J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mengatasi 500 Internal Server Error dan Pengertiannya

Cara Mengatasi 500 Internal Server Error dan Pengertiannya

Selasa, 16 Mei 2017, 13:00 WIB
Nah, kali ini Jaka akan kasih tahu tips atau cara mengatasi 500 Internal Server Error dan tidak lupa dengan pengertiannya. Tentunya supaya..

Jika kamu mencoba mengakses sebuah situs kemudian muncul pesan '500 Internal Server Error', itu artinya ada yang tidak beres dengan situs tersebut. Masalah tersebut bukan disebabkan oleh browser, komputer, atau bahkan koneksi internet kamu. Masalah ini diakibatkan oleh situs yang sedang kamu kunjungi.

Nah, kali ini Jaka akan kasih tahu tips atau cara mengatasi 500 Internal Server Error dan tidak lupa dengan pengertiannya. Tentunya supaya kalau kamu menghadapi kondisi ini, kamu bisa segera menemukan solusinya. Simak dibawah ini ya!

BACA JUGA
  • Begini Cara Paling Manjur Mengatasi Aplikasi Android yang Error
  • Mengenal Kode Error yang Muncul di Browser
  • 25 Penyebab dan Solusi Error Google Play Store Android

Cara Mengatasi 500 Internal Server Error dan Pengertiannya!

Mengapa Pesan Kesalahan Tersebut Muncul?

Pesan kesalahan tersebut dapat muncul dalam berbagai bentuk, tergantung pada situs yang dikunjungi, tetapi pada intinya sama. Pesan kesalahan tersebut bisa muncul dalam bentuk '500 Internal Server Error', '500 Error', 'HTTP Error 500', '500, That's an Error', 'Temporary Error (500)', atau hanya berupa kode '500'.

8dce8ce8e57da476cadd617d81eca1ad

Dari sekian banyak pesan yang ditampilkan, meskipun berbeda-beda namun pada intinya tetap menyematkan kode '500' pada setiap kesalahan yang timbul. Kode kesalahan yang menunjukan angka '500' merupakan pesan yang dimunculkan saat sesuatu yang tidak terduga terjadi pada sebuah server, dan server kemudian tidak dapat memberikan sebuah informasi yang spesifik. Oleh karena itu, server tidak memberikan halaman situs yang normal dan kemudian digantikan dengan halaman situs yang berisi pesan kesalahan.

Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Karena masalah yang terjadi ada pada server, maka kita tidak bisa memperbaikinya sendiri. Namun sering kali masalah tersebut dapat terselesaikan dengan cepat. Pesan kesalahan tersebut biasanya hanya bersifat sementara, dan hanya menunggu waktu saja, situs yang bermasalah akan segera bisa diakses seperti biasa.

Biasanya pesan kesalahan yang muncul dapat juga diakibatkan oleh banyaknya pengguna yang mengakses situs tersebut sehingga membuat server menjadi down. Jadi solusinya adalah kita mungkin bisa menunggu beberapa menit sebelum mencoba mengakses situs tersebut.

Jadi, jika kamu mengalami masalah ini, coba lakukan reload halaman situs. Klik 'reload' pada toolbar browser atau dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Browser akan kembali menghubungi server dan meminta kembali halaman yang diminta sebelumnya. Dengan begitu permasalahan ini seharusnya segera dapat terselesaikan.

Dd4e989c72cbd5c0dc3b68ab7ed7e0da

Jika cara di atas tidak berhasil, mungkin kamu perlu menunggu beberapa saat sebelum kembali mengakses ke situs. Situs tersebut mungkin mengalami masalah, dan kita harus menunggu sampai ada perbaikan yang dilakukan pemilik situs. Cara lainnya yang bisa kita coba adalah dengan mengakses salinan halaman situs yang lama.

4045
Alasan Tidak Bisa Mengakses Situs Atau 404 Page Not Found
Kali ini Jaka akan menjelaskan sejumlah faktor dan alasan tidak bisa mengakses situs tertentu atau mendapatkan halaman 404 Error Not Found. Simak ya!
LIHAT ARTIKEL

Cara Mengakses Salinan Halaman Situs yang Sudah Lama

Jika kebetulan kamu sedang membutuhkan halaman tersebut untuk diakses, misalnya untuk keperluan referensi kutipan penelitian atau yang lain, kemudian tiba-tiba situs itu mengalami error HTTP 500, atau masalah lainnya, hal ini tentu akan menjadi masalah yang serius. Tetapi ada cara untuk melihat halaman yang bermasalah tersebut, yaitu dengan melihat cuplikan halaman situs yang tersimpan di dalam archive data menggunakan beberapa cara yang bisa dicoba.

Tetapi cara ini tidak akan berhasil untuk artikel yang masih baru dipublikasi. Lain halnya untuk artikel lama, cara ini masih bisa bekerja dengan baik, bahkan walaupun artikel tersebut telah terhapus sebelumnya.

  • Cara pertama, jika halaman tersebut mengalami masalah saat diakses, coba dengan mengaksesnya menggunakan fitur 'Text-only version'. Cara tersebut hanya akan menampilkan teks saja tanpa memuat gambar atau konten media lainnya.
Edf135e6c7c90f105e264a63a4834a57

Caranya cukup memasukkan alamat di bawah ini ke dalam kotak URL browser, kemudian ganti tulisan 'example.com/page.htm' dengan halaman situs yang bermasalah.

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:**example.com/page.htm

Contohnya adalah seperti ini.

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:**www.jalantikus.com/tips/game-shooter-android-terbaik/

Cara di atas akan menampilkan cuplikan halaman yang masih tersimpan dalam cache Google dalam bentuk tulisan saja, tanpa ada konten media yang dimasukkan.

Cara yang kedua menggunakan bantuan situs archive data yang diberi nama The Wayback Machine Page. Situs tersebut dapat menyimpan history dari sebuah halaman situs dari tahun ke tahun. Jadi, apabila sebuah halaman situs telah terhapus, mungkin saja masih menyisakan halaman yang dapat diakses melalui situs ini.

Situs The Wayback Machine tersebut memungkinkan kita untuk melihat halaman situs yang sudah lama. Jadi, situs ini akan memberikan kita bentuk halaman situs tersebut sama seperti di masa lalu.

0dfe052f22fcd7ee7407248ed5a78599

Untuk memanfaatkan situs ini, pergi ke halaman http://archive.org/web/. Kemudian masukkan alamat halaman situs yang bermasalah, klik 'Browse History'. Setelah muncul informasi seperti di atas, klik tahun dan tanggal di kalender untuk melihat tampilan halaman situs tersebut pada tanggal yang dipilih.

2b5d654871c977115b30bc15bdc4d500

Klik tahun dan tanggal yang tertera untuk melihat halaman situs dari tahun ke tahun dan melihat seperti apa perbedaannya.

7b4d5854d930193323f2a6ba2b564a10

Kita bisa mengklik link lainnya pada tanggal dan waktu yang berbeda untuk melihat seperti apa perubahan yang terjadi setiap tahunnya. Jadi kesimpulannya, situs ini selain dapat digunakan untuk mengakses halaman situs yang bermasalah, juga dapat digunakan untuk melihat kembali halaman situs yang sebelumnya telah terhapus.

Itulah pembahasan dari Jaka mengenai cara mengatasi 500 Internal Server Error dan pengertiannya. Mudah kan? Dengan demikian, kamu tidak perlu bingung kalau menghadapi kondisi tersebut. Cukup ikuti cara Jaka ini. Pernah mencoba cara Jaka ini? Share ya di kolom komentar di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT
Task Manager Error Karena Virus Ini Solusinya Banner 1

Task Manager Error Karena Virus? Ini Solusinya!

Google Play Games Banner

Cara Mengatasi Masalah Error Google Play Games di Clash of Clans Terbaru

Play Store Banner

Cara Memperbaiki Google Play Store Error RPC di HP Android

Solusi Google Play Store Error Banner

Google Play Store Error? Ini Solusinya

Cara Memperbaiki DVD Laptop Yang Error Dan Tidak Terbaca Banner

Cara Memperbaiki DVD Laptop yang Error dan Tidak Terbaca

APPS TERKAIT
Icon Idm 86581
Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Tonec Inc.
Faster Internet 2x Icon
Faster Internet 2x 1.5.5
Apps Marvin Apps
Rocket Vpn Icon
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Internetspeedtest Icon
Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
Apps Optimal Software s.r.o.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Alasan Tidak Bisa Mengakses Situs Atau 404 Page Not Found

Alasan Tidak Bisa Mengakses Situs Atau 404 Page Not Found

5 Situs Terbaik Untuk Mengetahui Traffic Situs Lain

5 Situs Terbaik Untuk Mengetahui Traffic Situs Lain

Jangan Ketipu! Ini 5 Ciri-Ciri Situs Phishing yang Wajib Kamu Tahu

Jangan Ketipu! Ini 5 Ciri-Ciri Situs Phishing yang Wajib Kamu Tahu

5 Situs Penting Untuk Menghilangkan Bosan dan Stress Karena Tugas

5 Situs Penting Untuk Menghilangkan Bosan dan Stress Karena Tugas

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal