J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Memperluas Memori Internal untuk Smartphone Low-End

              Cara Memperluas Memori Internal untuk Smartphone Low-End

              00
              Rabu, 17 Agt 2016, 11:00 WIB
              Sebel kan kalau memori internal smartphone kamu penuh? Begini cara memperluas memori internal untuk smartphone low-end.

              Banyak pengguna yang masih terjebak dengan perangkat smartphone atau tablet lama mereka karena memang tak semua orang mau melakukan upgrade atau membeli smartphone baru. Apalagi, jika perangkat yang kita pakai saat ini masih berfungsi dengan baik.

              Buat kamu yang masih bertahan dengan smartphone yang punya kapasitas memori internal 4GB atau 8GB. Memori full adalah permasalahan yang kerap dihadapi, meski dukungan memori eksternal juga sudah cukup membantu. Namun, memori internal memiliki kedudukan yang lebih signifikan. Karena di sinilah aplikasi penting terintegrasi.

              BACA JUGA
              • 8 Tips Memaksimalkan Memori Internal yang Kecil di Android
              • 5 Aplikasi Terbaik yang Bisa Menghemat Memori Internal Android Kamu
              • Cara Bikin Internal Memori Android Lebih Lega Tanpa Link2SD

              Cara Meningkatkan Kapasitas Memori Internal untuk Smartphone

              Lalu bagaimana nasib smartphone yang tidak memiliki slot microSD, haruskah membeli smartphone baru? Mungkin suatu hari nanti, tapi tidak hari ini. Dilansir dari Cnet, ada beberapa cara kok untuk mengatasi kepenuhan memori internal. Jadi, sebelum kamu mulai menghapus foto keluarga yang berharga, cobalah strategi ini.

              1. Hapus Aplikasi yang Tidak Kamu Gunakan

              Hapus Aplikasi Yang Tidak Kamu Gunakan

              Terkadang tanpa kita sadari, kita punya beberapa aplikasi yang fungsinya sama. Dan dari sekian banyak aplikasi yang ter-install di smartphone, tidak semua kamu gunakan kan? Jadi, tanyakan pada diri kamu. Mana aplikasi yang benar-benar kamu butuhkan dan mana aplikasi yang sangat jarang kamu gunakan.

              Lalu, hapus aplikasi yang jarang kamu pakai dan punya fungsi sama. Menghapus aplikasi tidak berarti itu hilang selamanya, hanya untuk saat ini. Kamu selalu dapat meng-install lagi nanti ketika kamu membutuhkannya.

              Selain aplikasi, game juga cenderung menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Jadi, jika kamu sudah selesai bersenang-senang dengan game tertentu, katakanlah Asphalt 8 yang menghabiskan memori internal hingga 1,6GHz, maka segera hapus.

              2. Backup dan Upload Foto Video

              Backup Dan Upload Foto Video

              Sebenarnya tak masalah jika kamu menyimpan file media seperti foto dan video di memori eksternal. Namun, bagaimana jika smartphone kamu tidak mendukung kartu memori? Otomatis semua data berbaur di memori internal dan makin lama sebesar apa pun kapasitas memori internal kamu pasti akan habis juga.

              Nah, kamu bisa memanfaatkan cloud storage untuk backup foto-foto berharga kamu. Sementara, untuk file-file video kamu bisa menyimpannya di harddrive pada PC kamu atau harddisk eksternal. Ingat, selalu lakukan backup dua lapis untuk file-file berharga.

              3. Beralih ke Streaming

              Beralih Ke Streaming

              Berkat teknologi 4G LTE, kecepatan internet semakin cepat dan stabil. Dengan kuota besar, harganya juga relatif murah. Oleh karena itu, aplikasi streaming pun semakin digemari oleh pengguna smartphone. Untuk streaming musik, kamu bisa mengandalkan Spotify dan Joox. Lalu, untuk streaming video kamu bisa mengandalkan YouTube, Netflix, Hooq, dan iFlix.

              Selain jaringan seluler, tentunya kamu juga bisa mengandalkan jaringan WiFi yang sekarang ini sudah banyak tersebar. Jadi, buat kamu pencinta musik atau video. Pelan-pelan, bisa mulai beralih dari offline menuju online. Pastinya, memori internal smartphone kamu jadi longgar dan bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

              4. Menambahkan Penyimpanan Eksternal dengan USB OTG

              Streaming memang asyik untuk smartphone 4G, lalu bagaimana dengan nasib smartphone 3G? Tenang saja, masih ada jalan untuk menikmati multimedia offline tanpa menghabiskan memori internal smartphone. Ya, dengan menggunakan USB flash drive lewat jalur OTG.

              Jadi, kamu bisa pindahkan semua file multimedia kamu ke penyimpanan eksternal tersebut. Syaratnya perangkat kamu harus mendukung USB OTG dan untungnya kebanyakan smartphone Android mendukung USB OTG. USB On The Go menjadi solusi memori full di Android yang bagus dan murah. Tidak ribet juga, karena tinggal plug-and-play.

              Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kan jika memori internal kamu penuh. Buat kamu yang memiliki smartphone dengan memori internal kecil, kamu harus fokuskan memori internal kamu sepenuhnya untuk aplikasi. Sementara untuk data seperti foto, bisa kamu upload ke cloud storage dan video bisa kamu backup ke komputer. Nah, untuk menikmati konten multimedia, kamu bisa streaming dan jika koneksi internet terbatas kamu bisa gunakan USB OTG. Itulah cara mengatasi kepenuhan memori internal di Android, jika kamu punya tambahan Jaka tunggu ya komentar kamu.

              APPS TERKAIT
              20121226084404_92
              Recuva 1.5.3
              Apps Piriform
              Simpler Merge Duplicates Icon
              Simpler Merge Duplicates 6.3.3
              Apps SimplerApps
              Background Eraser Icon
              Background Eraser 1.4.6
              Apps handyCloset Inc.
              Photolayers Icon
              PhotoLayers - Superimpose Eraser 1.4.0
              Apps SimplerApps
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal