J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Mengecilkan Ukuran JPG Tanpa Menurunkan Kualitas, Bisa di PC dan Android!

5 Cara Mengecilkan Ukuran JPG Tanpa Menurunkan Kualitas, Bisa di PC dan Android!

Sabtu, 27 Jun 2020, 13:00 WIB
Suka mengoleksi foto idol K-Pop tapi memori HP kamu jadi penuh? Daripada dihapus, mending simak tutorial mengecilkan ukuran JPG dari Jaka berikut ini, geng

Selain buat berkomunikasi lewat telepon dan chatting, HP juga berfungsi sebagai penyimpanan data-data pribadi. Mulai dari foto, video, lagu, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu suka banget gonti-ganti wallpaper HP atau mengoleksi gambar-gambar idol K-Pop favorit, pastinya kamu pengen mengoleksinya sebanyak mungkin di HP kamu, dong?

Sayangnya, memori yang tersedia di HP pasti terbatas. Mau menghapus beberapa koleksi pun rasanya sayang banget. Tapi tenang, Jaka punya solusi!

Kamu bisa mengecilkan ukuran JPG tersebut supaya bisa muat lebih banyak di HP kamu. Mau tahu caranya? Simak saja artikel berikut ini ya, geng!

5 Cara Mengecilkan Ukuran JPG Tanpa Menurunkan Kualitas

JPG dan JPEG merupakan format gambar yang paling sering digunakan alias universal. Meskipun namanya beda, namun sebenarnya sama aja, kok. Yang beda hanyalah jumlah karakter extension yang digunakan saja.

JPG terkenal memiliki ukuran yang ringan dengan kualitas yang cukup oke. Makanya, format gambar ini digunakan di dalam web agar mempercepat proses loading di laman web.

Kalau kamu merasa ukuran JPG di HP kamu masih terlalu besar, kamu bisa mencoba salah satu cara mengecilkan ukuran JPG yang Jaka kasih tahu di bawah ini.

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa menggunakan aplikasi di PC dan Android, ataupun tanpa aplikasi alias online. Simak selengkapnya ya, geng!

1. Cara Mengecilkan Ukuran JPG dengan Photoshop

Adobe Photoshop merupakan sebuah software edit gambar yang populer banget berkat tools-nya yang lengkap banget. Gak cuma edit gambar, kamu juga bisa mendesain poster dan lain-lain.

Karena tools dan fitur yang sangat lengkap, Photoshop gak bisa kamu nikmati secara gratis. Kamu harus membeli software ini atau membayar biaya berlangganan.

Dengan Photoshop, kamu bisa mengecilkan ukuran JPG menjadi 200Kb dari 2MB tanpa mengurangi kualitas gambar secara signifikan. Ikuti langkah berikut:

  • Langkah 1: Kalau kamu belum memiliki Adobe Photoshop, kamu bisa men-download dari tautan yang Jaka berikan di bawah ini:
20130813124856_752
Adobe Photoshop CS2 4.1.100.1332
Apps Photo & Imaging Adobe Systems Inc
DOWNLOAD
  • Langkah 2: Install software dengan mengikuti petunjuk dari Installer. Jika sudah, buka Adobe Photoshop.

  • Langkah 3: Buka gambar yang ingin kamu kecilkan dengan menekan tombol Ctrl + O atau men-drag gambar tersebut ke Photoshop.

  • Langkah 4: Kalau kamu ingin mengecilkan ukuran JPG tanpa menurunkan kualitas gambar, kamu bisa memperkecil resolusi gambar dengan menekan Ctrl + Alt + I. Kemudian, atur resolusi dengan mengganti Width dan Height. Klik OK.

1 B4bd4
  • Langkah 5: Simpan gambar dengan klik File > Save As atau dengan shortcut Ctrl + Alt + S. Ubah nama gambar, kemudian pilih Save.
2 06dd9
  • Langkah 6: Kamu bisa mengecilkan ukuran foto JPG dengan mengubah angka dari 1 - 12 di kolom Quality. Ukuran gambar bakal mengikuti kualitas yang kamu pilih.
3 1ac58

2. Cara Mengecilkan Ukuran JPG dengan Ms. Paint

Kalau kamu pengen mengecilkan ukuran JPG dengan mudah dan gak perlu bayar, kamu bisa menggunakan Microsoft Paint yang sudah otomatis ter-install di PC dengan OS Windows.

Karena simpel, pilihan kustomisasinya tentu jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Adobe Photoshop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah 1: Buka aplikasi Ms. Paint di PC / laptop kamu.

  • Langkah 2: Buka gambar yang kamu inginkan dengan mengklik File > Open atau dengan men-drag gambar tersebut ke window aplikasi.

4 A10aa
  • Langkah 3: Pada toolbar Image, klik pada opsi Resize. Pilih antara Resize by Percentage atau Pixels untuk mengecilkan ukuran JPG. Klik OK jika sudah.
5 Ec6b3
  • Langkah 4: Simpan gambar dengan memilih File > Save As, kemudian namai gambar sesuai keinginan. Klik Save untuk menyimpan.

3. Cara Mengecilkan Ukuran JPG dengan Image Resizer for Windows

Image Resizer for Windows merupakan sebuah program tools di Windows yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran foto JPG dengan sangat simpel.

Ukuran program ini juga hanya sekitar 1MB saja, lho. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah 1: Download Image Resizer for Windows di website resminya, yaitu https://www.bricelam.net/ImageResizer/

  • Langkah 2: Install aplikasi. Gak usah panik, aplikasi ini memang nggak memiliki ikon atau shortcut di desktop.

  • Langkah 3: Pilih salah satu gambar yang kamu inginkan. Klik kanan pada gambar tersebut, kemudian pilih opsi Resize Pictures.

  • Langkah 4: Aplikasi Image Resizer bakal terbuka secara otomatis. Kamu bisa memilih untuk menggunakan preset ukuran atau ukuran custom yang kamu inginkan dengan mengganti resolusi. Klik Resize jika sudah yakin.

6 17f4b

4. Cara Mengecilkan Ukuran JPG di HP Android

Selanjutnya, Jaka mau kasih tahu kamu cara mengecilkan ukuran JPG dengan aplikasi Android bernama Lit Photo. Aplikasi ini mudah dioperasikan dan bisa kamu download gratis di Google Play Store.

  • Langkah 1: Download aplikasi Lit Photo di HP Android kamu. Kamu bisa klik tautan berikut untuk dapat men-download Lit Photo secara langsung:

A B01ae

  • Langkah 2: Install aplikasi seperti biasa, kemudian buka aplikasi tersebut.

  • Langkah 3: Di halaman utama aplikasi, kamu bisa memilih untuk meng-compress (mempertahankan resolusi dengan menurunkan kualitas) atau Resize (mengecilkan resolusi tanpa menurunkan kualitas). Untuk mengecilkan ukuran file, pilih Resize.

  • Langkah 4: Pilih 1 gambar atau lebih ingin kamu perkecil ukurannya. Lalu klik tombol di pojok kanan atas jika sudah selesai memilih.

7 8 1b5ea
  • Langkah 5: Kecilkan resolusi dengan mengganti angka di kolom Width dan Height. Kalau kamu ingin mengecilkan ukuran (size) gambar, kamu bisa pilih opsi Compress. Jika sudah, klik Start Resizing.

5. Cara Mengecilkan Ukuran JPG Online Tanpa Aplikasi

Nah, buat kamu yang nggak mau ribet install aplikasi ini itu, kamu bisa gunakan cara yang satu ini. Cuma modal browser, kamu sudah bisa mengecilkan ukuran JPG online secara instan.

Cara ini bisa kamu gunakan baik di PC maupun HP, geng. Pokoknya praktis dan mudah banget, deh!

  • Langkah 1: Buka aplikasi browser yang ter-install di HP atau PC kamu.

  • Langkah 2: Pada address bar, ketikkan alamat web https://picresize.com/.

  • Langkah 3: Upload gambar yang ingin kamu kecilkan ukurannya dengan men-drag. Kamu juga bisa memasukkan link gambar yang kamu copy dari web. Kemudian pilih Continue to edit picture.

9 0982a
  • Langkah 4: Pilih preset ukuran yang kamu inginkan. Kalau sudah, pilih tombol I'm Done, Resize My Picture di bawah.
10 C25b4
  • Langkah 5: Pilih Save to Disk untuk men-download gambar yang sudah diperkecil. Gambar akan otomatis terhapus bila kamu nggak men-download dalam jangka waktu 20 menit.
11 9e7a7

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai kumpulan cara mengecilkan ukuran JPG tanpa menurunkan kualitas gambar. Gimana, mudah banget kan, geng?

Sampai jumpa lagi di kesempatan berikutnya yah!

Baca juga artikel seputar Tutorial atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Screenshot Di Komputer Banner 3d505

7 Cara Mudah Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2020 | Tutorial + Gambar!

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438

Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!

Tips Vsco Cam F9157

Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!

Tutorial Cara Download Free Fire Di Laptop Pc Booyah Makin Mudah 70f75

Tutorial Cara Download Free Fire di Laptop / PC, Booyah Makin Mudah!

Tutorial Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder 100 Works 6f063

Cara Ekstrak File Part agar Menjadi 1 Folder, 100% Works!

Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android 93465

Tutorial Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android dan PC

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal