J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Mudah, Bisnis Makin Cuan!

Jumat, 26 Feb 2021, 09:30 WIB
Cara membuat WhatsApp Bisnis bisa membantumu dalam mempromosikan bisnis dan berkomunikasi dengan pelanggan. Simak selengkapnya di sini!

Cara membuat WhatsApp Bisnis bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin mencoba peruntungan menjadi pengusaha atau entrepreneur di kala pandemi saat ini.

Meskipun sama-sama produk dari WhatsApp, namun WhatsApp Business memiliki segudang fitur yang bakal memudahkan para pelaku usaha untuk berinteraksi dengan pembeli.

Apalagi, hampir semua orang Indonesia saat ini sudah memiliki WhatsApp di HP masing-masing. Komunikasi pun bakalan jauh lebih mudah.

Nah, kalau kamu pengin tau cara membuat akun bisnis WhatsApp, fitur, serta manfaat dari aplikasi ini, simak terus artikel Jaka berikut ini ya, geng!

Apa Itu WhatsApp Bisnis?

1 Ecb9c

Sebelum masuk ke topik bahasan cara buat WhatsApp Bisnis, kenali dulu lebih dekat mengenai salah aplikasi chatting terbaik di dunia satu ini, geng.

Dirilis pada tahun 2018, WhatsApp Business merupakan aplikasi yang didesain khusus bagi para pelaku bisnis, terutama pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Secara garis besar, ada banyak fitur WhatsApp Bisnis yang memudahkan pengguna, seperti fitur balas chat otomatis, fitur katalog, profil bisnis, dan masih banyak lagi.

Rakyat Indonesia juga wajib berbangga. Pasalnya, Indonesia menjadi negara pertama yang menggunakan aplikasi ini, baru kemudian disusul oleh negara lainnya.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Sebelum membahas lebih lengkap mengenai fitur dan kelebihan dari aplikasi ini, Jaka akan terlebih dahulu membahas cara membuat akun bisnis di WhatsApp.

Caranya cukup mudah, kok. Gak beda jauh dengan membuat akun WhatsApp biasa. Untuk selengkapnya, simak penjelasan Jaka di bawah ini:

1. Download & Install WhatsApp Business

  • Download WhatsApp Business di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS. Kamu juga bisa download melalui link di bawah ini:

Download WhatsApp Business Android di sini

Download WhatsApp Business iOS di sini

2. Daftarkan Nomor

  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mendaftarkan nomor HP sebagai nomor bisnis.

  • Jika memungkinkan, gunakan nomor lain agar urusan bisnis dan personal tidak tercampur.

  • Proses verifikasi juga akan lebih mudah jika kamu menggunakan nomor khusus bisnis.

Whatsapp Businnes 5b825

3. Lengkapi Profil Bisnis

  • Ketika berhasil masuk ke aplikasi, kamu bakal ditawarkan untuk mengurus profil bisnis kamu saat itu juga. Klik Explore untuk memulai.
2 3 5e082
  • Kamu bisa mengisi nama bisnis, deskripsi, jenis usaha, alamat bisnis, jam buka, email, dan website bisnis kamu sesuai keinginan.
5 6 62e28
  • Kamu juga bisa membuka setelan ini melalui Settings > Business Settings > Profile.

4. Selesai!

Kini kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Bisnis. Jangan lupa untuk mengatur pesan otomatis, membuat katalog, Greeting Message, Away Message, dan lain-lain.

Fitur WhatsApp Bisnis

2 B5f9f

Setelah mengetahui cara menggunakan WA Bisnis, Jaka bakal menjelaskan mengenai fitur WhatsApp Bisnis yang wajib kamu ketahui. Check it out!

1. Ganti Nama Akun

Kamu bisa mengganti nama akun bisnis kamu sesuai keinginan bahkan dengan emoji. Namun, kamu gak bisa menggunakan simbol dan karakter spesial sebagai nama profil.

2. Profil Bisnis

Lengkapi profil bisnis, seperti alamat, email, nomor telepon, dan lain-lain agar calon konsumen dapat menemukan informasi lengkap apabila mengunjungi profil kamu.

3. Pesan Otomatis

Terdapat 3 jenis pesan otomatis, yakni Greeting Message, Away Message, dan Quick Message. Greeting Message merupakan pesan otomatis yang terkirim ketika konsumen mengirim pesan ke kamu.

Away Message merupakan pesan otomatis yang terkirim ketika konsumen menghubunginmu di luar jam kerja. Sementara, Quick Reply adalah pesan otomatis untuk menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen.

4. Katalog

Untuk memudahkan konsumen mengetahui barang atau jasa apa saja yang kamu jual, kamu bisa membuat katalog yang bisa dilengkapi foto, informasi detail, dan harga mengenai produk/jasa tersebut.

5. Label

Supaya memudahkanmu mengelompokkan chat dalam kategori tertentu. Misalnya label kuning untuk pelanggan baru, label oranye untuk transaksi sedang berjalan, dan lain-lain.

6. Fitur Lainnya

selain 5 fitur di atas, masih ada beberapa fitur penting lainnya yang wajib kamu ketahui. Ada verifikasi centang biru, statistik pesan, dan juga kategori bisnis.

Keuntungan Memiliki Akun WhatsApp Bisnis

3 516b7

Dari penjelasan yang Jaka berikan di atas, terdapat 3 keuntungan utama kenapa kamu harus menggunakan WhatsApp Bisnis. Berikut adalah detailnya:

1. Memudahkan Komunikasi

WhatsApp Bisnis memudahkan komunikasi antara pemilik bisnis dan pembeli. Apalagi, komunikasi adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis.

2. Terpercaya

Selain komunikasi, kepercayaan dari pelanggan juga adalah faktor yang penting. Dengan memiliki WhatsApp Bisnis, konsumen akan lebih yakin berbisnis denganmu apalagi jika profilmu telah terverifikasi.

3. Promosi Lebih Mudah

Daripada menunggu orang mampir ke toko online-mu, kamu bisa secara aktif menghubungi konsumen mengenai produk yang kamu tawarkan. Fitur katalog dan share bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan engagement bisnis.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara membuat WhatsApp Bisnis sekaligus dengan fitur dan manfaat yang bisa kamu rasakan. Semoga bisnis kamu makin sukses ya, geng!

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Chatting Selain Wa 6b833
13 Aplikasi Chat Selain WA Terbaik | Alternatif WA Berbagi Data Pengguna!
Aplikasi Stiker Wa 54cdb
10 Aplikasi Stiker WA Terbaik 2021, Bisa Bikin Stiker Sendiri!
HP Murah Bisa Wa 52279
10 HP Murah Bisa WhatsApp (WA) | Harga Mulai Rp100 ribuan!
Whatsapp Mod Apk Terbaru Terbaik 1c2f3
14 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik dan Terbaru 2021, Anti Banned!
Status Wa Keren 2f310
100+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2021 (Paling Update!)
Cara Nonton Status Whatsapp Tanpa Diketahui
100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal