7 Cara Memilih Smartphone yang Paling Cocok dan Bagus Untuk Gaming

22 August 2017

Buat yang sering main game, pasti sering dong mengalami masalah seperti lag dan sebagainya. Itu disebabkan oleh spesifikasi smartphone kamu yang kurang berkelas. Meskipun ada beberapa cara untuk mengatasinya, tidak akan berjalan dengan baik. Jalan satu-satunya adalah dengan membeli smartphone baru yang punya spesifikasi berkualitas.

Buat kamu yang sedang berniat membeli smartphone baru dan berhubung punya kebutuhan gaming, maka akan Jaka kasih sedikit tips nih. Nah, kali ini Jaka akan memberi beberapa tips memilih smartphone berkualitas yang cocok untuk kebutuhan main game. Ingin tahu selengkapnya? Simak ulasan Jaka berikut ini ya!

Ini Dia 7 Cara Memilih Smartphone Untuk Gaming

1. Kapasitas Baterai Besar Minimal 3.000 mAh

Kapasitas Baterai Besar Minimal 3000 mAh

Cara memilih smartphone untuk gaming pertama adalah dengan melihat kapasitas baterai. Tidak dipungkiri bahwa salah satu kendala paling menyebalkan saat main game adalah baterai yang cepat lemah. Oleh sebab itu, pilihlah ponsel dengan kapasitas baterai sebesar mungkin. Usahakan minimal 3.000 mAh.

2. Kapasitas Memori Besar Semakin Baik, Setidaknya 32 GB Internal

Kapasitas Memori Besar Semakin Baik Setidaknya 32GB Internal

Kapasitas memori yang pas-pasan nggak akan membuat kamu puas beraktivitas gaming. Sebaiknya kamu memilih smartphone dengan memori internal besar sehingga dapat menyimpan banyak game. Karena mengingat file game Android mempunyai ukuran yang sangat besar, setidaknya 32 GB dan pastikan support slot Micro SD.

3. Kapasitas RAM Minimal 2 GB

Kapasitas RAM Minimal 2GB

Ini dia penyebab kamu sering lag saat main game, yaitu pada RAM yang terlalu kecil. Jika kamu hobi main game HD, maka RAM di bawah 2 GB tidak akan menjamin memberi kepuasan. Oleh sebab itu, bagaimana pun caranya kamu harus memilih smartphone yang punya spesifikasi RAM 2 GB. Ini pun minimal, jika lebih besar, akan lebih bagus lagi.

4. UI Standar Lebih Baik

UI Standar Lebih Baik

Kalau Kamu gamer, nggak usah memikirkan UI. Cukup UI standar saja. Karena pengalaman Jaka sendiri UI standar lebih bagus daripada lainnya. Karena pada UI yang mempunyai banyak fitur, maka RAM yang dikonsumsi akan semakin besar sehingga bukannya memperkuat kinerja, malah justru membuat smartphone semakin berat karena RAM yang cepat terkuras.

5. Setidaknya Memiliki Resolusi 720p

Setidaknya Memiliki Resolusi 720p

Cara memilih smartphone untuk gaming selanjutnya adalah perhatikan resolusi layarnya. Pada dasarnya, pada smartphone yang mempunyai layar beresolusi tinggi, maka pengelola gambar serta Chip grafisnya akan bekerja semakin berat.

Nah, jadi kalau kamu mencari ponsel untuk main game, maka usahakan pilih resolusi 720p 1.280x 720 piksel. Karena menurut pengalaman Jaka itu lebih baik daripada Full HD.

6. Panel Layar Super AMOLED Agar Semakin Bagus

Panel Layar Super AMOLED Agar Semakin Bagus

Nah, bagian panel layar juga harus kamu amati baik-baik. Jangan salah memilih. Panel layar berteknologi IPS LCD sebenarnya sudah cukup baik ketimbang TFT. Namun jika ingin mencoba sensasi yang lebih memuaskan, maka panel berteknologi super AMOLED adalah pilihan yang paling tepat karena mampu menghasilkan gambar sangat halus dan jernih.

7. Prosesor Snapdragon Sudah Lebih Dari Cukup

Prosesor Snapdragon Sudah Lebih Dari Cukup

Yang terakhir adalah dengan melihat prosesornya. Saat ini ada banyak sekali prosesor smartphone, Mulai dari yang terendah hingga yang terhandal.

Jika kamu memilih spesifikasi RAM 2 GB, maka prosesor Snapdragon sudah lebih dari cukup. Namun, jika di bawah 2 GB, maka sebaliknya memilih prosesor yang lebih handal.

Akhir Kata

Itulah 7 cara memilih smartphone untuk gaming. Kamu nggak wajib mengikuti semua ulasan jaka di atas kok. Yang paling penting adalah bagian RAM dan kapasitas memori internal serta baterainya saja, untuk yang lainya bisa dibilang tidak terlalu penting, sehingga bisa kamu abaikan.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar