J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah | Nggak Perlu Beli Baru!

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah | Nggak Perlu Beli Baru!

Kamis, 8 Okt 2020, 10:30 WIB
Begini cara memperbaiki headset mati sebelah. Jangan khawatir! Jaka punya cara mengatasi headset mati sebelah di PC dalam artikel ini.

Geng, kamu mengalami tiba-tiba headset atau earphone kamu nggak bunyi sebelah? Tentunya kamu pasti butuh tahu cara memperbaiki headset mati sebelah agar bisa menggunakannya kembali.

Headset atau earphone biasa digunakan sebagai pendamping komputer atau smartphone, misalnya untuk mendengarkan musik. Namun, perangkat ini bisa rusak karena berbagai macam alasan, bisa karena penggunaannya yang tidak tepat atau karena sudah terlalu lama digunakan.

Salah satu kerusakan yang kerap dialami adalah bagian sebelah kanan atau kiri earphone tidak berbunyi. Nah, kalau kamu sedang mengalami masalah ini, simak penjelasan Jaka tentang cara benerin headset mati sebelah berikut ini.

Langkah-langkah Memperbaiki Headset Rusak Sebelah

Sekarang sudah banyak sekali merek-merek earphone atau headset yang tersedia. Untuk sebagian besar orang, headset atau earphone sudah menjadi aksesoris pelengkap yang tidak boleh terlupakan untuk dibawa saat bepergian.

Namun terkadang kita mendapati headset atau earphone tersebut tiba-tiba rusak dan tidak mengeluarkan suara sama sekali di salah satu sisi. Biasanya jika hal ini terjadi, orang pasti akan langsung membeli yang baru.

Eits, jangan keburu beli yang baru dulu, geng. Mending kamu simak dulu cara memperbaiki headset yang mati sebelah dari Jaka berikut ini biar kamu nggak perlu beli yang baru.

Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Karena Kabel

Ada beberapa alasan mengapa headset yang kita gunakan tiba-tiba tidak mengeluarkan dari sisi kanan atau kiri. Saat headset iPhone mati sebelah kanan, biasanya ada kerusakan yang terjadi pada kabel headset tersebut.

Coba cek terlebih dahulu, apakah ada bagian yang terkelupas atau kabelnya terlihat? Nah biasanya itulah sumber permasalahannya, geng. Untuk cara kali ini, kamu membutuhkan beberapa peralatan untuk memperbaiki headset mati sebelah kiri iPhone atau Android, seperti gunting dan selotip.

Cara ini cukup simpel dan memang hanya perbaikan sementara, tapi kamu nggak perlu peralatan lain seperti solder, geng. Ikuti cara memperbaiki headset mati sebelah berikut ini:

Langkah 1 - Cek posisi kerusakan

Headset Iphone Mati Sebelah Kanan Af237
  • Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari posisi kerusakan kabel. Sambungkan headset pada smarpthone Android atau iPhone maupun laptop, lalu putar musik atau file audio.

  • Kemudian raba atau tekuk kabel dari ujung colokan headset sampai mendekati telinga. Apabila terdengar suara saat kamu meraba bagian tertentu, maka kemungkinan di bagian tersebut kabel headset terputus.

  • Cara ini nggak perlu kamu lakukan kalau memang posisi kerusakan sudah terlihat, misalnya di kabel yang terkelupas di bagian ujung colokan.

Langkah 2 - Gunting permukaan headset

Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah 1ccc9
  • Setelah kamu menemukan posisi kerusakan, gunting bagian permukaan luar headset, kira-kira memanjang 5cm dari bagian yang rusak. Ingat, geng, saat menggunting usahakan jangan sampai memutus kabel bagian dalam ya.

  • Kemudian akan terlihat 3 atau 4 jaringan kabel dengan berbagai warna yang lebih kecil di bagian dalam. Cari kabel yang terputus dari kabel-kabel tersebut.

Langkah 3 - Sambungkan kabel dengan selotip

Headset Mati Sebelah Kiri Iphone 08d45
  • Sambungkan bagian kabel yang terputus dengan warna yang sama menggunakan selotip. Jangan sampai mengenai kabel lain karena akan membuat jaringan di dalam headset rusak nantinya.

  • Jika selotip sudah merata, coba putar kembali audio pada headset untuk mencoba apakah sudah kembali terdengar dengan baik di sisi yang mati.

Mudah bukan caranya? Cukup dengan menggunakan barang-barang yang ditemukan di sekitar kamu, kamu sudah bisa memperbaiki headset atau earphone kamu yang mati sebelah. Namun tentunya, cara ini nggak bisa digunakan sebagai cara memperbaiki headset bluetooth mati sebelah ya.

Cara Memperbaiki Headset yang Mati Sebelah Karena Speaker Rusak

Penyebab umum kedua yang mengakibatkan headset atau earphone mati sebelah adalah kerusakan di bagian speaker. Biasanya karena pernah jatuh atau kamu membeli merek yang murah sehingga bagian speaker mudah rusak.

Cara memperbaiki headset mati sebelah satu ini bisa kamu lakukan kalau cara pertama tidak ditemukan posisi kerusakan di kabel. Sehingga kemungkinan besar kerusakan terdapat di bagian speakernya.

Namun untuk cara satu ini, kamu memerlukan beberapa peralatan seperti solder dan timah. Namun jangan khawatir, geng, ikuti saja panduan dari Jaka karena cara satu ini juga tidak sulit, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 - Lepas kepala speaker

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah 9094b
Sumber foto: wikihow.com
  • Pertama-tama, lepas terlebih dahulu kepala speaker headset dengan membongkat plastik penutupnya. Pastikan tidak merusaknya karena nanti kamu perlu menutupnya kembali.

  • Cek bagian dalam speaker headset, apakah ada bagian ujung kabel yang terputus dan tidak tersambung pada chip speaker headset iphone mati sebelah kanan di iPhone terbaru atau lama.

Langkah 2 - Solder bagian terputus

Cara Benerin Headset Mati Sebelah E91c5
Sumber foto: dibedugul
  • Jika ada, maka kamu perlu menyolder kabel terputus tersebut dengan sedikit timah agar tersambung kembali. Hati-hati dalam proses menyolder, jangan sampai terkena tangan atau bagian lain di headset.

  • Tunggu sampai timah mengering dan pastikan kabel telah terhubung. Kemudian tutup kembali headset lalu coba putar audio kembali apakah sudah terdengar dengan baik.

Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah di PC

Selain menggunakan peralatan di atas, kerusakan juga bisa disebabkan dari software PC atau laptop dan bukan dari earphone atau headset yang kamu kenakan. Sehingga jangan terburu-buru menyimpulkan headset kamu rusak ya, geng.

Karena bisa jadi permasalahannya hanya ada di konten yang sedang kamu dengarkan. Apabila kamu pengguna Windows 10, cara termudah adalah dengan mengatur output audio Windows menjadi mono, bukan stereo.

Langkah 1 - Buka Settings

Bagaimana Cara Memperbaiki Headset Yang Mati Sebelah 4f36d
  • Untuk pengguna Windows 10, buka menu Settings dari Start Menu dan kemudian akses pilihan Ease of Access yang ada di sebelah kanan.

Langkah 2 - Pilih Audio

Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah Di Pc 5d757
  • Pilih menu Audio di sebelah kiri yang akan menampilkan pengaturan untuk audio yang ada di PC/laptop kamu.

Langkah 3 - Ubah jadi mono

Cara Mengatasi Headset Mati Sebelah Di Pc2 9c479
  • Di bagian mono Audio, **geser toggle ke sebelah kanan **untuk mengaktifkan atau mengubah suara stereo menjadi mono.

Dengan begitu Windows akan mengubah output audio yang sebelumnya stereo menjadi mono, sehingga headset kamu yang sebelumnya cuma terdengar sebelah bakal terdengar normal dan bunyi dua-duanya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan Jaka tentang bagaimana cara memperbaiki headset yang mati sebelah yang mudah dan praktis. Jadi kamu nggak perlu buru-buru membeli baru dan masih bisa menggunakan headset atau earphone lama dengan fungsi yang masih sama baiknya.

Semoga artikel Jaka kali ini bermanfaat untuk kalian. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
10 Earphone Dengan Bentuk Unik Banner

10 Earphone dengan Bentuk dan Model Paling Unik

598164971c45fc8fbe8c4b8f1658a872

10 Earphone Wireless Terbaik Untuk Smartphone (Update 2018)

83c0e065dd290ed54d0b26c9f4eb7775

3 Hal Yang WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Membeli Earphone Baru

Untitled 1 F6a7e

15 Headphone & Headset Gaming Murah Terbaik 2020, Cuma Rp 90 Ribuan!

O Electricity Shock Facebook 980x360

Jangan Coba-Coba Pakai Headset Sambil Charge HP! Pria Ini Nyaris MATI Karenanya

Cara Menggunakan Headset Bluetooth Cbc60

3 Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Laptop & Smartphone, Mudah!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Laptop & Smartphone, Mudah!

3 Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Laptop & Smartphone, Mudah!

Cara Mengatasi Headset Gak Terdeteksi di Laptop, Lengkap dan Mudah

Cara Mengatasi Headset Gak Terdeteksi di Laptop, Lengkap dan Mudah

15 Headset & Headphone Bluetooth Murah Terbaik 2020, Cuma 100 Ribuan!

15 Headset & Headphone Bluetooth Murah Terbaik 2020, Cuma 100 Ribuan!

15 Headphone & Headset Gaming Murah Terbaik 2020, Cuma Rp 90 Ribuan!

15 Headphone & Headset Gaming Murah Terbaik 2020, Cuma Rp 90 Ribuan!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal