Sssttt! Begini Cara Mengetahui Smartphone yang Bakal Dijual Resmi di Indonesia

11 September 2017

Xiaomi Mi A1 saat ini menjadi desas-desus yang ramai banyak diperbincangkan, baik oleh para Mi Fans atau penggemar smartphone Android lainnya. Pasalnya smartphone flagship Android One ini dikabarkan akan segera dijual secara resmi di Indonesia loh.

Rumor terbaru, smartphone Xiaomi ini tengah dipersiapkan untuk meluncur pada 20 September nanti guys. Tapi untuk menjawab rasa penasaran kamu, sebenarnya ada loh cara untuk mengetahui smartphone yang bakal dijual resmi di Indonesia. Berikut cara selengkapnya!

Cara Mengetahui Smartphone yang Bakal Dijual Resmi di Indonesia

Sebagaimana diketahui, sebuah perusahaan harus mendapatkan izin sah mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan sertifikat dari Ditjen Postel Indonesia.

Untuk mengetahui info smartphone yang bakal dijual resmi di Indonesia kamu dapat memanfaatkan layanan website resmi dari kedua badan tersebut. Sebagai contoh kali ini Jaka akan mencari info mengenai Xiaomi Mi A1 guys.

Jaminan Update Android P! 5 Keunggulan Xiaomi Mi A1 yang Bikin Kamu Wajib Beli
Keunggulan Xiaomi Mi A1
Jaminan Update Android P! 5 Keunggulan Xiaomi Mi A1 yang Bikin Kamu Wajib Beli
Baca

  • Pertama kali, kamu harus mengunjungi Website P3DN Kementerian Perindustrian dengan alamat tkdn.kemenperin.go.id. Kemudian klik pada menu “Search” untuk memulai pencarian.

cara_mengetahui_smartphone_dijual_indonesia_01

  • Lalu pada halaman Search Database P3DN, ubah kategori pencarian menjadi “Perusahaan” dan isi kolom dengan “Erajaya” sebagai salah satu distributor resmi perangkat Xiaomi di Indonesia. Kamu pun akan menemukan daftar perusahaan, nomor dan tanggal sertifikat beserta jenis produk, kemudian pilihlah salah satu jenis produk.

cara_mengetahui_smartphone_dijual_indonesia_02

  • Selanjutnya kamu akan menemukan informasi mengenai Detail Sertifikat Tanda Sah TKDN yang berisikan tanggal pendaftaran, jenis produk, merek, spesifikasi dan nilai TKDN. Langkah selanjutnya kamu tinggal lakukan pencarian pada “Merk dan Tipe” melalui Google.

cara_mengetahui_smartphone_dijual_indonesia_03

  • Hasilnya kamu akan menemukan berbagai informasi mengenai merk dan tipe perangkat tersebut. Dari hasil pencarian “MI MDG2” ternyata diketahui bahwa itu merupakan perangkat Xiaomi yang kemungkinan Mi A1 atau Mi 5X.

cara_mengetahui_smartphone_dijual_indonesia_04

  • Kemudian, kamu juga bisa mengunjungi website e-Sertifikati Ditjen Postel Republik Indonesia dengan alamat sertifikasi.postel.go.id. Selanjutnya klik pada menu pop-down “Daftar Serifikat” dan pilihlah “Sertifikat Berlaku”.

cara_mengetahui_smartphone_dijual_indonesia_05

  • Sama seperti sebelumnya, ubahlah kategori pencarian menjadi “Nama Customer” dan masukkan kata kunci yakni “Erajaya”.

cara_mengetahui_smartphone_dijual_indonesia_06

  • Hasilnya kamu akan menemukan daftar perangkat yang disertifikasi oleh PT. Erajaya Swasembada, Tbk dan terlihat pada baris pertama terdapat perangkat “MI & MDG2” yang sudah disertifikasi hingga 11 September 2020. Makin yakin kan kamu Xiaomi Mi A1 atau Mi 5X bakal dijual resmi di Indonesia?

cara_mengetahui_smartphone_dijual_indonesia_07

Akhir Kata

Nah itulah dia cara mengetahui smartphone yang bakal dijual resmi di Indonesia. Walaupun belum ada detail spesifikasi dan harga resmi dari Xiaomi Mi A1 / Mi 5X, setidaknya kamu sudah bisa memastikan smartphone tersebut bakal dijual di Indonesia loh. Cara yang sama bisa kamu lakukan dengan perangkat lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar