Cara Memilih MicroSD yang Tepat Untuk Smartphone Android

10 January 2017

Saat ini, beragam pilihan smartphone Android sudah tersedia di pasar. Kamu hanya perlu memilih mana ponsel yang sesuai dengan diri kamu. Pilihan tersebut bisa berdasarkan chip, layar, RAM, dan memori internal.

Kebanyakan memori internal smartphone Android zaman sekarang itu berukuran 16 GB. Tentu saja kapasitas tersebut terbilang kecil. Makanya, kamu butuh beli microSD. Lalu, bagaimana cara memilih microSD smartphone Android yang tepat untuk kamu?

Cara Memilih MicroSD Smartphone Android yang Tepat

Untuk memilih microSD smartphone Android yang tepat, ada banyak hal yang kamu harus ketahui terlebih dahulu. Nah, melalui artikel ini Jaka akan membahas semuanya secara detail.

Ketahui Spesifikasinya

cara memilih microsd 1

Jika kamu belum tahu, sebenarnya ada tiga tipe yang harus kamu ketahui sebelum membeli microSD. Apa saja itu? Kamu bisa cek di bawah ya.

  • SDSC atau SD (Secure Digtial Standard Capacity)

Tipe yang satu ini merupakan sebuah microSD yang memiliki ukuran kapasitas yang kecil. MicroSD ini memanfaatkan sistem file FAT16. Ini adalah tipe SDcard termurah yang ada di pasaran.

  • SDHC (Secure Digital High Capacity)

Memori jenis seperti ini merupakan kartu memori yang memiliki kapasitas dari rentang 4 GB sampai 32 GB dan memanfaatkan sistem file FAT32. Karena memiliki format yang berbeda, microSD ini tidak akan cocok dengan perangkat yang hanya menerima format SD.

  • SDXC (Secure Digital Extended Capacity)

Kartu memori tipe terakhir ini merupakan memori yang memiliki kapasitas dari 64 GB sampai 2 TB dan menggunakan format exFAT. Tentu saja format ini tidak akan masuk ke perangkat yang hanya mendukung SD dan SDHC.

Merek Kartu Memori

cara memilih microsd 2

Ketika kamu ingin membeli sebuah kartu memori microSD, kamu harus mempertimbangkan masak-masak sebuah brand tertentu. Sebab, reputasi sebuah merek itu sangat penting untuk hal seperti ini. Kamu tidak mau kan data kamu korup karena pakai sembarang merek?

Kalau kamu mau beli microSD yang memiliki garansi dan akses untuk memulihkan data, kamu bisa memilih beberapa brand seperti SanDisk, Samsung, dan Transcend.

Kapasitas Memori

cara memilih microsd 3

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada tiga tipe kartu memori di dunia ini. Nah, untuk itu, tinggal bagaimana kamu memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan dukungan perangkat kamu.

Saat ini, teknologi microSD sudah bisa mendukung sampai 2 TB. Tapi ingat, jangan asal beli. Kamu pertimbangkan dulu sebanyak apa kira-kira kamu membutuhkan sebuah kartu memori. Kemudian, seberapa besar smartphone kamu mendukung kapasitas tersebut. Jangan salah lagi ya.

Tingkat Kecepatan

cara memilih microsd 4

Untuk kartu memori, ada beberapa kelas yang mesti kamu ketahui sebelum membeli itu. Klasifikasi kelas untuk kartu memori sendiri itu menandakan seberapa cepat mereka bisa membaca dan menerima data. Seperti apa kelas-kelas tersebut? Lihat di bawah ya.

  • Class 2, kelas ini merupakan kelas terbawah yang sebenarnya sangat tidak direkomendasikan untuk kamu.

  • Class 4, kelas ini setidaknya cukup baik untuk kamu gunakan. Namun, alangkah baiknya kamu beli kelas yang lebih tinggi.

  • Class 6, kelas ini yang direkomendasikan untuk kamu. Sebab, dengan harga yang terjangkau, kamu masih bisa menggunakan memori di kelas ini tanpa harus takut data kamu korup.

  • Class 10, merupakan kelas terbaik yang bisa kamu gunakan untuk smartphone Android kamu. Kamu juga bisa merekam video dengan kualitas Full HD 1080p @ 60fps tanpa patah-patah.

Tergantung Versi Android

cara memilih microsd 5

Kebanyakan HP Android itu sudah didukung dengan slot microSD. Kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan data seperti foto, musik, video, aplikasi, dan data game. Bahkan, di versi Android 6.0 Marshmallow, sudah ada fitur bernama Adoptable Storage, yang mana akan membuat kartu microSD sama seperti memori internal.

Dengan begini, kekuatan memori eksternal bisa sama dengan memori internal, yang berarti kamu bisa menjadikannya sebagai bagian dari sistem. Namun, hal penting yang perlu diingat adalah kamu harus menggunakan kartu memori yang terbaik, minimal Class 10 SDHC.

Dukungan Sistem File

cara memilih microsd 6

Sistem file yang paling direkomendasikan untuk sebuah kartu memori SD atau SDHC adalah FAT32. Jadi, jika kamu ingin menghubungkannya dengan komputer, maka jangan pernah mengubah format FAT32.

Kelemahan dari FAT32 adalah memori ini tidak bisa mendukung sebuah file yang memiliki ukuran lebih dari 4 GB dan kapasitas memori lebih dari 2 TB. Kalau mau seperti itu, maka kamu bisa menggunakan sistem file SDXC.

Nah, itu dia penjelasan tentang cara memilih microSD smartphone Android yang tepat untuk kamu. Apakah sampai sini kamu sudah paham? Berikan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar