J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menambahkan Watermark di Video

Cara Menambahkan Watermark di Video

Selasa, 21 Jan 2014, 11:00 WIB
Cara Menambahkan Watermark di Video menggunakan software gratis yang bisa kamu download di JalanTikus

Watermark pada video berfungsi untuk memberi tanda kepemilikian pada file yang kita buat atau miliki dan juga untuk menghindari video tersebut digunakan oleh orang lain tanpa izin untuk kepentingan mereka. Tanda ini bisa berupa tulisan atau logo yang jelas atau transparan. Ukuran dan letaknya pun bisa kamu tentukan sesuai keinginan kamu . Berikut ini adalah cara menambah watermark di Video menggunakan software gratis :

Windows Movie Maker

Video Watermark Windows Movie Maker
Windows Movie Maker adalah software gratis yang merupakan bagian dari Microsoft Windows Essential Suite. Software ini memang tidak memiliki banyak fitur seperti Sony Vegas atau Adobe Premiere, namun cukup untuk melakukan editing video ringan dan tentunya bisa menambahkan watermark kedalam video kamu.

Software ini dapat menambahkan 2 tipe watermark : image dan teks. Image yang didukung untuk dijadikan watermark adalah yang menggunakan format PNG dan GIF, dan tidak mendukung alpha transparency. Untuk tambahan, kamu bakal membutuhkan tool tambahan (Windows Logo Locator) yang menambahkan file XML untuk memposisikan image sesuai keinginan kamu. Untungnya, penambahan watermark berupa teks merupakan proses yang lebih mudah.

VirtualDub

Video Watermark Virtualdub
Seperti Windows Movie Maker, VirtualDub adalah tool gratis untuk editing dan mengubah file video. Sebagian besar pengguna VirtualDub dapat menggunakan fitur cut, crop atau splice klip video sebelum diupload ke Internet, namun program ini memiliki fitur tambahan yang berguna, yaitu Watermark.

Watermark video menggunakan VirtualDub dijalankan menggunakan filter yang dibuat oleh seseorang. Yang harus kamu lakukan adalah mendownload filter tersebut dan menjalankan konfigurasi dengan image watermark yang ingin kamu gunakan.

20121226042130_356
VirtualDub 1.10.4
Apps Video & Audio Avery Lee
DOWNLOAD

YouTube

Video Watermark Invideo Programming Youtube
YouTube menyediakan fitur untuk membuat watermark tersebut, yaitu InVideo Programming (Pemrograman dalam video). Fitur ini memungkinkan kamu yang memiliki akun YouTube dapat membuat watermark dan memasangnya ke semua video yang pernah kamu upload.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu hanya perlu masuk ke akun YouTube milikmu dan pilih tab Setting > InVideo Programming di bawah Channel Setting. Setelah itu klik tombol Feature your channel . Kamu akan dibawa masuk ke halaman setting. Nah, setelah sampai di halaman setting, masukkan gambar yang ingin kamu jadikan watermark serta memilih posisi di mana watermark akan muncul.

Kamu juga bisa mengatur apakah watermark muncul sepanjang video, di akhir video atau di waktu tertentu saja. Menarik kan? Lebih baik pilihlah gambar yang memiliki background transparan serta bentuknya kotak. Gambar yang background-nya tidak transparan akan menutupi video kamu, sementara jika bentuknya tidak kotak, maka YouTube akan memotong gambar secara otomatis menjadi kotak. Dengan fitur InVideo Programming, berarti kamu akan membuat watermark untuk semua video yang sudah pernah kamu upload. Jadi gak perlu lagi repot-repot upload ulang video kamu dan menyertakan watermark di dalamnya.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
TubeMate, Aplikasi Download Video dari YouTube

TubeMate, Aplikasi Download Video dari YouTube

Cara Menambahkan Watermark Pada Gambar di Android

Cara Menambahkan Watermark Pada Gambar di Android

Cara Kompres Video 100MB jadi 16MB di Android

Cara Kompres Video 100MB jadi 16MB di Android

Cara Mudah Download YouTube di Android

Cara Mudah Download YouTube di Android

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal