Cara Menggunakan Dropbox untuk Pemula | Simpan Data secara Aman!

Default

Bagi kamu yang butuh ruang penyimpanan lebih untuk berbagai file besar, kamu bisa mencoba Dropbox sebagai layanan penyimpanan cloud. Cara menggunakan Dropbox yang mudah membuat platform tersebut menjadi pilihan banyak orang.

Meskipun saat ini sudah banyak HP dengan memori internal besar, namun kadang kita masih butuh ruang penyimpanan eksternal untuk mencadangkan berkas-berkas penting.

Di antara banyaknya pilihan platform layanan serupa, seperti Google Drive, OneDrive, atau Amazon Drive, software buatan Dropbox, Inc. tetap menjadi salah satu pilihan terbaik.

Bagi kamu yang masih belum familiar dengan Dropbox, simak penjelasan Jaka mengenai cara menggunakan Dropbox dengan mudah di bawah ini.

Cara Menggunakan Dropbox di Website, PC, dan Smartphone

Sama seperti cara menyimpan file di Google Drive yang sangat mudah, cara menggunakan Dropbox juga bisa dipahami dengan cepat, bahkan untuk para pemula.

Kamu bisa membuka Dropbox melalui situs resminya, atau melalui aplikasi di PC dan smartphone. Dengan demikian, mengakses file yang ada di software ini bisa dilakukan di mana saja, geng.

Tapi sebelum Jaka menjelaskan cara menggunakan Dropbox, ketahui terlebih dahulu apa itu Dropbox melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Dropbox?

Cara Menggunakan Dropbox Di Pc Be805
Sumber foto: Dropbox Blog

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud secara online yang memungkinkan kamu untuk menyalin file ke cloud dan mengaksesnya kapan saja dan di mana saja, bahkan dengan perangkat yang berbeda sekalipun.

File yang biasa disimpan di dalam Dropbox adalah foto, video, dokumen, dan aplikasi. Setelah kamu menyimpan file di sana, Dropbox akan melakukan back up data, sehingga kamu nggak perlu takut datamu bakal hilang, geng.

Dropbox memiliki beragam jenis paket yang bisa kamu pilih, baik untuk penggunaan individual maupun tim. Paket Personal Basic cocok untuk para pemula karena gratis, meskipun hanya menyediakan 2GB ruang penyimpanan.

Kalau kamu menggunakan Dropbox Business, situs penyedia layanan back up data ini menyediakan pilihan ruang penyimpanan 3TB, 5TB, bahkan tak terbatas, lho.

Cara Daftar Akun Dropbox

Setelah kamu mengetahui apa itu Dropbox, apakah kamu semakin tertarik untuk menggunakan layanan cloud ini? Kalau ya, maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu agar bisa menikmati berbagai fiturnya.

Tenang saja, cara membuat Dropbox sangat mudah, kok, geng. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini untuk membuat akun Dropbox.

1. Buka Situs Dropbox

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka situs Dropbox melalui alamat https://www.dropbox.com/. Selanjutnya, klik Sign Up di pojok kanan atas untuk mendaftar.

Cara Menggunakan Dropbox 39685

2. Daftar Akun Dropbox

Isi kolom First name, Surname, email, dan password. Jangan lupa centang kotak di samping tulisan "I agree to the Dropbox Terms". Jika sudah, klik Sign up. Kalau kamu sudah pernah membuat akun Gmail, klik pada pilihan Sign up with Google.

Cara Menggunakan Dropbox Di Hp 4908b

3. Konfirmasi Pendaftaran

Lihat pesan masuk pada email yang kamu daftarkan, lalu konfirmasi pendaftaran dengan cara klik link yang diberikan oleh Dropbox pada pesan tersebut.

Kamu akan langsung masuk ke akun Dropbox yang sudah kamu buat. Tekan Unduhan gratis untuk download Dropbox di PC. Dengan demikian, kamu nggak perlu membuka situs Dropbox terlebih dahulu setiap kali akan mengakses file.

Cara Menggunakan Dropbox Di Gmail 0a77b
Sumber foto: strukturkode

Kemudian, untuk mengakses halaman utama Dropbox, tekan logo Dropbox yang berada di pojok kiri atas. Sudah selesai!

Kamu bisa gunakan langkah-langkah di atas untuk cara membuat Dropbox di komputer ataupun HP, geng.

Cara Menggunakan Dropbox di Website

Cara Menggunakan Aplikasi Dropbox 00deb
Sumber foto: Dropbox

Cara menggunakan Dropbox yang akan Jaka jelaskan pertama adalah melalui website resmi Dropbox.

Kamu hanya perlu mengakses alamat yang sama seperti saat membuat akun Dropbox, yaitu https://www.dropbox.com/ dan sign in menggunakan email dan password yang telah kamu buat.

Berikut adalah beberapa hal esensial yang perlu kamu tahu dalam cara menggunakan Dropbox di website, termasuk fitur-fitur yang disediakan oleh Dropbox.

1. Menu Utama Dropbox

Menu utama Dropbox alias Dropbox tool terdiri dari sekumpulan ikon dan nama yang bisa kamu lihat di sebelah kiri pada halaman utama Dropbox. Berikut daftar lengkapnya.

Cara Menggunakan Dropbox Di Komputer C214e
Sumber foto: strukturkode
  • Recent, untuk melihat file yang baru saja kamu upload.

  • Files, untuk melihat berbagai file yang sudah kamu upload ke Dropbox, termasuk fitur untuk upload, rename, update, delete, share, dan sebagainya.

  • Team, untuk membuat project yang bisa dikerjakan bersama orang lain dari tempat yang berbeda.

  • Paper, untuk membuat dokumen seperti MS Word

  • Photos, untuk menampilkan gambar atau foto yang sudah kamu upload ke Dropbox.

  • Sharing, untuk melihat file atau folder yang kamu bagikan ke orang lain.

  • Links, untuk melihat daftar file dan link share dari file yang kamu bagikan.

  • Event, untuk membuat penjadwalan.

  • File Request, untuk meminta orang lain agar meng-upload file ke akun Dropbox milikmu.

  • Deleted Files, untuk menampilkan file yang pernah kamu hapus.

2. Operasi Menu Files pada Dropbox

Bagaimana, geng, nggak sulit, kan, memahami fitur-fitur Dropbox yang telah Jaka jelaskan di atas? Semuanya memiliki fungsi tersendiri yang berguna saat kamu mengoperasikan akun Dropbox.

Nah, nggak bisa dimungkiri bahwa penggunaan Dropbox paling banyak adalah untuk meng-upload file, entah sebagai back up, untuk dibagikan kepada orang lain, atau tujuan lainnya.

Seperti yang telah Jaka jelaskan di atas, menu Files nggak hanya bisa digunakan untuk melihat berbagai file yang pernah kamu upload, melainkan juga untuk fungsi-fungsi lainnya. Berikut Jaka jelaskan lebih lanjut penggunaan tool Files pada Dropbox.

Dropbox Login 13cfe
Sumber foto: strukturkode
  • Upload File, klik tombol nomor 1 untuk meng-upload file dari perangkat yang kamu gunakan.

  • Membuat Folder Baru, klik tombol nomor 2 untuk membuat folder baru di Dropbox.

  • Share Folder, klik tombol nomor 3 untuk berbagi folder ke orang lain supaya mereka bisa mengakses file-file yang ada di dalam folder tersebut.

  • Melihat File yang Dihapus, kalau kamu ingin mengembalikan file yang terhapus di Dropbox, kamu tinggal klik tombol nomor 4 untuk melihat daftar file-nya.

  • Operasi File Lainnya, klik tombol nomor 5 untuk download, memberikan komentar, menghapus, mengganti nama file, memindahkan file ke folder lain, dan berbagai fungsi lainnya yang bisa kamu lihat ketika menekan tombol More.

  • Share File, klik tombol nomor 6 untuk cara mengirim file lewat Dropbox kepada orang lain.

3. Membuat Direct Download Link

Bagi kamu yang belum tahu, direct download link adalah sebuah link yang bisa kamu bagikan kepada orang lain. Atau kamu juga bisa pasang di blog, situs, atau media sosial sebagai cara cepat untuk download file yang ada di Dropbox.

Ketika orang lain mengakses link tersebut, maka mereka bisa langsung mengunduh file yang sudah kamu upload ke akun Dropbox milikmu, geng, sehingga cara berbagi file menjadi lebih praktis.

Kalau kamu ingin tahu cara membuat direct download link di Dropbox, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Pilih File yang Ingin Dibagikan

Tentukan file di akun Dropbox milikmu yang ingin kamu bagikan kepada orang lain. Lalu, klik tombol Share yang ada di samping nama file tersebut.

Download Dropbox 1cfe8
Sumber foto: strukturkode

2. Buat Link Download

Selanjutnya, klik pada pilihan Create a link untuk membuat link, dan tekan copy link ketika link berhasil dibuat. Jika kamu hanya ingin membagikannya kepada teman tertentu, masukkan alamat email atau nama temanmu pada kolom yang tersedia.

Cara Menggunakan Dropbox Adalah Cfc1e
Sumber foto: strukturkode

Direct download link yang telah dibuat biasanya berakhiran dl=0. Jika link tersebut diklik oleh orang-orang, mereka akan diminta masuk ke akun Dropbox terlebih dahulu.

Kalau kamu ingin membagikan link yang bisa diakses oleh semua orang, bahkan yang nggak memiliki akun Dropbox sekalipun, maka kamu harus mengubah linknya menjadi berakhiran dl=1.

Itu dia langkah cara membuat link Dropbox selengkapnya, geng. Gampang, kan?

Cara Menggunakan Dropbox di PC atau Laptop

Cara Membuat Akun Dropbox 34c6e
Sumber foto: Laptop Mag

Selain melalui situsnya secara langsung, kamu juga bisa mengakses Dropbox melalui desktop. Cara ini terhitung lebih mudah dan praktis karena kamu bisa langsung membuka Dropbox tanpa perlu mengakses situsnya terlebih dahulu.

Meskipun demikian, kamu perlu download Dropbox di PC atau laptop terlebih dahulu agar bisa mengikuti cara ini.

Nah, kalau kamu sudah download aplikasinya ketika membuat akun Dropbox, maka kamu bisa menemukan direktori alias folder Dropbox pada File Explorer.

Agar lebih jelas mengenai cara menggunakan Dropbox di PC atau laptop, simak terus penjelasan Jaka di bawah ini, geng.

1. Upload File ke Dropbox

Karena kamu sudah download aplikasi Dropbox di perangkat yang kamu gunakan, maka kamu juga bisa langsung upload file dari PC atau laptop.

Supaya kamu nggak penasaran, berikut langkah-langkah cara menyimpan file di Dropbox PC.

  • Pastikan bahwa kamu telah melewati tahap Dropbox login di aplikasi yang ada di PC atau laptopmu.

  • Buka folder Dropbox yang ada di dalam File Explorer.

  • Pilih file yang ingin kamu upload ke Dropbox, lalu copy dan paste ke folder Dropbox. Melalui cara ini, Dropbox akan secara otomatis meng-upload file tersebut ke cloud.

  • Begitu pula jika ada perubahan lain, seperti mengubah nama, menghapus, atau memindahkan file, maka Dropbox akan otomatis meng-update file yang ada di cloud agar menyesuaikan dengan yang ada di desktop.

2. Keluar dari Dropbox

Jika suatu saat kamu ingin membatalkan sinkronisasi file Dropbox yang ada di PC atau laptop dengan yang ada di cloud, maka kamu bisa keluar atau sign out dari aplikasi Dropbox.

Sama seperti cara sign in Dropbox yang mudah, hanya dibutuhkan langkah-langkah singkat agar kamu bisa keluar dari akun Dropbox di desktop.

  • Klik menu Dropbox pada taskbar PC atau laptop, kemudian klik ikon gerigi, dan pilih menu Preferences.
Dropbox Downloader 8fda2
Sumber foto: strukturkode
  • Selanjutnya, klik tab Account, kemudian pilih Unlink This Dropbox.
Dropbox Tool A9a38
Sumber foto: strukturkode

3. Menggunakan Dua Akun Dropbox dalam Satu Perangkat

Cara ini bermanfaat untuk kamu yang butuh mengakses akun Dropbox, namun PC atau laptop yang kamu gunakan kebetulan sudah terhubung dengan akun Dropbox orang lain.

Atau mungkin kamu memang membuat dua akun Dropbox karena alasan tertentu, dan ingin mengakses keduanya di desktop, maka cara ini bisa dilakukan, geng.

Tapi, kamu nggak bisa membuka dua akun Dropbox dalam waktu bersamaan. Salah satu akun harus dikeluarkan terlebih dahulu sebelum kamu masuk ke akun Dropbox lain. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Keluar dari Dropbox dengan cara klik pilihan Unlink This Dropbox pada menu Account.
Dropbox Tool A9a38
Sumber foto: strukturkode
  • Lalu, buka kembali aplikasi Dropbox di perangkatmu.

  • Masukkan email dan password sebagai syarat Dropbox login. Selanjutnya, tentukan lokasi untuk folder Dropbox yang baru.

Cara Menggunakan Dropbox di Android/iPhone

Cara Menggunakan Dropbox Di Android 2a9f1
Sumber foto: Dropbox Blog

Setelah kamu menguasai cara menggunakan Dropbox melalui website resminya serta di PC atau laptop, maka kamu nggak akan kesulitan dalam memahami cara menggunakan Dropbox di HP, geng. Pasalnya, cara pengoperasiannya sama saja.

Dengan tampilan yang sedikit berbeda, fitur-fitur yang ditawarkan pada website serta direktori di PC juga akan kamu temukan pada aplikasi Dropbox di smartphone yang bisa kamu download di Play Store maupun App Store.

Cara menggunakan Dropbox di Android dan iOS yang mudah dan praktis biasanya dimanfaatkan untuk melakukan back up foto, apalagi bagi kamu yang gemar melakukan selfie.

Dengan demikian, nggak masalah jika suatu saat kamu ganti HP, karena foto-fotomu di ponsel yang lama tetap tersimpan pada cloud yang disediakan oleh Dropbox dan bisa diunduh kembali kapan saja.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan Jaka mengenai cara menggunakan Dropbox, baik melalui website, PC atau laptop, serta smartphone.

Dengan memanfaatkan layanan penyimpanan cloud berbasis online satu ini, kamu bisa memindahkan data-datamu ke sana agar menghemat memori internal perangkat.

Tak hanya itu, kamu pun jadi nggak perlu khawatir data-data pentingmu hilang karena sudah di-back up oleh Dropbox.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
50d1995879aa3cc7791630fb47f7ec7c
100% Work! Cara Ampuh Download File di Google Drive yang Terkena Limit
Cara Menghapus Penyimpanan Google Drive 2e308
4 Cara Menghapus Penyimpanan Google Drive | Bikin Jadi Lebih Lega!
Cara Mengamankan Icloud
4 Cara Mengamankan iCloud dari Hacker, Sebelum Terlambat!
Backup Data Whatsapp Banner
Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)
Banner Jadi 0a64e
5 Alasan Kenapa Memori Internal 64 GB Gak Cukup di 2020, Bikin HP Lemot?
Aplikasi Terbaik Hemat Internal Memory Banner
5 Aplikasi Terbaik yang Bisa Menghemat Memori Internal Android Kamu
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal