• HOME
  • APPS
  • GAMES
  • TIPS & TRIK
  • GADGET
  • GOKIL
  • TECH NEWS
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram Dengan Mudah

              Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram Dengan Mudah

              00
              Selasa, 21 Mar 2017, 15:00 WIB
              Kenapa bisa begitu? Apa penyebabnya ya? Dan bagaimana solusinya? Yuk, simak cara memperbaiki kamera smartphone yang buram bersama Jaka.

              Mempunyai smartphone dengan kamera yang bagus merupakan kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Fungsinya sangat vital guna mengabadikan momen penting bersama teman maupun keluarga. Dari tahun ke tahun, kualitas kamera smartphone kian mantap. Ada yang resolusinya hanya 5 MP sampai ada yang 20 MP.

              Namun, seiring berjalannya waktu, tiba-tiba hasil jepretan kamera teman-teman makin berkurang kualitasnya atau bisa dibilang makin jelek. Kenapa bisa begitu? Apa penyebabnya ya? Dan bagaimana solusinya? Yuk, simak cara memperbaiki kamera smartphone yang buram bersama Jaka.

              BACA JUGA
              • 5 Rahasia Untuk Jadi Fotografer Handal Dengan Smartphone
              • Perlukah Pake Smartphone dengan Dual Kamera? Ini Jawabannya!
              • Cara Mudah Posting Foto 360 Derajat di Facebook Tanpa Kamera Khusus

              Cara Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram

              1. Tutup Lensa Kamera Tergores

              $_32

              Sumber foto: Foto: eBay

              Apakah kamu suka membawa smartphone kesayangan ke mana saja bila mau pergi? Misalnya, dibawa makan, ke tempat tidur, bahkan ke kamar mandi pun dibawa. Jika iya, kamu tidak boleh menaruhnya di sembarang tempat, apalagi tempat yang permukaannya kasar. Sebab tempat dengan permukaan kasar dapat menimbulkan goresan pada tutup lensa kamera yang berakibat hasil jepretan foto jadi buram atau blur.

              Untuk solusi cara memperbaikinya, kamu bisa gunakan silicon atau motomo sebagai pelindung. Namun, jika sudah telanjur ada goresan pada tutup lensa kamera, bisa disiasati dengan mengoleskan sedikit pasta gigi di depan lensa, kemudian gosok secara perlahan. Cara ini bisa menghilangkan goresan halus pada permukaan lensa luar tersebut.

              Perlu diingat, pasta gigi yang digunakan yaitu pasta gigi putih, bukan yang gel. Apabila masih buram, kalian bisa gunakan cara lain, yaitu dengan mencongkel tutup lensa kamera tersebut menggunakan silet, tapi harus hati-hati. Setelah selesai, kamu bisa menggantinya dengan tutup yang baru atau jika mau modal gratisan, bisa memakai selotip berwarna bening.

              2. Debu yang Menempel Pada Lensa

              manfaat-minyak-kayu-putih

              Sumber foto: Foto: Hello Sehat

              Kasusnya hampir sama dengan yang di atas, akibat ditaruh sembarangan, debu masuk dan menempel pada lensa dalam sehingga menyebabkan hasil kamera tidak maksimal. Jadilah hasil jepretan kamu terlihat buram.

              Untuk solusi memperbaikinya, buka casing luar sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian tuangkan sedikit minyak kayu putih pada tisu dan gosok lensa dalam tersebut untuk mengangkat debu dari permukaan lensa.

              6 Cara Mudah Untuk Menghasilkan Foto Keren dengan Smartphone
              Kata siapa foto keren cuma bisa dihasilkan pake kamera DSLR doang? Dengan teknik yang tepat, kamera smartphone juga bisa menghasilkan foto yang mengagumkan kok!
              LIHAT ARTIKEL

              3. Lensa yang Berembun

              haj2

              Sumber foto: Foto: zentik.info

              Apabila kita menaruh smartphone di tempat dengan kondisi yang terlalu lembap, tentu dapat membuat lensa menjadi berembun. Dengan demikian, akan memengaruhi hasil jepretan kamera tersebut.

              Untuk solusi lensa yang sudah berembun, segeralah matikan smartphone dan lepas baterai. Kemudian keringkan dengan hair dryer pada kisi-kisi atau lubang di sisi kanan kiri agar suhu smartphone dapat stabil dan tidak lagi muncul embun.

              Nah, itu dia beberapa cara memperbaiki kamera yang buram. Kondisi ini memang kebanyakan disebabkan oleh kecerobohan penggunanya sendiri. Oleh karena itu, sebelum menaruh smartphone kamu, harus melihat kondisi tempatnya dulu. Sebab tentunya mencegah masalah pada smartphone akan jauh lebih baik dan murah daripada memperbaikinya.

              APPS TERKAIT
              Cymera - Camera & Photo Editor
              Apps SK Communications
              Cymera - Camera & Photo Editor
              Apps SK Communications
              Adobe Photoshop Express
              Apps Adobe Systems Inc
              Photo Grid - Collage Maker
              Apps RoidApp
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!