Cara Mengetahui Seberapa Besar Kamu Kecanduan Smartphone

8 November 2015

Kecanduan memainkan smartphone adalah 'penyakit' yang mengerikan saat ini. Betapa tidak, kamu bisa mengacuhkan orang-orang di kehidupan nyata hanya karena asyik bermain dengan smartphone kamu. Hasilnya, kamu menjadi jauh dengan orang-orang yang asalnya dekat dengan kamu. Coba cek, apa kamu termasuk orang yang kecanduan memainkan smartphone?

Perubahan terbesar jika kamu kecanduan smartphone terlihat dari hubungan sosial loh. Jika dulunya kamu sering berbincang dengan teman-teman dan keluarga di rumah, sekarang kamu mungkin menganggap bahwa apa yang terjadi di smartphone Android kamu jauh lebih menarik.

Cara Mengetahui Tingkat Kecanduan Smartphone

Android memang menarik. Karena memang menarik itulah maka kamu bisa terus menerus menatap Android kamu hingga lupa lingkungan sekitar kamu. Tapi, separah apakah kamu kecanduan Androidnya?

Instal BreakFree Cell Phone Addiction

BreakFree-1

Dengan menggunakan aplikasi BreakFree Cell Phone Addiction, kamu akan mengetahui pada level seperti apa tingkat kecanduan smartphone kamu. Karena aplikasi ini akan merekam berapa lama waktu yang kamu gunakan untuk beraktivitas menggunakan smartphone. Mulai dari menyalakan smartphone, membuka kunci hingga melakukan telepon atau mengecek notifikasi. Hebat bukan?

BreakFree-2

Nantinya, kamu akan melihat hasilnya dalam grafik harian, mingguan, dan bulanan. Dari hasil grafik itu, BreakFree akan menunjukan tingkat kecanduan kamu terhadap smartphone dan menyimpannya agar kamu bisa memantau perubahan tingkat kecanduan smartphone kamu dari waktu-waktu.

BreakFree-3

Hebatnya lagi, jika kamu dinyatakan kecanduan smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memblokir akses kamu menggunakan smartphone loh! BreakFree bisa digunakan untuk menonaktifkan mobile data Android kamu, memblokir pemberitahuan, menolak panggilan telepon, dan mengirim pesan teks secara otomatis kepada penelepon selama waktu yang kamu atur. Bukan hanya itu saja, jika kamu tetep nakal menggunakan smartphone, BreakFree akan otomatis menjalankan fitur blokirnya secara otomatis agar kamu bisa berhenti menggunakan smartphone loh!

Gimana? Tertarik mencoba untuk mengetahui tingkat kecanduan smartphone kamu menggunakan BreakFree? Sekaligus kamu juga bisa belajar berhenti menggunakan smartphone loh!

Test Kesehatan Jempol Kamu

tes-sederhana-kecanduan-gadget-1

Sebuah tes yang disebut dengan Eichoff's Test diklaim mampu mendiagnosa sindrom De Quervain atau dikenal dengan istilah smartphone thumb, Blackberry thumb, dan gamer thumb. De Quervain merupakan sebuah cedera pada tendon di dekat ibu jari yang umumnya disebabkan oleh penggunaan jempol untuk menekan tombol secara terus menerus. Kamu bisa melakukan Eichoff's Test di link Tes Sederhana Ini Bisa Membuktikan Kamu Kecanduan Gadget atau Tidak.

Jika ternyata kamu dinyatakan kecanduan smartphone oleh BreakFree Cell Phone Addiction dan juga hasil tes jempol juga terasa sakit, maka sudah saatnya kamu mengurangi aktivitas penggunaan smartphone kamu. Biar gimana pun juga, masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan selain bermain-main dengan smartphone kamu saja kok. Semua agar hubungan dengan lingkungan sosial kamu tetap baik-baik aja.

Share hasil tes kecanduan smartphone kamu sama Jaka di kolom komentar ya. Atau kamu punya cara tes lain? Kasih tahu Jaka juga ya.

[appsterkait]lock-me-out,nils-lockscreen-notifications,finger-dancing-stapmania,gravity-screen-on-off[appsterkait]

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar