Cara Mengendalikan Komputer Dari Android, iOS dan Windows Phone

21 April 2017

Apakah kamu pernah ingin mengendalikan (remote) komputer atau laptop kamu dengan mudah? Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, ada sebuah aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk mengendalikan komputer hanya dengan menggunakan smartphone.

Aplikasi bernama Unified Remote ini bukan hanya bisa digunakan untuk mengendalikan komputer lewat Android. Kamu juga bisa remote komputer langsung menggunakan smartphone iOS, dan Windows Phone kamu. Bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya.

Unified Remote, Kendalikan Komputer Lewat Android

Unified Remote adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Philip Bergvist dan Jakob Erglund. Tujuan aplikasi Unified Remote dibuat adalah untuk memudahkan pengguna untuk mengendalikan komputer hingga mematikannya (shut down) langsung dari Android.

Bukan hanya dari Android, kamu juga bisa mengendalikan komputer Windows atau Mac OS kamu lewat perangkat iOS. Berikut adalah panduan lengkap untuk melakukannya:

Cara Menggunakan Unified Remote

  • Pertama download dulu Unified Remote Server yang akan di install di komputer atau laptop kamu. Pilih sesuai sistem operasi yang kamu gunakan:

  • Jika server sudah didownload, install server tersebut di komputer atau laptop kamu.cara-mengendalikan-komputer-lewat-hp-android-ios-1cara-mengendalikan-komputer-lewat-hp-android-ios-2

  • Selanjutnya download aplikasi Unified Remote di smartphone kamu. Pilih sesuai sistem operasi yang kamu gunakan:

  • Buka aplikasinya lalu login menggunakan akun Google atau kamu juga bisa skipcara-mengendalikan-komputer-lewat-hp-android-ios-3

  • Karena server sudah terinstall, pilih I've Installed The Servercara-mengendalikan-komputer-lewat-hp-android-ios-4
  • Jika kamu terhubung dengan jaringan WiFi yang sama, secara otomatis Server bisa ditemukan dengan mudah.cara-mengendalikan-komputer-lewat-hp-android-ios-5

  • Masuk ke menu Remote, kamu bisa menemukan beragam perintah yang bisa kamu lakukan.cara-mengendalikan-komputer-lewat-hp-android-ios-6

    • Basic Input: Untuk mengendalikan Mouse dan Keyboard lewat smartphone
    • File Manager: Untuk mengakses file di komputer lewat smartphone
    • Media: Mengatur media suara, next, previous, stop, pause dan play.
    • Power: Mengendalikan komputer untuk Shut Down, Sleep, Restart, Hibernate dsb.
  • Jika merasa kurang, kamu juga bisa membeli versi Premiumnya untuk mendapatkan fitur lebih banyak lagi.

  • Selain Unified, ada juga 5 aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh. Kamu bisa baca di artikel berikut:

5 Aplikasi Terbaik untuk Kendalikan Komputer dengan Android
Aplikasi Terbaik Untuk Kendalikan Komputer dengan Android
5 Aplikasi Terbaik untuk Kendalikan Komputer dengan Android
Baca

Akhir Kata

Itulah cara mudah untuk mengendalikan komputer dari smartphone Android, iOS dan Windows Phone dengan aplikasi Unified Remote. Jika kamu punya cara lainnya, jangan lupa share di kolom komentar. Selamat mencoba!

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait komputer atau tulisan menarik lain dari Em Yopik Rifai.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar