Mudah! Ini 2 Cara Mengutip dari Website | Bisa Manual dan Otomatis!

Default

Kamu sedang bikin skripsi dan bingung bagaimana cara mengutip dari website? Jangan khawatir, karena Jaka sudah menyediakan tutorial lengkapnya di artikel ini. Dijamin mudah!

Kutipan sendiri merupakan salah satu bagian penting dalam penulisan skripsi karena bisa digunakan untuk memperkuat pendapatmu dalam suatu hal.

Berbeda dengan menjiplak, apabila mengutip orang, maka kamu perlu mencantumkan nama orang tersebut. Nah, ada berbagai macam cara yang bisa kamu terapkan di bawah ini.

Panduan Cara Mengutip dari Website

Cara Mengutip Dari Website A06f5

Ada banyak sumber jurnal internasional atau ilmiah yang bisa digunakan untuk memperkaya isi skripsi yang sedang kamu tulis.

Semakin banyak fakta, bukti, maupun pendapat ahli yang kamu gunakan untuk memperkuat pendapatmu, maka informasi yang kamu tulis juga akan semakin kredibel.

Kalau sudah begitu, pastinya jurnal atau skripsimu akan memiliki konten yang jauh lebih berkualitas di mata orang dan bisa dipercaya.

Nah, kalau kamu masih bingung cara mengutip dari website, ada 2 cara yang bisa kamu gunakan, yaitu mengutip secara manual dan otomatis.

Nantinya, kalau kutipanmu sudah lengkap, kamu bisa langsung membuat daftar pustaka di Word dengan cepat dan mudah.

Cara Mengutip dari Website Secara Manual

Pada dasarnya, kamu akan mengetik kutipan sendiri mengikuti format yang sudah ada.

Berbeda dengan cara mengutip dari jurnal, mengutip dari website mewajibkanmu untuk mencantumkan URL, waktu akses, dan judul website atau artikel dalam daftar pustaka.

Selain itu, dalam tulisan, kamu cukup mencantumkan nama pengarang bersamaan dengan tahun terbit artikel tersebut. Di sini, Jaka akan memberi contoh cara mengutip berita dari Kompas melalui website resminya yang bisa diakses di sini.

Cara Mengutip Dari Website Kompas 8c213

Kutipan Langsung

Dengan kutipan langsung, maka kamu mengutip sesuai dengan sumber aslinya tanpa ada perubahan kalimat sama sekali. Contoh:

"Sebelum resmi ditutup, pengguna Breaker diminta untuk mengekspor file atau data pribadi mereka ke aplikasi layanan streaming musik lainnya seperti Apple Music, Spotify, Stitcher, Overcast, Pocket Casts, atau Castro" (Conney Stephanie, 2021).

Kutipan Tidak Langsung

Sementara itu, kutipan tidak langsung berarti kamu meringkas kalimat dari sumber aslinya, tapi tetap mempertahankan inti ataupun gagasan asli sumber yang dikutip. Contoh:

Conney Stephanie (2021) menyatakan bahwa sebelum resmi ditutup, pengguna Breaker diminta untuk mengekspor file atau data pribadi mereka ke aplikasi layanan streaming musik lainnya seperti Apple Music, Spotify, Stitcher, Overcast, Pocket Casts, atau Castro.

Cara Mengutip dari Website Secara Otomatis

Kalau skripsimu memiliki kutipan yang sangat banyak, akan lebih mudah jika kamu mengutipnya secara otomatis. Caranya adalah dengan menggunakan situs pembuat kutipan.

Website ini sangat cocok untuk semua kalangan karena kamu tidak perlu mengetahui cara mengutip dari website APA style maupun cara mengutip dari website tanpa penulis.

Ada berbagai macam gaua kutipan lainnya yang sangat lengkap di website ini dan kutipan akan otomatis terbuat secara cepat. Ikuti langkah-langkahnya berikut!

  1. Klik Create Citations.
  2. Klik website.
  3. Klik Create Manual Citation.
  4. Isi semua detail website, nama penulis, tahun, dan lain-lain secara lengkap.
  5. Klik Complete Citation.
  6. Salin kutipan ke tulisan.

Di langkah terakhir, kamu dapat memilih untuk menyalin kutipan website yang sudah dibuat sebagai daftar pustaka ataupun kutipan dalam teks. Sangat mudah, bukan?

Selain itu, kamu juga tidak perlu memasukkan daftar pustaka secara manual karena situs ini menyediakan fitur sort, sehingga semua kutipan yang kamu masukkan akan otomatis terurutkan dari A - Z.

Akhir Kata

Nah, begitu cara mengutip dari website secara manual dan otomatis. Jangan lupa untuk senantiasa back-up file skripsimu di situs backup data agar tidak kehilangan data, ya!

Alternatif lainnya adalah kamu bisa menyimak cara mendapatkan Google Drive Unlimited secara gratis. Jadi tidak perlu bayar untuk mendapatkan storage yang lebih besar!

Baca artikel mengenai Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Banner 2d515
Langsung Bisa! 5 Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop ASUS
Cara Mempercepat Download Di Chrome Pc Dan Android Banner D9476
7 Cara Mempercepat Download di Chrome PC dan Android, 100% Ampuh Bikin Download Ngebut!
Harga Realme Narzo 20 Banner 29f2f
Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 20, HP Idaman Gamer!
Hp Nfc Murah Banner D6e25
7 Rekomendasi HP NFC Paling Murah, Lengkap Harga dan Spesifikasi!
Cara Mengganti Nama Dan Foto Profil Di Zoom Pc Dan Hp F337a
Cara Mengganti Nama dan Foto Profil di Zoom PC dan HP, Gampang!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal