Begini Cara Mengetahui Penyebab Laptop Kamu yang Lemot

17 February 2017

Walau saat ini smartphone sudah semakin canggih, namun kamu yang bekerja di bidang industri kreatif pasti sadar bahwa mobilitas laptop belum bisa tergantikan. Dengan laptop, semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan lebih cepat.

Namun, pasti kamu kesal jika tiba-tiba performa laptop kamu jadi lemot. Pengen ganti baru rasanya. Eits, jangan buru-buru beli laptop baru, mending ketahui dulu kira-kira apa ya penyebab laptop lemot yang kamu alami saat ini?

Cara Mengetahui Penyebab Laptop Lemot

Untuk bisa mengatasi laptop lemot, kamu harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Jika sudah diketahui penyebabnya, maka mengatasi laptop lemot bukan lagi masalah. Adapun cara untuk mengetahui penyebab laptop lemot adalah:

1. Bersahabat dengan Task Manager

Bukan hanya untuk memaksa suatu aplikasi berhenti berjalan, fungsi Task Manager sangatlah besar. Dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del di laptop Windows milikmu, kamu bisa menemukan aplikasi apa saja yang berjalan saat itu.

cara-mengetahui-penyebab-laptop-lemot-(3)

Untuk mengetahui penyebab laptop lemot, yang harus kamu perhatikan adalah tab Startup. Di sana kamu akan menemukan aplikasi apa saja yang mengkonsumsi RAM laptop, begitu mulai dinyalakan. Semakin banyak aplikasi yang aktif saat Startup, semakin lemot laptopmu.

cara-mengetahui-penyebab-laptop-lemot (1)

Tips: Untuk pengguna Mac, kamu bisa memantaunya lewat Activity Monitor. Caranya gunakan tombol kombinasi Ctrl + Space (Spotlight Search), lalu ketika Activity Monitor.

2. Pantau Kondisi Hardisk

cara-mengetahui-penyebab-laptop-lemot-(4)

Gak cuma masalah software, laptop lemot juga bisa disebabkan oleh hardware. Nah, hardisk yang rusak bisa membuat laptop kamu menurun drastis dan membuat laptop lemot. Untuk memantaunya kamu bisa gunakan fitur Scan Hard Drive di Windows atau Disk Utility di Mac.

3. Cek Aplikasi yang kamu Gunakan

Laptop kamu sering terasa lemot saat membuka aplikasi tertentu? Bisa jadi karena kamu belum update ke versi terbaru yang telah diperbaiki atau karena adanya penumpukan cache aplikasi.

cara-mengetahui-penyebab-laptop-lemot (2)

Maka dari itu, kamu bisa mengeceknya secara manual lewat aplikasi-aplikasi yang kamu jalankan. Biasanya tinggal masuk menu Settings di aplikasi terkait saja, lalu cari tahu bagian About atau Storage.

4. Mungkinkan Itu Malware?

Laptop lemot, banyak iklan saat membuka browser dan banyak lagi masalah yang kamu alami? Bisa jadi laptop lemotmu disebabkan oleh malware yang sibuk melakukan proses pengumpulan informasi dan transfer data ke server lain.

cara-mengetahui-penyebab-laptop-lemot-(5)

Untuk memeriksanya, kamu bisa gunakan antivirus bawaan seperti Widnows Defender. Jika masih kurang puas, gunakan saja aplikasi antivirus terbaik seperti Bit Dedender untuk melakukan pemindaian.

Dengan melakukan 4 cara mengetahui penyebab laptop lemot di atas, pasti kamu bisa mencari tahu penyebab utama kenapa laptop kamu jadi lemot banget. Setelah itu baru deh, ambil tindakan untuk membuat laptop lemot-mu kembali ngebut. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Laptop atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar