J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector

Kamis, 30 Jan 2014, 14:30 WIB
Cara Memperbaiki Hard Disk Bad Sector yang bisa menyebabkan komputer menjadi sangat lambat.

Hard Disk Bad Sector adalah kondisi dimana terdapat bagian dari hard disk yang tidak bisa digunakan oleh sistem karena sebuah kerusakan atau kegagalan OS dalam mengaksesnya. Kerusakan hard disk ini bisa sangat merugikan, karena komputer kamu menjadi lambat.

Ada 2 jenis hard disk bad sector, yaitu Hard Bad Sector dan Soft Bad Sector, atau kadang disebut juga Physical Bad Sector dan Logical Bad Sector.

Hard bad sector/ Physical Bad Sector

Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki karena terdapat kerusakan pada bentuk fisik hardisk tersebut, hard bad sector biasanya disebabkan oleh 'Head crash', yaitu kondisi dimana head pada hardisk terjadi kontak terhadap platter yang menyebabkan kerusakan permanen pada hardisk. Physical Bad Sector juga bisa disebabkan cacat produksi, dimana kondisi fisik hard disk memang sudah memiliki kerusakan ketika diproduksi dan dijual ke pasar. Karena tidak bisa diperbaiki, maka sangat disarankan untuk membeli hard disk baru apabila kamu mengalami physical bad sector, atau mengurus garansinya jika masih berlaku.

Soft Bad Sector/ Logical Bad Sector

Berbeda dengan hard bad sector, soft bad sector bisa diperbaiki dengan menggunakan software bawaan dari windows, yaitu 'Chkdsk'. Berikut cara memperbaiki hardisk bad sector menggunakan 'Chkdsk' :

[list][li]Buka windows explorer (tekan windows + E pada keyboard)[/li] [li]Klik kanan pada disk yang akan dicek lalu pilih properties.[/li] [li]Buka tab 'Tools' lalu pada bagian error checking pilih 'Check now'.

Hard Disk Bad Sector Cek
[/li] [li]Centang kedua pilihan lalu pilih 'Start'.
Hard Disk Bad Sector Repair
[/li] [li]Setelah itu komputer kamu akan restart.[/li] [li]Proses pengecekan kerusakan ini bisa berlangsung cukup lama, oleh karena itu, sangat disarankan anda menggunakan fitur ini ketika komputer tidak sedang digunakan.[/li][/list]

Tips Mencegah Hard Disk Bad Sector

[list][li]Pastikan suhu komputer kamu tetap dingin dan bersihkan dari debu-debu yang menempel.[/li] [li]Matikan komputer dengan proses yang benar.[/li] [li]Gunakan PSU berkualitas untuk menjaga arus-arus yang tidak diinginkan dari PLN.[/li] [li]Hindari goncangan-goncangan pada komputer ataupun laptop untuk mencegah head crash.[/li] [li]Gunakan antivirus yang selalu update untuk melindungi komputer dari serangan malware.[/li] [li]Gunakan software disk defragmenter untuk mencegah terjadinya bad sector.[/li][/list]

Nah, itulah cara memperbaiki hard disk bad sector dan tips untuk mencegahnya. Apa kamu punya saran lainnya? Silakan share di kolom komentar.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kumpulan Penyebab Harddisk Bad Sector

Kumpulan Penyebab Harddisk Bad Sector

Komputer Terasa Lambat, Coba Cara Ini!

Komputer Terasa Lambat, Coba Cara Ini!

Cara Memperbaiki Hard Disk Eksternal yang Minta Format

Cara Memperbaiki Hard Disk Eksternal yang Minta Format

Tambahan 30 Level Tema Halloween di Game Bad Piggies

Tambahan 30 Level Tema Halloween di Game Bad Piggies

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal