J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Alasan Kenapa Harus Menjadi Beta Tester Android di Play Store

Inilah Alasan Kenapa Harus Menjadi Beta Tester Android di Play Store

Selasa, 11 Apr 2017, 08:00 WIB
Di mana kamu bisa langsung mencicipi lebih awal dan turut menguji membantu pengembang dengan memberikan umpan balik.

Cara terbaik untuk merasakan fitur baru di smartphone Android adalah dengan bergabung menjadi beta tester. Di mana kamu bisa menjajal dan menguji fitur baru beberapa minggu bahkan sebulan lebih cepat sebelum benar-benar dirilis untuk semua orang.

Istilah 'beta' sendiri mengacu pada produk yang masih dalam tahap pengembangan. Tujuan developer merilis versi beta ialah untuk menguji perangkat lunak mereka dengan audiens yang lebih kecil.

Serta untuk mengetahui seberapa antusias seorang pengguna, mengumpulkan feedback, dan memperbaiki kekurangan sebelum akhirnya dirilis ke publik.

BACA JUGA
  • Monster PVP Hadir di Android dan iOS Untuk Penggemar Game Pokemon
  • Trik Rahasia Untuk Menjadi Beta Tester Aplikasi Terbaru Google Play
  • Bagaimana Cara Developer Android Dapat Uang Dari Aplikasi Buatannya?

Alasan Kenapa Kamu Wajib Gabung Sebagai Beta Terster di Google Play Store

Lalu, siklus apa saja yang terjadi, apa itu beta, kelebihan serta kekurangannya, dan bagaimana bergabung menjadi beta tester?

Ini Siklus Sebelum Versi Beta

Siklus Sebelum Beta

Ketika sebuah perusahaan membuat sebuah produk, pada prosesnya biasanya mereka mengalami beberapa siklus yakni pre-alpha, alpha, beta, dan versi final.

Tahap pre-alpha adalah bagian dari pengembangan sebelum pengujian awal. Meliputi segala sesuatu yang terjadi sebelum tes resmi dimulai.

Pre-alpha merangkum berbagai kegiatan yang berbeda, mulai dari riset pasar, pengumpulan data, analisis kebutuhan, dokumentasi, dan sebagainya. Dan iya, fase ini dapat berjalan dalam waktu yang cukup lama.

Spesifikasi Samsung Galaxy S8 9
7 Alasan Harus Buang Smartphone Lama Demi Samsung Galaxy S8 Terbaru
Sebagai penerus, spesifikasi dan fitur canggih Samsung Galaxy S8 terbaru ini sudah pasti akan membuatmu tertarik untuk memilikinya.
LIHAT ARTIKEL

Apa yang Terjadi Ditahap Alpha dan Beta?

Apa Yang Terjadi Ditahap Alpha Dan Beta

Alpha adalah tahap pengujian resmi atau pengujian awal dengan tujuan menguji fungsionalitas inti sebuah produk. Yakni untuk memastikan bahwa fungsi yang paling dasar beroperasi sebagaimana mestinya.

Sementara tahap pengujian beta dimulai ketika sebuah produk didorong untuk siap dipasarkan. Di tahap inilah pengembang menguji berbagai fitur baru, meningkat atau mengubah fitur untuk penggunaan yang maksimal, mengoptimalkan kinerja secara keseluruhan, dan memperbaiki bug.

Meskipun pengujian beta merupakan langkah ketiga dalam pengembangan produk, namun seringkali menjadi tahap yang terpanjang karena ada begitu banyak aspek yang harus diuji.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Beta Tester

Kelebihan Kekurangan Menjadi Beta Tester

Kita ambil contoh WhatsApp, aplikasi milik Facebook itu sangat gencar mengembangkan beragam fitur baru di versi beta. Di mana kamu bisa langsung mencicipi lebih awal dan turut menguji membantu pengembang dengan memberikan umpan balik.

Kelemahannya ada kemungkinan kamu mengalami bug besar atau kecil, namun biasanya jarang ditemukan bug yang membutuhkan perhatian segera. Software beta akan banyak mengalami perubahan, fitur baru bisa silih berganti, jadi kamu harus sering memperbaruinya.

Cara Bergabung Versi Beta di Android

Hampir sebagian besar pengembang aplikasi terkemuka seperti Google, Facebook, Microsoft, dan lainnya pasti mereka akan melakukan proses pengujian beta di aplikasi yang akan mereka rilis.

Namun, bagaimana caranya bergabung untuk menjadi beta tester? Sebenarnya caranya mudah, tetapi jarang ada orang yang mengetahuinya. Berikut cara untuk menjadi Beta Tester aplikasi terbaru di Google Play.

  • Jalankan aplikasi Google Play Store. Pastikan aplikasi yang ingin kamu coba versi betanya sudah diunduh terlebih dahulu, lalu klik opsi di kiri atas.
    Cara Menjadi Beta Tester Android 1
  • Setelah itu klik pilihan 'My Apps and Games' dan carilah aplikasi yang ingin kamu tes. Sebagai contoh Jaka ingin menjadi beta tester aplikasi Instagram.
    Cara Menjadi Beta Tester Android 2
  • Selanjutnya salin link halaman aplikasi tersebut dan membukanya di browser. Caranya klik tombol 'Share' di bawah 'Review' dan gunakan 'Copy To Clipboard'.
    Cara Menjadi Beta Tester Android 3
  • Kamu juga bisa mengakses Google Play Store dengan URL https://play.google.com/store dari browser, lalu cari aplikasi yang ingin diuji tadi. Untuk kamu yang sudah berhasil menyalin link dari Play Store, kamu hanya tinggal paste link tersebut di browser.
    Cara Menjadi Beta Tester Android 4
  • Lalu kamu bisa menuju kolom URL dan mencari kode aplikasi yang tertulis seperti gambar di bawah. Untuk Instagram di situ tertulis com.instagram.android. Kode yang ada akan berbeda tiap-tiap aplikasi. Jangan lupa copy kode tersebut.
  • Setelah itu ketiklah URL dan paste kode aplikasi yang telah kamu copy tadi di belakang kata testing https://play.google.com/apps/testing/KODE_APLIKASI. Untuk Instagram, Jaka mengakses https://play.google.com/apps/testing/com.instagram.android.
    Cara Menjadi Beta Tester Android 5
  • Setelah itu akan ada sedikit keterangan bahwa kamu telah diundang ke program untuk versi aplikasi Instagram yang belum dirilis. Klik 'Become A Tester' atau 'Jadi Penguji' dan kamu pun sukses menjadi Beta Tester! (Jika kamu sudah tidak ingin lagi menjadi Beta Tester, kamu bisa kembali ke halaman ini lagi dan klik tombol 'Leave The Program', lalu reinstall lagi aplikasi tersebut untuk kembali ke versi stabilnya).
    Cara Menjadi Beta Tester Android 6
  • Satu langkah lagi, sekarang buka aplikasi Google PlayStore dan pembarui aplikasi Instagram. Dari situ kamu juga bisa melihat keterangan Instagram (Beta). Kamu juga bisa cek perbedaan versi dan tanggal update sebelum dan sesudah kamu menjadi Beta Tester.

Akhir Kata

Sekarang kamu bisa menikmati aplikasi beta tersebut dan fitur-fitur baru yang belum tentu ada di versi official-nya. Sebagai catatan, versi beta mungkin tidak stabil, masih ada bug, dan interval pembaruan lebih cepat. Jadi, pastikan kamu terus memperbaruinya.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
1 Dari 4 Pengguna Smartphone Ingin Pacaran Dengan Asisten Digital Kamu

1 Dari 4 Pengguna Smartphone Ingin Pacaran dengan Asisten Digital, Kamu?

Aplikasi Edit Foto Banner 08061

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Bokeh dan Blur di Android, Gak Perlu Kamera DSLR!

Aplikasi Android Untuk Melacak Seseorang Cfe41

20 Aplikasi untuk Melacak Keberadaan Seseorang dan Caranya

Inilah Negara Penjual Smartphone Termahal Dan Termurah Di Dunia

Inilah Negara Penjual Smartphone Termahal dan Termurah di Dunia!

5 Aplikasi Android Untuk Para Guru

5 Aplikasi Android untuk Para Guru Supaya Mudah Belajar Mengajarnya

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal