• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Resah Dengan Review Palsu Di Situs Belanja Online? Ini Cara Mengetahuinya

Resah Dengan Review Palsu Di Situs Belanja Online? Ini Cara Mengetahuinya

Sabtu, 1 Apr 2017, 19:00 WIB
Berbelanja online memang sangat praktis dan cenderung lebih murah. Tapi, perlu berhati-hati juga. Berikut ini tips agar kamu terhindar dari jebakan review palsu saat belanja online.

Infrastruktur internet Indonesia yang semakin maju tak hanya berdampak pada kemudahan dalam memperoleh akses internet saja. Hal ini juga turut memengaruhi kebiasaan netizen Indonesia dalam mengakses konten digital dan berbelanja online. Jika dibandingkan dengan beberapa tahun silam, kepercayaan konsumen untuk berbelanja online juga mengalami pertumbuhan. Menjamurnya situs jual beli online juga seakan memikat masyarakat Indonesia untuk terlibat dalam aktivitas ekonomi digital ini.

Demi menjamin kenyamanan dalam berbelanja, pelaku bisnis e-commerce tak hanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi. Mereka juga membangun sistem yang menjamin keamanan setiap transaksi. Sistem rating dan review juga menjadi salah satu alat untuk memastikan reliabilitas penjual. Sayangnya, tren belanja online ini ternoda oleh beberapa oknum penjual. Demi menarik minat pembeli, tak sedikit dari mereka yang membuat review palsu. Agar kamu tidak tertipu dengan review palsu, berikut tips mengetahui review palsu di situs belanja online.

BACA JUGA
  • Bebas Penipuan, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Aman Belanja Online (Bagian 1)
  • 6 Alternatif Pembayaran Online Terbaik Selain PayPal
  • 11 Tips Memilih dan Membeli Smartphone Android Bekas

Resah Dengan Review Palsu di Situs Belanja Online? Ini Cara Mengetahuinya

1. Jangan Terpaku Pada Jumlah Review Atau Rating

2652f3a8ba452a42e5abcc7305ebb57c
Sumber foto: Foto: williamluna.com

Jumlah review dan rating memang bisa menjadi indikasi popularitas barang yang hendak dibeli. Akan tetapi, tidak semua rating tersebut asli buatan konsumen. Tak jarang ada review palsu yang dibuat oleh akun anonim atau akun bayaran.

Tapi, kamu juga perlu tahu. Review seperti ini tak selamanya berbau positif. Dalam beberapa kasus, ada juga review yang terkesan menjelek-jelekkan. Review seperti ini biasanya berasal dari kompetitor. Saat melihat review yang banyak, sempatkan juga untuk membaca beberapa di antaranya. Dari sinilah kamu akan memperoleh gambaran objektif dari produk yang hendak dibeli.

2. Bandingkan Beberapa Review yang Ada

7306a381246f09f1d7313c353cbab55c
Sumber foto: Foto: freepik.com

Review yang asli ditulis oleh konsumen biasanya sangat beragam. Ada yang bernada positif, ada juga yang negatif. Akan tetapi selalu ada korelasi di dalamnya. Di sinilah kesempatan kita untuk mengidentifikasi apakah review yang ada itu asli atau palsu.

Untuk melihat fakta, kita harus bisa melihat hubungan antara review-review yang ada. Perhatikan bagaimana konsistensinya. Jika terlalu banyak kontradiksi, ada kemungkinan beberapa review yang dibuat adalah review palsu. Harus diakui, sebagian besar review memang terlalu singkat. Misalnya saja review yang kerap dijumpai di situs e-commerce Indonesia.

Jika sudah begini, informasi yang bisa diperoleh memang hanya sedikit dan terbatas pada aspek tertentu yang umumnya terkait dengan reliabilitas penjual. Sedangkan untuk review produk, kita memang harus mencarinya di sumber lain. Saat mencari review produk, pastikan juga untuk selalu mencari review dari beberapa sumber. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja.

Foto Papasemar Tanpacc
Nggak Ribet! Gini Cara Belanja Online Internasional Tanpa Kartu Kredit
Nah, sekarang kamu tidak perlu risau lagi, karena melalui artikel ini akan Jaka kasih tahu cara belanja online internasional tanpa kartu kredit..
LIHAT ARTIKEL

3. Akses Sang Reviewer

B345f08a4ffd59a875bf4ac0608c3415
Sumber foto: Foto: 9jastreet.com

Selain membaca review, kita sebenarnya juga bisa melihat beberapa informasi seputar reviewer. Dalam beberapa situs, kita bisa melihat review atau komentar apa saja yang pernah ditulisnya. Jika ingin mencari tahu informasi lebih banyak seputar pengalaman reviewer tersebut, kita juga bisa menanyakannya secara langsung.

Reviewer yang cukup aktif memberi review dan benar-benar menggunakan barang yang ia review umumnya tidak akan keberatan untuk membagikan pengalamannya kepada calon pembeli lain. Dari mereka, kita juga bisa mengetahui apakah produk yang hendak kita beli itu memang layak beli atau tidak. Bahkan, tidak jarang mereka memberi rekomendasi produk yang lebih baik.

Nah, itu dia tips dari Jaka agar kamu terhindar dari jebakan review palsu saat akan berbelanja online. Seperti halnya belanja offline, ada baiknya kita tetap waspada supaya tidak kecolongan. Jangan sampai terlena oleh banyak review positif atau besarnya diskon yang diberikan. Bagaimana menurut kamu? Silakan share pendapat kamu ya di kolom komentar di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Coolaler Flarex

Lengkapi Ryzen, G.Skill Luncurkan RAM Spesial Super Cepat!

Banner Lorelynf Bedawifi

Inilah Perbedaan WiFi 2.4Ghz dan 5.8Ghz Lebih Kencang Mana?

Banner Dualshocker Lostsoul

Hebat, Sendirian Orang Ini Bisa Buat Game Kelas Profesional!

Banner Msi Vgabekas

Cuma Rp 500 Ribu, VGA Ini Bisa Mainkan Game Berat Battlefield 1 Lancar!

Banner Shutterstock Hackertilang

Kesal Ditilang Oknum Polisi, Hacker Curhat di Situs Kabupaten Bekasi!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Lazada Toko Online Terbesar Icon
Lazada App for Android 5.3.1
Apps Lazada Mobile
Icon Zalora
Zalora 3.1.2
Apps Zalora South East Asia Pte Ltd
Mataharimallcom Beli Aja Icon
MatahariMall.com - Beli Aja 2.0.1
Apps MatahariMall
Bukalapak Icon
Bukalapak - Jual Beli Online 4.3.2
Apps BukaLapak
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal