaga Attitude) Kelima tips di atas tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan interview tidak akan berhasil jika kamu tidak memperhatikan poin yang terakhir ini. Kamu wajib banget bersikap dan berprilaku sopan dan menghargai pihak interviewer saat kamu sedang melakukan wawancara. Jangan pernah terlihat menyombongkan diri apalgi merendahakan perusahaan yang sedang mewawancarai kamu.

Akhir Kata

Demikian tips Cara Menjawab Pertanyaan Interview saatmelamar pekerjaan. Tips-tips di atas wajib banget kamu terapkan agar proses interview kamu berjalan lancar dan kamu bisa lolos ke tahap berikutnya. Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

ARTIKEL TERKAIT
Pertanyaan Aneh Di Google

20 Bocoran Pertanyaan Aneh Saat Wawancara Kerja di Google

Header 24 09a4e

KAMBING INDIA DIPERKOSA! 10 Cerita Aneh Tentang Hewan yang Viral di Internet

Teknologi Buatan Korea Utara 736ea

Bukan Cuma Nuklir! Ini 8 Teknologi Asli Buatan Korea Utara

Game Moba Offline Mirip Mobile Legends Banner 1ea6e

12 Game MOBA Offline Android Mirip Mobile Legends di 2019 | Gak Kalah Kompetitif!

Game Mirip Pubg Banner Ad30d

7 Rekomendasi Game Mirip PUBG Offline Terbaik 2020 | Android & PC

APPS TERKAIT
Linkedin Android
LinkedIn Job Search 1.12.0
Apps Linkedin Corporation
7 Minute Workout Best Fitness Apps Icon
7 Minute Workout - Best Fitness Apps 6.0.3
Apps Simple Design Ltd.
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Tips Interview Kerja Menghadapi Pertanyaan Jebakan, Lengkap dengan Persiapan

Tips Interview Kerja Menghadapi Pertanyaan Jebakan, Lengkap dengan Persiapan

Daftar Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Melamar Kerja

Daftar Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Melamar Kerja

Kumpulan Pertanyaan Interview&Jawabannya Untuk Fresh Graduate

Kumpulan Pertanyaan Interview&Jawabannya Untuk Fresh Graduate

10 Ilustrasi yang Menyindir Proses Interview Kerja di Berbagai Perusahaan

10 Ilustrasi yang Menyindir Proses Interview Kerja di Berbagai Perusahaan

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal