J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

3 Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu | Mudah dan Praktis!

3 Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu | Mudah dan Praktis!

Selasa, 29 Sep 2020, 21:00 WIB
Ini cara menggabungkan file Word yang bisa kamu lakukan, bisa offline maupun secara online. Simak penjelasan selengkapnya di sini!

Cara menggabungkan file Word pasti sudah nggak asing kamu lakukan untuk berbagai keperluan. Terlebih, Ms. Word memang paling membantu urusan pekerjaan dan kegiatam kita.

Memiliki fitur-fitur canggih dan tampilan yang cenderung sederhana, MS Word sangat mudah digunakan, bahkan untuk para pemula sekalipun. Kamu juga bisa mengetik dengan suara, lho, sehingga nggak perlu repot mengetik secara manual lagi.

Selain itu, ada juga fitur lain yang memungkinkan kamu untuk menggabungkan berbagai file MS Word menjadi satu. Cara ini sangat berguna bagi kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir, seperti skripsi, tesis, atau makalah.

Nah, kalau kamu belum tahu cara menggabungkan file Word, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menggabungkan File Word

Bagi kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir, mungkin kamu membuat halaman cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, dan bagian-bagian lain dalam file MS Word yang terpisah. Selain bisa lebih fokus ketika mengerjakan, hal ini dapat memudahkan kamu dalam mengedit masing-masing bab.

Namun, setelah semuanya selesai, kamu harus menggabungkan semua file tersebut menjadi satu. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menggabungkan file Word dengan benar agar tidak mengubah format nomor halaman Word yang sudah kamu atur per bab.

Sebelum Jaka menjelaskan tips tersebut, kamu perlu tahu cara dasar dalam menggabungkan file Word. Berikut penjelasannya untuk kamu.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Kamu nggak perlu repot-repot copy paste untuk menggabungkan tulisan di suatu file MS Word ke file MS Word yang lain. Sebenarnya, MS Word memiliki fitur yang dapat memudahkan kamu untuk menggabungkan lebih dari satu dokumen dengan sangat mudah.

Kamu juga nggak perlu aplikasi lain untuk menggabungkan file MS Word. Semuanya bisa dilakukan langsung dari software pengolah kata ini, geng. Kalau kamu mau tahu cara menggabungkan file Word menjadi satu, langsung saja simak langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1 - Buka File MS Word

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka dokumen MS Word yang akan ditambahkan dengan dokumen lain. Tempatkan kursor di posisi yang akan menjadi awal dari dokumen kedua.
Cara Menggabungkan File Word A618e
  • Kalau kamu ingin menggabungkan dokumen kedua di halaman selanjutnya pada dokumen pertama, klik Page Break yang ada di tab Insert.
Cara Menggabungkan File Word Ke Pdf 8529d

Langkah 2 - Menggabungkan File MS Word

  • Masih pada tab Insert, klik segitiga kecil di samping menu Object, kemudian pilih Text from File.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu 729ed
  • Pilih dokumen yang ingin digabungkan, lalu klik Insert.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi 1 Online 7fa57
  • Berikut adalah hasil dari dua dokumen yang telah digabungkan. Kalau kamu ingin menggabungkan dokumen-dokumen MS Word yang lain, cukup ulangi langkah-langkah di atas.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi 1 Pdf 715a7

Kamu juga bisa menggunakan langkah-langkah di atas sebagai cara menggabungkan file Word di HP karena tampilan MS Word di PC atau laptop mirip dengan yang ada di HP. Oleh karena itu, menggabungkan file Word bisa dilakukan di perangkat apa pun.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu Online

Selain langsung melalui software MS Word, ada cara lain untuk menggabungkan file MS Word menjadi satu. Namun, kamu membutuhkan koneksi internet karena cara ini dilakukan secara online.

Kamu bisa menggunakan bantuan sebuah website yang dapat menggabungkan berbagai dokumen MS Word menjadi satu, yaitu Smallpdf. Meskipun demikian, kamu harus mengubah semua file MS Word yang ingin kamu gabungkan menjadi format PDF.

Kalau kamu masih bingung cara menggabungkan file Word menjadi 1 online menggunakan Smallpdf, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 - Ubah Format File MS Word Menjadi PDF

  • Untuk mengubah dokumen MS Word menjadi format PDF, caranya adalah klik tab File, pilih Save As, lalu tentukan folder penyimpanan.
Cara Menggabungkan File Word B5afe
  • Pada bagian Save as type, pilih PDF, kemudian klik Save. Lakukan proses yang sama untuk semua file yang ingin digabungkan.
Cara Menggabungkan File Word Ke Pdf D293c

Langkah 2 - Buka Website Smallpdf

  • Kalau semua file MS Word sudah diubah ke bentuk PDF, maka cara menggabungkan file Word menjadi 1 PDF online selanjutnya adalah membuka website Smallpdf yang bisa kamu akses melalui https://smallpdf.com/merge-pdf.

  • Kemudian, klik Choose Files dan pilih semua file PDF yang ingin kamu gabungkan.

Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu E825c
  • Cara menggabungkan file Word ke PDF selanjutnya adalah pilih Merge files, lalu klik Choose Options.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi 1 Online 8d71b
  • Kamu bisa mengatur urutan file PDF yang ingin digabungkan dengan klik dan drag file PDF sesuai urutan yang kamu inginkan. Jika sudah, tekan tombol Merge PDF.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi 1 Pdf A7815
Cara Menggabungkan File Word Online Da623
  • Cara menggabungkan file Word menjadi satu online yang terakhir adalah klik tombol Download dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Cara Menggabungkan File Word Di Hp 24860
  • Kamu bisa lihat pada gambar berikut bahwa file MS Word yang digabungkan terletak pada halaman selanjutnya.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu Online 23c77
  • Agar tidak terlalu jauh dari paragraf terakhir pada dokumen pertama, naikkan paragraf tersebut, lalu hapus halaman file Word yang kosong.

Cara Menggabungkan File Word tanpa Merubah Halaman

Ketika kamu menggabungkan file MS Word, khususnya yang memiliki nomor halaman di bagian bawah, bisa jadi format penomoran halamannya menjadi sama semua. Padahal, mungkin kamu ingin beberapa halaman menggunakan nomor romawi, sedangkan halaman yang lain menggunakan angka biasa.

Kini, kamu nggak perlu khawatir karena ada cara menggabungkan file Word tanpa merubah halaman. Dengan demikian, kamu bisa membedakan halaman yang menggunakan nomor romawi, serta halaman yang menggunakan angka. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1 - Gabungkan File MS Word

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggabungkan semua file MS Word ke dalam satu dokumen. Kamu bisa ikuti cara menggabungkan file Word menggunakan fitur Page Break yang sudah Jaka jelaskan di atas.

Langkah 2 - Mengatur Nomor Halaman

  • Jika semua file MS Word sudah digabungkan, maka selanjutnya adalah klik dua kali secara cepat pada bagian bawah halaman untuk memunculkan opsi Header & Footer Tools di tab Design.

  • Masih pada tab Design, pilih Page Number, lalu klik Format Page Numbers.

Cara Menggabungkan File Word 6bfe7
  • Karena Jaka mencontohkan pada file skripsi yang umumnya menggunakan angka romawi untuk Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Lampiran, dan sebagainya, maka pilih angka romawi atau i, ii, iii, ... pada dialog box Page Number Format.
Cara Menggabungkan File Word Ke Pdf E8655
  • Kemudian, pilih posisi nomor halaman yang kamu inginkan. Karena biasanya terletak di bagian bawah tengah, maka Jaka pilih Bottom of Page dan Plain Number 2.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu 3912a
  • Jika bagian cover yang seharusnya tidak memuat nomor halaman justru menampilkan halaman, maka centang box Different First Page pada tab Design untuk menghilangkan halaman tersebut.
Cara Menggabungkan File Word Menjadi 1 Online Bdefc
  • Nah, karena pada bagian setelah cover nomor halamannya masih ii, padahal seharusnya i, maka kamu perlu mengubah lagi format nomor halamannya. Caranya, klik tab Insert, lalu pilih Page Number, kemudian klik Format Page Number.

  • Selanjutnya, pada opsi Page numbering, klik Start at supaya nomor halamannya bisa mulai dari i kembali, kemudian klik OK.

  • Jika Bab I yang seharusnya menggunakan angka biasa namun pada file-mu masih menggunakan angka romawi mengikuti halaman-halaman sebelumnya, maka ubah formatnya dengan cara masuk ke menu Page Number, klik Format Page Numbers, lalu pilih 1, 2, 3, ... sebagai Number format. Kemudian, klik Start at agar halamannya mulai dari 1.

Cara Menggabungkan File Word Tanpa Merubah Halaman F6cbb

Akhir Kata

Itu dia 3 cara menggabungkan file Word di HP maupun PC. Selain itu, kamu juga bisa memilih menggabungkan file Word langsung dari MS Word atau secara online. Dengan demikian, kamu nggak perlu bingung lagi jika ingin menggabungkan banyak dokumen sekaligus, seperti pada skripsi atau tesis.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Scan Dokumen Google Drive Banner

Cara Menyalin Buku Tulis Menjadi Dokumen Microsoft Word Secara Otomatis

Locked Word Banner 1d875

Cara Membuka MS Word yang Terkunci dengan Mudah & Cepat

Cara Membuat Header dan Footer di Ms Word 2007

Download Microsoft Office 2016 64 Bit Versi Terbaru Software Wajib Buat Kerja 9d0df

Download Microsoft Office 2016 64-bit Terbaru, Software Wajib Buat Kerja!

Cara Mengetik 10 Jari Banner Fd512

Cara Mengetik 10 Jari Mudah dan Cepat| Cocok untuk Pemula

Cara Mengatasi Laptop Lemot Ac1a6

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot | Buat Windows 7, 8, 10!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Membuka MS Word yang Terkunci dengan Mudah & Cepat

Cara Membuka MS Word yang Terkunci dengan Mudah & Cepat

5 Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop & Android | Online & Offline!

5 Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop & Android | Online & Offline!

Cara Mengubah Word Ke JPG dengan Mudah | Windows & macOS!

Cara Mengubah Word Ke JPG dengan Mudah | Windows & macOS!

4 Cara Memberi Nomor Halaman Pada Word, Mudah & Rapi!

4 Cara Memberi Nomor Halaman Pada Word, Mudah & Rapi!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal