Cara Mengatasi Error 905 Ketika Mengakses Google Play Store

4 October 2015

Pernah ngalamin error 905 di hp android kamu? Itu, loh... ketika kita lagi men-download atau meng-update aplikasi di Google Play Store, tiba-tiba berhenti dan nggak bisa dilanjutin. Terus muncul deh pesan error dengan kode angka 905. Bete banget kan? Rasanya pengen jual aja tuh hp android. Eittss.. tenang dulu. Jaka ngerti perasaan kamu, makanya kali ini jaka mau ngasih tau cara mengatasi error 905 ketika mengakses Google Play Store.

Umumnya, error semacam ini terjadi ketika kamu men-download aplikasi atau game dengan ukuran besar. Lalu pada saat yang sama kamu juga menjalankan aplikasi yang lain, misalnya sambil menonton video atau browsing. Cara paling simpel adalah dengan menutup aplikasi yang lain dan sehingga hanya Google Play Store yang berjalan. Simak langkah-langkahnya berikut ini ya.

Cara Pertama

  • Hentikan semua aplikasi. Kamu bisa klik tombol Recent Application di hp android kamu, dan tutup semua aplikasi yang sedang berjalan. pada beberapa tipe hp, ada juga tombol Clear All yang bisa kamu pilih.

  • Masuk ke menu Setting - Display - Sleep, dan pilih never. Pengaturan ini akan membuat layar hp android kamu tetap menyala selama men-download. Hal ini penting karena pada tipe hp android tertentu, ketika masuk ke mode sleep aplikasi akan berhenti dan proses download kamu juga terhenti.

  • Buka Google Play Store, lalu install aplikasi seperti biasa. Biarkan hp tetap menyala, jangan disentuh hingga proses download selesai.

Jika cara tersebut belum berhasil, artinya kamu perlu melakukan cara kedua. 

Cara Kedua

  • Buka Setting - Apps lalu cari aplikasi Google Play Store. Klik dan kamu akan masuk ke halaman App Info.

  • Klik tombol Clear Defaults, Clear Cache, dan Clear Data.

  • Klik tombol Force Stop, lalu klik tombol Uninstall Updates

  • Sekarang buka Google Play Store. Lalu seperti cara yang pertama tadi, install aplikasi yang kamu mau dan jangan disentuh hingga selesai men-download.

Jika kamu masih menemukan masalah serupa, Jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar atau kirim email ke jaka@jalantikus.com

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar