J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              WAJIB TAU! 5 Cara Mengenali Aplikasi Palsu bin Abal-Abal di Playstore

              WAJIB TAU! 5 Cara Mengenali Aplikasi Palsu bin Abal-Abal di Playstore

              00
              Kamis, 22 Feb 2018, 15:00 WIB
              Aplikasi palsu bisa menjadi sarana untuk melacak keberadaanmu. Mengerikan bukan? Lakukanlah hal-hal ini untuk menghindari aplikasi palsu dan abal-abal

              Kamu harus hati-hati mengunduh aplikasi dari Play Store karena bisa jadi yang kamu unduh adalah aplikasi palsu atau abal-abal. Bisa saja kamu tertipu karena aplikasi palsu ini mirip sekali dengan aplikasi asli. Sebagai contohnya, aplikasi Whatsapp palsu diunduh oleh lebih dari satu juta orang. Begitu hebatnya pembuat aplikasi palsu sehingga terlihat persis seperti aplikasi yang asli.

              Apa ruginya mengunduh dan menginstal aplikasi palsu dan abal-abal? Risiko paling ringan adalah kamu akan dibanjiri dengan iklan. Yang paling parah adalah kamu akan menerima malware yang bisa mencuri data kamu. Selain itu, aplikasi palsu bisa menjadi sarana untuk melacak keberadaanmu. Mengerikan bukan? Lakukanlah hal-hal ini untuk menghindari aplikasi palsu atau abal-abal.

              BACA JUGA
              • Harga 20 Jutaan, Ternyata Layar iPhone X Gampang Rusak!
              • 7 Smartphone Android Alternatif iPhone X Terbaik
              • 6 Alasan Orang Beli iPhone X yang Harganya Super Mahal!

              WAJIB TAU! 5 Cara Mengenali Aplikasi Palsu bin Abal-Abal di Playstore

              1. Perhatikan Dengan Teliti Hasil Pencarian di Play Store

              B6a70a22893eb90ec360de8f2f413d35
              Saat ingin mengunduh aplikasi tertentu, kamu biasa menggunakan search engine untuk memudahkan. Telitilah hasil pencarian mesin pencari itu, apalagi jika kamu menemukan aplikasi dengan icon yang sama. Pembuat aplikasi palsu biasanya menggunakan icon yang sama persis dengan aplikasi yang asli. Mereka berusaha menipu korbannya dengan cara itu.

              2. Perhatikan Nama Aplikasi dan Pembuat Aplikasi itu

              193795b7dbcc03d86f462cb121cd65d1
              Saat menemukan icon yang sama, beralihlah memperhatikan nama aplikasi itu dan pembuat aplikasi itu. Nama aplikasi biasanya mirip, misalnya Swiftkey dan Swift Keyboard. Bisa saja kamu tertipu karena namanya hampir sama. Yang harus kamu cek selanjutnya adalah pembuat aplikasi itu.

              Sebagai contoh, pembuat aplikasi Swift Keyboard adalah Designer Superman, padahal Swiftkey dikeluarkan oleh Microsoft. Dapat dipastikan bahwa aplikasi itu palsu atau abal-abal. Permasalahannya adalah saat pembuat aplikasi itu tampak menyakinkan.

              Cek saja aplikasi lain yang berasal dari pembuat yang sama. Caranya mudah, yaitu klik saja di bagian nama pembuat dan scroll sampai bagian paling bawah. Aplikasi-aplikasi yang lain akan tampak di sana.

              3. Cek Jumlah Unduhan Aplikasi Itu

              Bba98ff3b615ba541c62a9393424ccd3
              Kalau kamu ingin mengunduh aplikasi yang populer seperti Facebook, kamu dengan mudah membedakan mana yang asli dan yang abal-abal. Facebook yang asli pasti diunduh oleh banyak orang, bisa jadi jutaan. Maka, kalau kamu menemukan aplikasi dengan icon Facebook dan hanya diunduh oleh 5.000 orang, aplikasi itu pasti palsu.

              Jika aplikasi yang ingin kamu unduh tidak terlalu populer, cara ini tidak terlalu mudah. Yang jelas, jumlah pengunduh aplikasi asli pasti lebih banyak daripada aplikasi abal-abal. Sebabnya adalah aplikasi abal-abal tidak akan bertahan lama di Play Store karena akan dihapus oleh Google.

              4. Baca Deskripsi Aplikasi dan Gambar Screenshot

              7ff817c1f66e968df719261101f8a44e
              Langkah ini penting dilakukan karena aplikasi palsu bisa jadi sangat mirip dengan yang asli. Karena itulah, perhatikan deskripsi aplikasi itu. Jika deskripsi menggunakan bahasa yang amburadul, bisa dipastikan bahwa itu aplikasi palsu. Pembuat aplikasi asli menggunakan tata bahasa yang baik dan menarik.

              Selain deskripsi, kamu juga perlu memperhatikan gambar screenshot yang ditampilkan. Memang gambar ini bisa di-copy dari aplikasi asli, tetapi kualitas gambarnya pasti berbeda. Jika kualitas gambar dan bahasa tidak baik, bisa dipastikan itu adalah aplikasi palsu atau abal-abal. Tidak usah diunduh.

              5. Baca Kolom Komentar

              59cb5412051f2219a4f874ebbb3d43d8
              Setelah melakukan semua langkah tadi, sempatkanlah untuk membaca kolom komentar. Bisa jadi, komentar yang ada adalah komentar palsu. Tapi, bisa jadi ada seseorang yang menyadari bahwa aplikasi itu palsu dan menuliskannya di kolom komentar. Kamu pun terhindar dari aplikasi palsu dan abal-abal.

              Tidak sulit kan guys untuk menghindari aplikasi palsu atau abal-abal? Kalau kamu menemukan aplikasi semacam itu, jangan diunduh. Langkah berikutnya adalah laporkan ke Google agar aplikasi itu dihapus. Be Smart, Guys!

              APPS TERKAIT
              Ic_launcher_google_home
              Google Home for Android
              Apps Google Inc.
              Facebook Home Icon
              Facebook Home 1.3
              Apps Facebook, Inc.
              Home2 Shortcut Icon
              Home2 Shortcut 0.5
              Apps Hideki Kato
              Air Iphone Emulator Icon
              Air iPhone Emulator 01
              Apps Genuitec

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal