J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan | Dijamin Auto Kaya!

5 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan | Dijamin Auto Kaya!

Kamis, 6 Agt 2020, 10:00 WIB
Banyak yang mulai berminat mengetahui cara menjadi blogger. Kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan dari blog, berikut cara menjadi blogger berpenghasilan.

Menjadi blogger adalah salah satu profesi yang menarik untuk ditekuni di era digital seperti saat ini. Kegiatan blogging dapat membawa banyak manfaat, seperti meningkatkan skill menulis, memberikan informasi kepada orang lain, membangun reputasi dan jaringan, hingga menghasilkan uang.

Blog dapat diartikan sebagai website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog.

Lalu, apa itu blogger? Blogger adalah seseorang yang memiliki dan mengelola sebuah blog, atau salah satu layanan blog gratis yang sudah sangat populer.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang cara menjadi blogger, khususnya cara menjadi blogger yang menghasilkan uang, simak penjelasan Jaka berikut ini.

Cara Menjadi.Blogger Sukses dan Terkenal

Kamu pasti tahu Raditya Dika, kan, geng? Berawal dari nge-blog, ia sekarang menjadi seorang public figure sukses dengan berbagai macam karya, seperti novel, film, tur stand up comedy, bahkan kanal Youtube.

Tetapi, tentu perjuangannya tidak mudah. Ia juga mengalami proses yang panjang untuk mencapai kesuksesannya saat ini, termasuk ketika sedang membangun blognya.

Kisah Raditya Dika hanyalah satu dari sekian banyak contoh perjuangan seorang blogger. Kalau kamu termasuk yang mengggantungkan karier dari blog, berikut adalah cara jadi blogger berpenghasilan yang sukses dan terkenal.

Memulai Blog

Demi menjadi seorang blogger, tentunya kamu harus membuat blog terlebih dahulu. Sudah banyak cara membuat blog yang menarik di internet, lengkap dengan langkah-langkah dan gambar ilustrasinya. Kamu bisa mengikuti cara membuat blog di beberapa platform blog dari Jaka.

Namun, kebanyakan blogger pemula berhenti di tengah jalan sekitar satu sampai tiga bulan setelah membuat blog. Mereka cenderung bingung mengenai apa yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk mengembangkan blog mereka. Dengan banyaknya informasi tentang cara mengelola blog, justru hal ini menimbulkan kewalahan bagi para blogger pemula.

Kalau kamu ingin tahu cara menjadi blogger pemula yang ringkas dan padat, simak tips-tipsnya berikut ini! Tenang saja, cara ini juga berlaku untuk kamu yang sudah lebih lama mengelola blog, lho, geng.

1. Tentukan Tujuan Membuat Blog

Cara Menjadi Blogger C35f6

Penting untuk menentukan tujuan membuat blog agar kita semangat dalam mengelolanya. Seperti yang kalian tahu, blogging membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran, sehingga jangan sampai semua hal tersebut sia-sia tanpa adanya tujuan blogging yang jelas.

Menentukan tujuan juga penting bagi para blogger pemula agar mengerti arah dikembangkannya blog tersebut. Sebuah blog dapat ditujukan sebagai sarana penyalur hobi menulis, berbagi informasi dengan orang lain, atau untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Setelah menentukan tujuan pembuatan blog, kamu akan semakin termotivasi untuk mengelola blogmu supaya meraih hasil sesuai tujuanmu tadi. Cara menjadi blogger sukses adalah dengan konsisten dan tekun dalam mengelola blogmu, sehingga prosesnya tidak bisa instan.

2. Tentukan Topik Blog

Cara Menjadi Blogger Sukses 72fc0

Banyak topik yang bisa dipilih sebagai inti pembahasan utama dari seluruh konten yang ada di blogmu, namun bukan berarti kamu harus menulis mengenai semua topik.

Pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan keahlianmu supaya kamu lebih semangat dalam menulis konten. Topik yang tidak dipahami oleh diri sendiri akan terasa sulit untuk ditulis, sehingga kualitas tulisan juga jadi asal-asalan dan menimbulkan kebosanan.

Pemilihan topik juga sangat penting untuk diperhatikan oleh para blogger pemula. Dengan masih banyaknya hal yang perlu dipelajari untuk mengembangkan blog, tentunya blogging akan semakin berat jika harus menulis topik yang tidak dipahami.

Tips

Selain memilih topik yang kamu sukai, usahakan topik tersebut juga banyak dicari oleh masyarakat, sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan informasi-informasi yang dibutuhkan melalui blogmu, karena isinya fokus dengan satu topik.

3. Pilih Platform Blog

Cara Menjadi Blogger Berpenghasilan 6bbdb

Banyak macam platform blog yang bisa kamu pilih, namun Jaka sarankan agar kamu sesuaikan dengan tujuan dan kemampuanmu. Setidaknya ada tiga pilihan platform blog yang populer, yaitu Blogger (hosted), WordPress.com (hosted), dan WordPress.org (self-hosted).

Hosted berarti blog kamu "menumpang" di website mereka, sehingga kamu tidak akan punya website sendiri. Alamat blogmu kira-kira akan menjadi seperti blogsaya.blogspot.com.

Sementara itu, kalau kamu membuat blog self-hosted di Wordpress.org, berarti kamu membuat website sendiri dengan platform bernama WordPress. Website tersebut akan sepenuhnya menjadi milik kamu, tapi kamu harus membayar untuk nama domain dan hosting-nya.

Semua platform blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi blogger pemula, Blogger adalah pilihan yang tepat karena gratis dan sangat mudah digunakan. Wordpress.com juga recommended, selain karena mudah digunakan, juga menjadi platform yang ramah mesin pencari seperti Google.

4. Tentukan Penyedia Layanan Hosting dan Domain

Cara Jadi Blogger Berpenghasilan A5e47

Kalau kamu berencana melakukan blogging dalam waktu yang lama, ada baiknya kamu memiliki domain sendiri. Kebanyakan blogger pemula memilih menggunakan platform blog gratis dan baru menggunakan domain sendiri ketika traffic di blog mereka sudah mulai tinggi. Padahal, strategi ini kurang tepat.

Bagi kamu yang masih asing dengan dua istilah tersebut, domain berarti nama atau alamat website kamu. Sementara itu, hosting artinya tempatnya file-file blog kamu disimpan, ibarat hard disk di PC atau laptop.

Domain dan hosting menggunakan sistem sewa, sehingga kamu perlu membayar setiap bulan atau tahun. Beberapa layanan domain dan hosting yang biasanya direkomendasikan untuk pemula adalah NameCheap (domain), BlueHost atau HostGator (hosting internasional), dan Niagahoster (hosting Indonesia dan gratis domain).

Tips

Gunakan _hosting_ internasional jika konten di blogmu berbahasa Inggris, sedangkan gunakan _hosting_ Indonesia jika kontenmu berbahasa Indonesia.

5. Tentukan Nama Domain

Apa Itu Blogger D906e

Kamu perlu merencanakan nama domain-mu dengan baik sebelum menetapkannya, karena nama tersebut akan selalu menjadi identitas dari blogmu.

Beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum memilih nama domain adalah sesuaikan dengan topik blogmu, hindari nama yang mirip dengan website populer, pastikan nama domain-mu mudah ditulis, diingat, dan diucapkan, serta sebisa mungkin gunakan ekstensi .com.

Selain itu, hindari dash (-) dan angka agar tidak dianggap blog spam, jangan gunakan merek milik orang lain, dan yang tidak kalah penting adalah cek ketersediaan username-nya di media sosial.

Meskipun ada banyak ekstensi lain selain .com, seperti .org, .net, .co, dan .id, namun .com paling mudah diingat kebanyakan orang.

Cara Menjadi Blogger Berpenghasilan

Seperti yang telah Jaka sebutkan di atas, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Asal konsisten dalam mengembangkan blogmu, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan uang meskipun hanya bermodalkan platform blog gratis.

Berikut adalah beberapa cara populer untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Simak penjelasannya supaya kamu bisa menjadi blogger yang menghasilkan uang.

1. Iklan

Cara Menjadi Blogger E51ee

Cara yang banyak digunakan untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan mengikuti jaringan periklanan atau Advertising Networks.

Caranya, cukup bergabung dengan salah satu jaringan periklanan, lalu tambahkan script ke blogmu untuk menampilkan iklan secara otomatis. Platform periklanan di blog yang paling umum adalah Google Adsense dan Google Ads.

Hasil yang kamu dapatkan bergantung dari jenis iklan yang ditayangkan. Jika berjenis Cost Per Click (CPC), maka kamu akan mendapatkan uang ketika iklan di blogmu diklik oleh pengunjung.

Selain itu, harga tiap iklan berbeda. Semakin sesuai iklan yang ditampilkan dengan topik blogmu, maka akan semakin tinggi harganya.

2. Afiliasi

Cara Menjadi Seorang Blogger 6ea98

Inti dari afiliasi adalah kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk pihak lain dengan menggunakan kode khusus, link, atau banner yang ditempatkan di blogmu.

Besar komisi yang akan kamu terima ditentukan dari platform periklanan yang kamu ikuti. Ada yang memberikan 10 persen, 25 persen, bahkan 70 persen dari setiap penjualan yang dihasilkan dari blogmu.

3. Endorsement

Cara Jadi Blogger Sukses 8f010

Kamu pasti tidak asing lagi dengan istilah ini. Endorsement merupakan cara promosi dengan mengulas suatu produk milik orang lain. Endorsement menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan uang dari Instagram, khususnya oleh para selebgram.

Cara menjadi blogger yang menghasilkan uang juga dapat dilakukan melalui endorsement di blog. Ketika blogmu sukses dan telah memiliki nama besar, bisa jadi kamu akan dihubungi oleh pihak lain untuk mempromosikan produk mereka.

Jika kamu setuju, kamu cukup membuat sebuah artikel untuk mempromosikan produk mereka yang isinya meliputi penjelasan mengenai produk tersebut, fitur yang dimilikinya, hingga kelebihan-kelebihannya.

4. Berjualan Produk

Cara Menjadi Blogger Berpenghasilan F6460

Selain menjual produk milik orang lain, tentu kamu juga bisa menjual produkmu sendiri, baik produk fisik maupun digital. Berjualan produk melalui blog merupakan cara yang sangat baik untuk meningkatkan penjualan secara online.

Sebagai contoh, kamu bisa menjual produk pakaian jika topik blogmu adalah tren fashion terbaru. Selain bisa membeli produk yang kamu jual, para pelanggan juga bisa membaca konten-konten seputar tren fashion di blogmu.

5. Menjual Jasa

Cara Jadi Blogger Berpenghasilan Ab62a

Tidak hanya berjualan produk, kamu juga bisa menjual jasa sebagai cara menjadi blogger berpenghasilan. Contohnya, jika kamu ahli dalam bidang menulis, apalagi kamu sudah lama mengelola blog, kamu bisa coba menjual jasa penulisan artikel.

Namun, tentu saja kamu harus menunjukkan keahlian melalui blogmu terlebih dahulu. Jika konten-kontenmu menarik dan solutif, maka kamu akan semakin mudah untuk meyakinkan calon customer tentang keahlianmu.

Akhir Kata

Itu dia 5 cara menjadi blogger sukses dan cara menjadi blogger berpenghasilan. Silakan mencoba mempraktikkan cara-cara di atas untuk semakin mengembangkan blogmu.

Tapi ingat, geng, diperlukan kerja keras, konsistensi, dan ketekunan untuk menjadi sukses, termasuk dalam hal blogging. Berfokuslah dalam memberikan konten-konten berkualitas agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
E6ee79b1a148d4e82a5e7e225d8a5ef8

10 Blogger dengan Pendapatan Terbanyak di Dunia

Aplikasi Wajib Untuk Blogger Di Android Banner D4737

7 Aplikasi Wajib Untuk Blogger di Android, Gratis dan Mudah Digunakan!

Situs Bikin Blog Pribadi Banner 25f61

7 Situs Terbaik untuk Bikin Blog Pribadi, Gratis dan Bisa Dapat Uang!

Cara Menjadi Blogger Terkenal Cover

7 Tips Agar Bisa Menjadi Blogger Terkenal

Cara Mendapatkan Uang Pubg Mobile Banner Wave1 41f00

3 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Game PUBG Mobile, Auto Jadi Jutawan!

Banner Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

3 Cara Menghasilkan Uang dari Internet dan Bikin Kamu Jadi Kaya Raya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Apa itu Hosting? Inilah Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya!

Apa itu Hosting? Inilah Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya!

Cara Membuat Website Gratis Melalui HP, Cuma 5 Menit Langsung Jadi!

Cara Membuat Website Gratis Melalui HP, Cuma 5 Menit Langsung Jadi!

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Mudah, Cepat, & Banyak!

10 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram, Mudah, Cepat, & Banyak!

7 Cara Mendapatkan Uang dari Google untuk Pemula, Mudah dan Cepat!

7 Cara Mendapatkan Uang dari Google untuk Pemula, Mudah dan Cepat!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal