Cara Menggunakan Mendeley untuk Daftar Pustaka | Pejuang Skripsi Merapat!

Default

Software atau aplikasi Mendeley dikenal sebagai salah satu aplikasi wajib yang digunakan bagi para mahasiswa, akademisi, hingga dosen sebagai aplikasi khusus untuk menyusun sitasi atau pengutipan karya ilmiah dan daftar pustaka.

Begitu praktis dan cukup mudah untuk digunakan sehingga nggak mengherankan jika aplikasi ini justru digunakan sebagai aplikasi utama dari sejumlah kampus dan lembaga penerbitan jurnal untuk menyusun daftar pustaka dan kutipan ilmiah.

Selain itu, ada sejumlah keuntungan dalam menggunakan aplikasi satu ini, seperti aplikasi ini sudah bekerja sama dengan sejumlah penerbit jurnal, juga sejumlah rekomendasi jurnal internasional.

Dalam artikel ini Jaka, bakalan menjelaskan sejumlah cara menggunakan Mendeley secara singkat dan mudah. Simak baik-baik hingga selesai, ya

Apa itu Mendeley?

Cara Menggunakan Mendeley Untuk Jurnal A1108

Mendeley merupakan software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu kamu untuk mengatur penelitian, berkolaborasi dengan peneliti lain secara online, dan mencari publikasi penelitian terakhir.

Mendeley yakni salah satu software manajemen referensi yang berbasis open source yang dapat diperoleh secara gratis dan mendukung beragam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux.

Versi terbaru dari Mendeley juga telah mendukung sistem operasi Android, sehingga perangkat ini dapat digunakan pada ponsel.

Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian.

Kerennya lagi file-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatan-catatan dengan sticky notes atau highlight.

Untuk perihal sitasi dan daftar pustaka tulisan yang dibuat dengan Microsoft Word, OpenOffice atau LaTex bisa dihubungkan dengan software Mendeley sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis.

Mendeley juga bisa dihubungkan dengan software manajemen referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero. Selain itu Mendeley merupakan salah satu cara membuat daftar pustaka di Word. Sitasi karya ilmiah bagi mahasiswa, akademisi, dan dosen merupakan salah satu unsur penting dalam penyusunan karya tulis ilmiah.

Agar memudahkan proses sitasi atau pengutipan yang cukup rumit, maka Mendeley hadir sebagai salah satu aplikasi yang bisa membantu untuk hal tersebut. Mendeley juga bisa membantu kamu mencari jurnal ilmiah internasional gratis.

Namun ternyata masih banyak bingung tentang cara menggunakan aplikasi ini. Agar kamu nggak menunggu terlalu lama, berikut ini Jaka sudah merangkum cara menggunakan Mendeley berikut ini.

Kelebihan dari Mendeley

Cara Menggunakan Mendeley Di Hp 7c066

Kalau kamu masih ragu menggunakan Mendeley, kamu mungkin perlu mengetahui sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Mendeley. Terutama cara untuk menulis daftar pustaka yang benar agar diterima dosen.

Apalagi kelebihan dari aplikasi Mendeley ini disebut yang paling terbaik dan mudah dibandingkan sejumlah aplikasi yang serupa. Berikut ini adalah sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Mendeley.

  • Karya Ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis diurutkan mulai dari penulis, judul, tahun dan Penerbit.

  • Kita dapat mencari tulisan tidak hanya dalam satu jurnal tetapi diseluruh jurnal/buku/program yang mengandung kata yang kita cari.

  • Setiap file yang kita tambahkan di dalam program Mendeley ini dapat diketahui detailnya otomatis secara lengkap tanpa harus kita tambahkan satu persatu.

  • Bagi kamu yang memiliki akun Mendeley di internet dapat disinkronkan dengan file yang ada di komputer dan sewaktu-waktu dapat diakses dimana pun dan kapanpun asal ada jaringan internet.

  • Dengan fasilitas web importer kamu dapat menambahkan file ke Mendeley tanpa mengunduh file hanya dengan cara menghubungkan file secara online saja.

Download Mendeley di Laptop

Menggunakan Mendeley sebagai cara membuat daftar pustaka di Word 2021 sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs resminya untuk mendapatkan Mendeley Deskop.

Untuk info lebih lanjut tentang aplikasi Mendeley, baca artikel Jaka, ya!

Cats5 Dec9b
Download Aplikasi Mendeley Desktop | Untuk Susun Daftar Pusaka
Aplikasi Mendeley sudah lama dikenal sebagai software andalan mahasiswa dan akademisi untuk menyusun sitasi dan daftar pustaka. Download di sini.
LIHAT ARTIKEL

Cara Menghubungkan Mendeley ke Word

Membahas cara menggunakan Mendeley sebagai aplikasi pengatur daftar pustaka, pertama-tama kamu perlu menghubungkan Mendeley ke Word, geng.

Adapun caranya kamu perlu untuk memasang atau instal plugin Mendeley untuk menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word. Berikut ini langkahnya:

  1. Download Mendeley sesuai dengan jenis perangkatmu.

  2. Buka aplikasi Mendeley, pilih Register untuk membuka akun baru atau isi data email dan password akun yang ada untuk Login.

    Cara Menghubungkan Mendeley Ke Word 1 5502d
  3. Setelah masuk ke dalam aplikasi, tutup Ms. Word. Jika MS Word masih terbuka maka akan muncul jendela permintaan untuk menutup MS Word.

  4. Download Citation Plugin for Ms. Word. Tunggu hingga selesai.

    Cara Menghubungkan Mendeley Ke Word 2 2c313
  5. Pilih menu Reference dan pilih Insert Citation atau Open Mendeley untuk menggunakan Mendeley.

    Cara Menghubungkan Mendeley Ke Word 2 2c313

Cara Menggunakan Mendeley untuk Memasukkan Referensi

Setelah Microsoft Word dan Mendeley sudah sukses terintegrasi, maka selanjutnya adalah memasukkan sitasi ke dalam karya tulis ilmiahmu, geng.

Memasukkan pengutipan ke dalam karya ilmiah, tentu kamu perlu untuk memiliki data karya ilmiah atau referensi yang sudah dimasukkan ke dalam Mendeley terlebih dahulu.

Caranya pun cukup mudah, semudah memasukkan watermark pada Microsoft Word untuk skripsi loh. Berikut ini adalah caranya.

  1. Siapkan file PDF dari jurnal atau artikel yang akan kamu jadikan referensi.
Cara Membuat Sitasi Dan Daftar Pustaka Dengan Mendeley 7229d
  1. Agar memudahkan dalam manajemen referensi, buatlah satu folder khusus untuk semua referensi yang akan kamu gunakan.

  2. Masukkan file PDF dengan cara drag file PDF ke aplikasi Mendeley. Kamu juga bisa langsung drag file secara bersamaan.

Cara Menggunakan Mendeley Pdf 4dea4
  1. Cek ulang data referensi yang diunggah. Klik dua kali untuk membuka file.
Cara Menggunakan Mendeley Web 73c68

Akhir Kata

Itu tadi sejumlah cara menggunakan Mendeley untuk memasukkan referensi dan mengintegrasikan Microsoft Word dengan aplikasi Mendeley. Perlu diingat Mendeley digunakan untuk sitasi di body atau tubuh Word.

Sehingga kalau kamu membutuhkan sitasi yang dimasukkan ke footnote Word, kamu bisa lihat cara membuat footnote Word, berikut.

Apakah kamu sudah pernah mencoba aplikasi lain selain Mendeley? Menurutmu apakah aplikasi Mendeley cukup mudah untuk digunakan? Bagikan pendapatmu dalam kolom komentar, ya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Page C9e8f
Cara Translate File PDF Inggris - Indonesia Termudah, Gak Ribet!
Cara Print Bolak Balik Di Word Banner 118f3
Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word dan PDF, Gampang Banget!
4 Cara Mudah Membuat File Pdf Di Hp Android Iphone Bisa Tanpa Aplikasi 10ed5
5 Cara Membuat File PDF di HP Android & iPhone, Bisa Tanpa Aplikasi!
Banner Jadi 32733
Cara Ubah PDF ke Excel dengan Mudah dan Praktis, Nggak Harus Bayar
Aplikasi Edit Pdf 368f9
7 Aplikasi Edit PDF Terbaik di Android, Bisa Buat Convert Juga!
Page 6ed4d
Cara Mudah Mengetik Pakai Suara di Laptop dan Android, Anti Pegal-Pegal!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal