J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

3 Cara Mudah Mengunci Aplikasi di HP Samsung Semua Tipe (Terbaru 2020)

3 Cara Mudah Mengunci Aplikasi di HP Samsung Semua Tipe (Terbaru 2020)

Rabu, 4 Mar 2020, 20:00 WIB
Takut data-data di HP Samsung kamu kecolongan? Jangan khawatir, Jaka bakal kasih tahu kamu cara mengunci aplikasi di HP Samsung dengan mudah!

Di era serba digital seperti sekarang, keamanan dan privasi merupakan hal yang sangat penting. Apalagi, kini kita seringkali menggunakan smartphone sebagai media penyimpanan data personal.

Rekening bank, akun media sosial, password, dan dokumen penting merupakan sebagian dari data sensitif yang kita simpan di smartphone.

Masalahnya, data-data inilah yang seringkali menjadi incaran hacker, geng. Selain itu, kamu juga harus waspada dengan tangan jahil temanmu yang suka mengutak-atik HP kamu.

Memang, sih, HP zaman sekarang sudah dilengkapi fitur keamanan seperti fingerprint dan face unlock. Namun, supaya lebih aman kamu bisa mengunci aplikasi yang ada di HP kamu secara personal.

Kalau kamu adalah pengguna HP Samsung, Jaka bakal menjelaskan beberapa cara mengunci aplikasi di Samsung supaya data kamu aman dan terhindar dari pencurian.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Meskipun fitur mengunci aplikasi sangatlah dibutuhkan, sayangnya kini kamu sudah tidak bisa lagi mengunci aplikasi melalui fitur bawaan smartphone Samsung.

Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi pihak ketiga supaya kamu bisa tetap menjaga privasi dari aplikasi yang ada di HP Samsung kamu.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu cara mengunci aplikasi di HP Samsung dengan menggunakan 3 aplikasi pengunci terbaik yang ada di Google Play Store. Check it out!

1. Cara Mengunci Aplikasi di Samsung Menggunakan AppLock

Aplikasi pertama yang Jaka rekomendasikan adalah AppLock yang dikembangkan oleh developer DoMobile Lab. AppLock merupakan aplikasi pengunci yang paling populer.

Cara menggunakannya juga sangat simpel, geng. Selain itu, kamu juga bisa memilih metode membuka kunci yang kamu inginkan, mulai dari pattern, password, bahkan fingerprint.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur di mana HP kamu bakal otomatis memotret orang yang salah memasukkan password atau pattern.

Jadi, kamu bisa tahu siapa orang yang mencoba untuk membuka aplikasi terkunci tersebut. Berikut adalah cara mengunci aplikasi di Samsung menggunakan AppLock:

Langkah 1 - Download dan Install AppLock

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah mengunduh aplikasi AppLock dari Google Play Store. Kamu juga bisa langsung klik link di bawah untuk langsung men-download.
App Lock Icon
AppLock 2.32.7
Apps Antivirus & Security DoMobile Lab
DOWNLOAD
  • Setelah meng-install AppLock, bukalah aplikasi tersebut. Kamu bakal disuruh untuk memasukkan pattern supaya aplikasi ini tidak dapat diakses oleh orang sembarangan.

  • Klik pada Agree and Start untuk dapat mulai mengoperasikan AppLock.

1 2 B29b3

Langkah 2 - Opsi Pengamanan Aplikasi

  • Di menu utama, kamu bisa masuk ke tab Protect untuk dapat memilih opsi-opsi lanjutan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Klik pada Unlock Settings untuk mendapatkan opsi pengamanan aplikasi kamu melalui Pattern atau Password.

  • Kalau kamu masih merasa kurang aman, kamu bisa masuk ke tab protect, pilih pada opsi General, lalu aktifkan Advanced Protection. Kamu bakal diminta untuk memasukkan alamat email-mu sebagai backup.

3 4 1000f

Langkah 3 - Mengunci Aplikasi

  • Untuk mengunci aplikasi yang kamu inginkan, masuk pada tab Privacy lalu pilihlah aplikasi mana saja yang ingin kamu kunci dengan AppLock.

  • Apabila kamu menggunakan sistem operasi Android 5.0 ke atas, kamu harus memberi akses kepada aplikasi AppLock. Klik Permit untuk memberikan akses.

  • Apabila sudah ada simbol gembok terkunci di samping aplikasi yang kamu inginkan, artinya aplikasi tersebut sudah dikunci oleh AppLock.

  • Masukkan pattern atau password yang sudah kamu buat sebelumnya untuk mengakses aplikasi yang kamu kunci tersebut.

5 6 54aab

2. Cara Mengunci Aplikasi di Samsung Menggunakan AppLock - Fingerprint

Selain aplikasi AppLock di atas, Jaka juga punya rekomendasi aplikasi pengunci yang nggak kalah bagus, yakni AppLock - Fingerprint.

Aplikasi satu ini memiliki metode pengoperasian yang lebih mudah namun memiliki fitur-fitur keren yang nggak bakal kamu temui di aplikasi lain.

Seperti apakah cara mengunci aplikasi di HP Samsung menggunakan AppLock - Fingerprint? Langsung saja simak, yuk, geng!

Langkah 1 - Download dan Install Applock - Fingerprint

  • Pertama-tama, kamu wajib men-download aplikasi AppLock - Fingerprint terlebih dahulu. Kamu bisa download dari Google Play Store atau klik link di bawah ini untuk langsung download dengan praktis.
Applock Fingerprint C367b
AppLock - Fingerprint 7.1.2
Apps
DOWNLOAD
  • Setelah Applock - Fingerprint ter-install, kamu bakal diminta untuk memasukkan master PIN untuk dapat mengakses aplikasi ini. Pilih yang aman ya, geng!

  • Berikan izin pada Applock - Fingerprint untuk dapat mengakses data yang ada di HP Samsung kamu. Baru, deh, kamu bisa mengoperasikan aplikasi ini.

1 4c9af

Langkah 2 - Opsi Pengamanan Aplikasi

  • Supaya aplikasi jadi lebih aman, kamu bisa menyetel beberapa opsi yang ada pada tab Settings di menu utama aplikasi Applock - Fingerprint.

  • Klik pada Password Settings untuk mengubah tipe kunci yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan fitur Fingerprint atau Face Detection dalam membuka aplikasi supaya lebih aman.

  • Nggak cuma setelan keamanan, kamu juga bisa mengkustomisasi tampilan layar kunci aplikasi supaya terlihat lebih menarik.

2 F56d8

Langkah 3 - Mengunci Aplikasi

  • Kalau semua setelan sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan, kamu bisa ikuti langkah berikut untuk dapat mulai mengunci aplikasi pilihanmu menggunakan Applock - Fingerprint.

  • Masuk pada tab AppLock, lalu klik pada tombol "+" berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah layar kamu.

  • Pilih aplikasi yang ingin kamu kunci dengan aplikasi Applock - Fingerprint dengan menggeser slider yang ada di sebelah kanan nama aplikasi.

3 4 86d81
  • Setelah slider berubah menjadi warna biru, klik lagi pada tombol "+" berwarna biru yang ada di kanan bawah layar.

  • Kamu bakal kembali lagi ke halaman utama aplikasi. Di sebelah kanan logo aplikasi, kamu bakal menemukan 2 opsi tambahan yang sangat menarik untuk kamu coba.

5 224cb

Cara Mengunci Aplikasi di Samsung Menggunakan Smart AppLock

Aplikasi terakhir yang Jaka rekomendasikan buat kamu untuk mengunci aplikasi adalah Smart AppLock. Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang "smart" dan berguna banget untuk kamu.

Daripada kamu makin nggak sabar, berikut adalah cara mengunci aplikasi di HP Samsung menggunakan aplikasi Smart AppLock:

Langkah 1 - Download dan Install Smart AppLock

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Smart AppLock dari Google Play Store. Kamu juga bisa langsung klik link di bawah untuk langsung men-download.
Applock Logo Bddd5
AppLock - Pelindung Aplikasi 4.2.1
Apps Antivirus & Security ThinkYeah Mobile
DOWNLOAD
  • Install seperti biasa, lalu buka aplikasi tersebut. Pada halaman awal, klik pada tombol Start to Use untuk mulai menggunakan Smart AppLock.
1 47d17

Langkah 2 - Mengunci Aplikasi

  • Sesuai dengan namanya yang menyandang kata Smart, aplikasi ini bakal langsung mendeteksi aplikasi-aplikasi apa saja yang rentan untuk di-hack atau dibobol.

  • Klik pada tombol Enable, lalu pilihlah aplikasi-aplikasi yang ingin kamu amankan. Kerennya, aplikasi ini dapat mengunci beberapa aplikasi sekaligus, geng!

2 3 1d977
  • Setelah selesai memilih aplikasi, klik pada tombol Enable yang berwarna hijau.

  • Gambarlah pattern yang ingin kamu gunakan untuk mengunci aplikasi sebelumnya. Buatlah gambar yang rumit namun mudah kamu ingat ya, geng.

  • Berilah izin pada aplikasi Smart AppLock untuk dapat mengakses aplikasi lain yang ada di HP kamu. Selesai, deh, geng!

4 5 E2384

Akhir Kata

Bagaimana, geng, mudah banget kan cara-cara mengunci aplikasi di HP Samsung? Meskipun nggak bisa dilakukan dengan fitur bawaan, aplikasi-aplikasi di atas dapat memastikan data pribadi kamu di HP makin aman.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang tersedia di bawah, yah!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Membuat Cv 5e778

10 Aplikasi Untuk Membuat CV Terbaik 2019 di Android & iOS | Bikin Langsung di HP!

Aplikasi Mendengarkan Ceramah Banner B2df1

10 Aplikasi untuk Mendengarkan Ceramah Android Terbaik 2019, Insyaallah Bermanfaat!

Aplikasi Android Untuk Melacak Seseorang Cfe41

20 Aplikasi untuk Melacak Keberadaan Seseorang dan Caranya

Header 22 B11b3

3 Aplikasi Untuk Mencari Hotspot WiFi Kapan Saja, Dimana Saja

Aplikasi Untuk Bayar Tagihan Kredit Motor 314bb

4 Aplikasi Untuk Bayar Tagihan Kredit Motor | Ada Diskonnya!

Smartphone Hands

5 Aplikasi Untuk Mengetahui Orang Yang Sering Kepo Di Android Kamu

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Aplikasi Kunci Aplikasi Terbaik Android, File Rahasia Dijamin Aman!

7 Aplikasi Kunci Aplikasi Terbaik Android, File Rahasia Dijamin Aman!

4 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Android Paling Mudah dan Praktis

4 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Android Paling Mudah dan Praktis

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Terbaru 2020, Tanpa Root!

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Terbaru 2020, Tanpa Root!

7 Aplikasi Super Canggih yang Jarang Diketahui, Bermanfaat dan Gratis!

7 Aplikasi Super Canggih yang Jarang Diketahui, Bermanfaat dan Gratis!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal